Pemanas Ayam Manual dan Otomatis

Kebutuhan pemanas ayam pada masa DOC sampai 2 minggu pada unggas tertentu umunya disebut dengan istilah masa brooding, dimana ini dibuat untuk mendapatkan kehangatan yang sama saat anak ayam berada di dalam dekapan indukannya. Selain untuk mendapatkan suhu yang sesuai standart kehadiran pemanas juga penting untuk pertumbuhan sel, perkembangan sel dan pembelahan sel yang nantinya untuk memaksimalkan potensi genetik masing-masing unggas.

Nyatanya tidak hanya ayam broiler, ayam petelur atau ayam joper, ayam pejantan dan ayam kampung saja yang membutuhkan pemanas. Unggas lain seperti puyuh, itik dan lainnya yang di ternakkan dalam jumlah besar dan dipisahkan terhadap indukan membutuhkan pemanas ini.

Efek Buruk Kurang Pemanas dan Tidak Pakai Pemanas

  1. Mortalitas  tinggi.
  2. Perkembangan yang tidak maksimal menjadi lari ke bulu. Yang dimana ini sangat dirugikan karena peternak menjual hasil berupa daging. Karena efek dingin maka seluruh nutrisi pakan yang diberikan dialihkan menjadi bulu secara otomatis oleh tubuh agar menjaga kestabilan suhu pada unggas.
  3. Kerataan kurang, hal ini bisa dilihat saat ayam besar dimana akan ada beberapa bobot, bahkan sampai tiga range bobot.
  4. Rawan terjangkit penyakit. Hal ini di sebabkan karena kuning telur di dalam tubuh ayam tidak terserap sempurna yang dimana harusnya dengan pemanas yang baik kuning telur sudah terserap di minggu pertama. Kuning telur mempunyai hubungan dengan antibodi ayam, dilain sisi ayam yang kekurangan kehangatan akan menjadi lemas karena tidak makan sesuai standart dan penyakit menjadi mudah masuk, terutama penyakit-penyakit ayam yang mudah menyerang yang nantinya penyakit akan mulai terlihat di usia pertengah hingga ayam besar.

Cara Membuat Pemanas Kandang Ayam

Ada beberapa pemanas yang bisa kita buat sendiri dan tidak mengandalkan pemanas pabrikan. Berikut ini beberapa pemanas dan cara membuat pemanas kandang ayam

Pemanas Lampu

pemanas ayam dengan lampu

Untuk dapat menggunakan pemanas lampu pada kandang ayam kita harus memperhatikan beberapa persyaratan seperti :

  1. Iklim udara di sekitaran kandang termasuk panas, bukan di dataran tinggi.
  2. Bisa dilakukan untuk populasi ayam ratusan ekor maksimal 200-300 ekor, tidak di rekomendasikan untuk populasi ribuan karena nantinya tidak optimal dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan performance ayam.
  3. Kandang tipe baterai atau peletakan lampu tidak jauh berada di atas ayam.

Adapunpun di sarankan untuk populasi ratusan hal ini dikarenakan bisa diletakkan di dalam kandang baterai yang bisa di masukkan di dalam ruangan lagi, misalnya di dalam rumah, Jadi kehangatan dan suhu lampu yang diberikan bisa menghangatkan dan tidak kalah dengan suhu udara dari luar yang masuk.

Cara Membuat Pemanas Lampu

Semakin tinggi watt lampu maka semakin hangat yang akan dirasakan oleh ayam, ditambah dengan jarak yang cukup dekat dengan ayam untuk beberapa ratus bisa dicover oleh beberapa lampu. Pemahaman yang kedua adalah pastikan bahwa tidak ada area gelap dalam kandang yang dihuni oleh ayam, hal ini berarti di daerah tersebut adalah zona dingin bagi ayam dan biasanya akan menumpuk di kisaran tersebut.

Gunakan beberapa lampu daripada satu lampu dengan ukuran watt yang lebih besar, ini bertujuan untuk meratakan panas ke seluruh kandang. Jika bola lampu adalah bola lama sebisa mungkin jaga kebersihan bola lampu, agar intensitas cahaya dan panas tidak berkurang.

Pemanas Ayam Kayu Bakar

pemanas ayam kayu bakar

Ini adalah pemanas konvensional, dimana pemanas ini masih digunakan sampai sekarang di beberapa kandang open peternak. Untuk cara membuat pemanas dari kayu bakar ini cukup sederhana, bahan yang diperlukan hanya cukup kayu dan wadahnya ada tong atau drum berukuran sedang yang di potong 1/4 bagiannya. kemudian diletakkan di tengah kandang.

Yang perlu di perhatikan adalah

  1. Sebelum tong kayu bakar menyentuh lantai kandang sebaiknya diberikan beberapa tatakan batu bata agar tidak langsung menyentuh lantai dan menyebabkan kebakaran pada lantainya.
  2. Di atas tong sebaiknya diberikan seng tambahan yang di gantung di atasnya agar panasnya api tidak sampai membakar atap kandang.
  3. Buatlah tong kayu bakar yang ukuran sedang kalaupun waktu kayu bakar nyala panas tidak terlalu panas dan ketika ada bebrapa tong kayu bakar, panas bisa lebih merata. Gunakan satu tong kapasitas sedang untuk ayam maksimal sebanyak 750 ekor.
  4. Jagalah selalu panas api dengan memastikan kayu tidak habis terbakar di saat suhu sedang dingin seperti makam hari dan dini hari.
  5. Nyalakan saat mulai sore hari, karena untuk membakar kayu pada tong dibutuhkan waktu yang lama. Saat awal kedatangan DOC sebaiknya nyalakan selama 24 jam.
  6. Perhatikan sirkulasi udara untuk keluarnya asap, yang bisa membahayakan bagi ternak dan bisa mengarah ke penyakit CRD.

Cara Membuat Pemanas Ayam Oli

pemanas ayam oli

Pemanfaatan limbah hasil industri seperti sepeda motor dan mobil ternyata membuka peluang sebagian orang untuk membuat pemanas ayam menggunakan oli ini. Oli ini bekerja sebagai pembakaran dan mempertahankan nyala api, dimana oli akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan minyak atau bensin.

Bahan-bahan yang di perlukan :

  1. Oli.
  2. Kipas pendorong.
  3. Selang untuk mengalirkan oli.
  4. Drum ukuran sedang yg ujungnya di buka.
  5. Beberapa besi untuk penyangga kaki drum oli.

Cara kerja:

  • Drum di potong sedikit ke depan berbentuk kotak untuk meletakkan kompor dan jalur masuknya oli.
  • Oli di taruh di atas yang dialirkan dengan selang yang diberi kran untuk mengatur jumlah keluaran oli yang menentukan api dan panas yang dihasilkan.
  • Pengaturan aliran oli berbanding lurus dengan kecepatan kipas. Dimana ketika oli semakin besar yang dikeluarkan maka kipas harus semakin cepat berputar untuk mendorong api agar tidak membesar dan terbakar.
  • Drum diletakkan di tengah kandang dan sedikit di belakang sebelum posisi ayam di broodingan.

Pemanas Kandang Ayam

Selain dari pemanas yang bisa dibuat sendiri dari penjelasan di atas, ini adalah tambahan pemanas kandang ayam yang banyak di jadikan pilihan serta di pakai saat ini.

Pemanas Gasolec

PEMANAS AYAM GASOLEC

Pemanas satu ini adalah pemanas dengan standart untuk satu pemanasnya adalah maksimal 750 ekor dimana lebih baik digunakan untuk 500 ekor. Pemanas ini berbentuk kotak dengan dilengkapi selang yang mengarah ke bahan utama dari gasolec adalah gas. Dimana ini masih menjadi pemanas yang paling sering dipakai karena efisiensi dan kegunaannya lebih baik dari pemanas konvensional yang lebih dahulu di jelaskan.

Untuk standart pemakaian pemanas gasolec ini untuk tabung 3 kg yang dimana sekarang dilarang untuk dijadikan pemanas oleh pemerintah karena untuk rakyat yang tidak mampu dan subsidi. Untuk tabung ini bisa bertahan 8-10 jam dengan pemakaian normal.

Pengunaan pemanas gasolec mampu memberikan panas yang stabil dan minim dari faktor buruk yang bisa terjadi akibat kelalaian peternak. Gasolec di taruh di posisi depan dengan menggantung dan sudut kemiringan 15 derajat untuk menjangkau +- 750 ekor ayam dalam broodingan.

Gasolec harus rajin dibersihkan terutama pada bagian keramik depannya yang sering bermasalah dimana jika sudah lama tidak dibersihkan akan ada api yang keluar dan hal ini menyebabkan pemakaian gas menjadi boros.

Pemanas Semawar

pemanas ayam jenis semawar

Sama-sama menggunakan gas sebagai bahan bakarnya, dan juga memiliki kapasitas untuk menghangatkan 500-750 ekor ayam. Semawar memiliki tudung untuk mengalirkan panasnya dengan gas disini dirubah menjadi api yang juga bisa diatur besar kecilnya.

Semawar di pasaran di jual dengan harga lebih murah. Perbedaan lainnya adalah penempatan semawar di posisikan di tengah broodingan dengan di gantung. Harap diperhatikan untuk tidak menaruhnya terlalu dekat karena ayam bisa saja melompat ke sumber api dari semawar.

Pemanas Ayam Heater

pemanas ayam heater solar

Pemanas ini adalah yang terbaru dan termahal dari kesemua versi pemanas di atas, heater di klaim mampu untuk mencukupi kebutuhan ayam dengan populasi 5rb-10rb. Pemanas ini menggunakan solar sebagai bahan bakarnya. Meskipun panas tetapi bagi sebagian yang sudah memakai mereka memberi review bahwa pemakaiannya cukup solarnya cukup boros.

Cara kerja pemanas heater ini hampir sama dengan pemanas oli yaitu dengan dorongan panas tetapi dorongan pada heater lebih cepat dan dimensi heater lebih kecil. Penggunaan disarankan di kandang clouse house dengan memanfaatkan blowernya.

Pemanas Ayam Broiler

Pada pemanas ayam broiler untuk penggunaannya berikanlah sesuai dengan kebutuhan ayam, idealnya pemanas diberikan ketika ayam sudah berbobot 4-5 ons. Yang dimana pada suhu dingin bisa lebih panjang dan lebih boros pemanas dan di bobot ayam yang belum mencapai 4-5 0ns meskipun sudah 14 hari lebih sebaiknya diperpanjang.

Perlu di evaluasi kenapa sampai umur 14 hari ayam kita belum juga mencapai bobot standart ayam broiler. Bisa salah di manajemen kandang, atau bobot DOC yang kecil. kesalahan pakan atau masa broodingan kurang baik dan pemanas di irit di awal.

Beberapa List Pemanas Ayam Broiler

  • Gasolec.
  • Semawar.
  • Tungku batubara.
  • Briket.
  • Pemanas oli.
  • Pemanas serbuk gergaji.
  • Pemanas kayu bakar.
  • Pemanas Heater

Tidak masalah memakai pemanas yang mana saja, pemanas yang sudah biasa dipakai terkadang ketika mencoba pemanas baru peternak butuh adaptasi. Tetapi asal peternak jeli dalam melihat kenyamanan ayam dan sebaran ayam serta pakan yang dimakan standart, itu sudah cukup. Beberapa list pemanas diatas biasanya memiliki keunggulan antara lebih hemat operasional dan tenaga serta waktu dan juga keadaan bahan baku di sekitar kandang.

Leave a Reply