Obat Snot Ayam Terbaik

obat ayam snot

Berbicara penyakit pada ayam, banyak sekali yang menyerang dimulai dari bakteri, virus hingga jamur. Perlu beberapa hari untuk merangkum kesemuanya secara detail beserta obat dan pencegahannya. Setelah sebelumnya kita membahas tentang obat ayam ngorok, kali ini kita akan bahas obat snot ayam beserta penjelasan penyakitnya, penyebabnya dan pencegahannya. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Snot Pada Ayam

Snot pada ayam adalah kondisi dimana mata ayam akan mengalami bengkak, di level yang parah, kedua mata nya juga akan mengalami pembengkakan sampai seluruh kepalanya. Hal ini sangat berbahaya jika tidak diobati, bahkan sampai ke level yang parah penyakit ini sudah susah untuk di sembuhkan. Dikarenakan ketika ayam mengalami snot, matanya akan tertutup dan tidak bisa melihat dimana pakan dan minum sehingga, lama-kelamaan ayam akan kekurangan nutrisi lalu kurus dan akhirnya mati. Snot adalah penyakit yang dapat mengakibatkan kematian pada kandang dengan tingkat kematian hingga 30-40%. Sebelum memasuki fase akhir yang parah kita bisa mengatasinya dan meneteksi dengan dini penyakit ini.

Kebanyakan penyakit ini datang di dahului dengan CRD atau ngorok yang tidak kunjung sembuh, dan bisa juga akibat luka dari sekam yang menempel di mata dalam waktu lama dan terdapat bakteri. CRD yang tidak kunjung sembuh menutup hidung pada ayam yang ketika bersin kita bisa dikeluarkan hingga mengakibatkan mata ayam memerah, hal ini di perparah dengan amoniak yang tinggi dan sirkulasi yang kurang baik.

Pencegahan Penyakit Snot

obat ayam snot semprot

Seperti pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati berlaku untuk penyakit snot ini, ayam yang sembuh dari snot umumnya performancenya akan turun dan fcrnya menjadi bengkak. Maka dari itu sebaiknya kita melakukan pencegahan di kandang kita sebagai berikut :

  1. Selalu perhatikan tingkat kepadatan kandang.
  2. Sering-seringlah memisahkan ayam yang sakit dengan yang sehat, karena melalui air minum penyakit dapat disebarkan dengan cepat. Jangan lupa juga untuk sering membersihkan air minum setiap harinya.
  3. Selalu ganti litter jangan sampai lembab terlebih amoniak tinggi.
  4. Perhatikan sirkulasi dalam kandang, faktor kebanyakan terjadinya snot adalah sirkulasi kurang baik, lalu saat penaburan sekam penuh dengan debu dan masuk ke dalam hidung yang terjadi berulang hinga mempercepat snot. Jika keadaan membutuhkan sirkulasi lebih segera tambahkan kipas di dalam kandang untuk peralihan udara menjadi lebih baik.
  5. Lakukan semprot desinfeksi dan sanitasi rutin setiap hari.
  6.  Jika sudah ada beberapa yang terkena gejala mata memerah segera pisahkan dan obati, bisa dengan mengolesinya dengan obat desinfektan seperti golongan iodine.

Obat Ayam Snot Pabrikan

Jika ayam sudah terkena snot, untuk menjaga-jaga silahkan kita obati meskipun belum semua menunjukkan terkena sakitnya, meskipun begitu hal terbaik adalah memperbaiki kenyamanan di kandang seperti yang disebutkan dipencegahan di atas, walaupun nantinya ini berhasil tetapi jika sumber masalahnya belum di atasi maka akan terjadi dan terserang lagi penyakit snot ini yang justru malah membuat biaya operasional kita membengkak dan biasanya jika sumber masalahnya tidak teratasi maka ketika ayam masuk lagi periode depan dan setiap periode pemeliharaan biasanya penyakit ini akan terus datang.

Umumnya snot akan lebih baik di obati dengan mengoleskan ke pada satu-satu ayamnya, tetapi dengan ribuan ayam yang terkena akan sangat memakan waktu dan bisa membuat ayam stress. Obat dalam yang di minumkan menjadi salah satu yang efektif untuk ayam yang berpopulasi ribuan.

Obat ayam snot dapat di temukan di poultry terdekat, biasanya yang paling baik dengan menggunakan kandungan Enrofloxacin, seperti neo meditril, dan bisa juga menggunakan enrodiaz. Untuk pemakaian oles menggunakan antisep atau iodin di bagian mata yang bengkak.

Obat Snot Ayam Herbal

Bawang putih bisa menjadi obat snot alami buat ayam dengan penggunaan bawang putih di blender sampai alus kemudian di oleskan perlahan ke bagian kepala yang bengkak pada ayam. Hal ini efektif jika yang terkena masih di angka puluhan. Hal lainnya yang dapat dillakukan dengan menggunakannya secara di semprot di bagian kepala ayam. bawang putih yang sudah di blender sampai halus kemudian di campur dengan air dan di saring lalu di semprotkan pada ayam.

Leave a Reply