Manfaat Housing Filter Ditambah Dengan Klorin

Housing Filter

Manfaat housing filter ditambah dengan klorin selain sebagai desinfektan juga memiliki banyak manfaat yang baik, asal dengan kadar klorin yang standart penggunaan. Klorin yang terlalu pekat juga dapat menyebabkan ganggan pada mata dan pernafasan.

Housing filter dan klorin tidak hanya digunakan pada skala rumah tangga, tetapi jauh lebih dari itu, di peternakan atau kandang ayam broiler dan peternakan lain demi menghindari dan membersihkan air dari bakteri dan kandungan yang tidak baik yang bisa menyebabkan penyakit pada ternak digunakanlah filter air berupa housing filter.

Kegunaan Housing Filter Klorin Pada Peternakan

klorin

Banyak sekali kegunaan yang akan kita dapati dari memasang dan memakai filter air sebelum digunakan dan diminum pada ternak khususnya unggas, adapun manfaat dan kegunaanya adalah sebagai berikut:

Membunuh Bakteri

Contoh bakteri yang tidak baik untuk tubuh dan peternakan serta yang paling banyak ditemukan di dalam air adalah bakteri e-colli dimana bakteri ini menimbulkan penyakit pada unggas yang dimana jika terus di konsumsi melalui air minum akan mengakibatkan adanya pengkejuan pada jantung, hati dan terdapat air pada sekitaran badan ayam.

Dimana e-colli yang sudah parah memberikan tingkat kematian atau mortalitas tinggi untuk peternakan, pertumbuhan tidak maksimal kalaupun unggas bisa bertahan hidup.

Menurunkan PH air

Tingginya kadar ph air bisa karena faktor tingginya zat besi karena air sungai dan pengaruh lainnya. Selain bisa merusakĀ  dan membahayakan tubuh juga bisa merusak vitamin dan termasuk vaksin yang dimasukkan menjadi tidak efektif lagi untuk diberikan.

Menjernihkan Air

Klorin dan housing filter bisa menjernihkan air, yang nantinya jika air berwarna kuning terutama pada kandang yang menggunakan sumber airnya adalah sungai akan tertinggal endapan kuning di dalam tempat minum. Dengan menggunakan filter nantinya air akan di saring terlebih dahulu di filter air dan yang meninggalkan endapan nantinya di filternya terlebih dahulu.

Karena begitu, kita hars sering membersihkan housing filter karena nantnya akan tertinggal endapan yang bisa mengerak dan mengeras jika tidak dibersihkan secara berkala. Membersihkan HF bisa dengan menggunakan cairan vixal atau sejenisnya dengan mendiamkannya dan mencucinya.

Menjaga kebersihan dari filter jga tidak kalah pentingnya karena hf dan wadah yang bersih akan membuat air yang dialirkan juga menjadi bersih. Berbeda dengan yang tidak pernah dibersihkan akan menjadi sarang bakteri dan tetap kotor. Alhasil klorin dan hf menjadi tidak terlalu berguna serta kehilangan kegunaannya dalam membasmi bakteri dan menstabilkan ph dan bahkan menjadi wadah baru bagi bakteri.

Cara Memasang Housing Filter


Bahan-bahan

  1. Siapkan pipa 3/4, 20 cm (1), 8 cm (4), 6 cm (2), 12 cm (2).
  2. 2 Shock draft.
  3. 2 Buah letter T.
  4. 3 buah stop kran.
  5. 2 Buah letter L.
  6. Shield tip.
  7. Lem Pipa.

Cara Memasang HF

  1. Pasang shock draft di hf dengan dilapisi shield trip terlebih dahulu agar lebih kuat.
  2. Pasang pipa ukuran 6 cm di kiri dan kanannya sambil di lem pipa.
  3. Pasang letter L kanan dan kiri.
  4. Sambungkan pipa 8 cm di kanan dan di kiri.
  5. Pasang stop kran di sisi kanan dan sisi kiri, hal ini bertujuan untuk on/off air melalui kran ini.
  6. Kemudian memakai pipa 8cm lagi dikedua sisi.
  7. Pasang pipa letter L di kedua sisi, dimana ini air akan mengalir dari sini ke kandang dan melalui HF jika tidak di on/off kan di kran.
  8. Pasang pipa 12 cm.
  9. Pasang stop kran terakhir di tengah sebagai jalur untuk stop atau lanjutnya aliran air memakai hf atau tidaknya.
  10. Pasang pipa 12 cm terakhir.
  11. Pecah kecil klorin dan masukkan kedalam hf.
  12. Housing filter siap digunakan.

Cara Kerja Housing Filter

cara merangkai housing filter

Pada kandang ayam hf akan diberi 3 buah stop kran on/off sebagaimana yang telah disebutkan pada cara perangkaian hf diatas, hal ini bertujuan untuk memudahkan kita menggunakan hf yang diberi klorin atau tidak, biasanya sewaktu pemberian vaksin akan di off di tengah rangkaian.

Jika ditengah rangkaian di off keduanya dan di tengah atas di on kan maka air dari sumber air disekitarnya akan langsung di konsumsi oleh ayam. Jika yang di tengah atas di off kan maka di pertengah 2 kanan dan kiri di on kan air akan mengalir melewati hf dan di saring terlebih dahulu.

 

 

 

Leave a Reply