Tempat Minum Ayam

Ayam yang kebutuhan minumnya hampir 2 kali dari kebutuhan makannya harusnya diberikan secara adhbilitung atau secara tidak terbatas dikarenakan ayam yang di pelihara mencapai ribuan ekor dan minumnya bisa berbeda setiap menitnya bergantian. Tempat minum ayam memiliki karakter yang berbeda masing-masingnya, seperti tempat minum ayam manual yang harus sering diganti jika sudah habis dan tempat minum ayam otomatis yang biasanya memiliki lebih banyak keunggulan.

Peternak sejatinya harus selalu memenuhi kebutuhan dasar hewan satu ini seperti air minumnya. Terkadang kebutuhan airnya di kala cuaca panas menjadi 2,3-3 kali dari pakan seharinya. Begitu juga sebaliknya ketika cuaca sedang mendung atau turun hujan. Secara hasrat hewani ayam akan mencari tempat minum yang paling dekat dengannya.

Tempat Minum Ayam Manual

Tempat Minum Ayam Manual 3 liter

Tempat minum ayam manual adalah versi terdahulu dan versi yang masih di pakai oleh peternak skala kecil biasanya puluhan sampai ratusan. Dengan perbandingan yang tepat dan disesuaikan dengan umur dalam seribu ekor populasinya membutuhkan 20-25 tempat minum ayam manual maka pergantian air minum biasanya hanya 2x sehari yaitu pagi dan sore hari. Tetapi sering kali kita akan menemukan beberapa kekurangan ini pada tempat minum ini seperti :

  • Sering kotor, yaitu di bagian air keluarnya dikarenakan ayam sering menjadikannya mainan.
  • Mudah tumpah, ketika telat dalam pemberian minum dan ayam berebut maka rawan untuk tumpah dari penutupnya dan air akan seketika habis,
  • Cepat habis, hal ini karena air diisi sesuai kapasitas dari galonnya.
  • Menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Dalam mengisi dan membawanya ke kandang membutuhkan banyak waktu dan tenaga dan harus berhati-hati agar tidak tumpah dengan menstabilkan air di bawah wadahnya.

Tempat minum ayam manual 1 liter

Sedangkan kelebihan tempat minum manual ini terletak di harganya yang murah, termasuk yang paling murah dari tempat minum lainnya. Tempat minum jenis ini cocok untuk model budidaya ternak pejantan, KUB, ayam kampung dan bisa juga ayam broiler dengan populasi kecil. mengingat dalam budidaya tempat yang di pakai oleh tempat minum manual ini jika diganti dengan nipple yang otomatis bisa mendapatkan space lebih dan ruang gerak lebih untuk ayam.

Tempat Minum Ayam Otomatis

Untuk jenis tempat minum ini ada dua jenis yaitu niple dan tmao, dimana mereka memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri diantaranya

Nipel

Tempat Minum Ayam Nipel

Niple seperti sebuah tempat minum dimana terdapat alas untuk menampung air yang di ambil dari ujung tempat keluar airnya, Hal ini bertujuan agar air tidak langsung jatuh ke dalam litter ayam yang dapat menyebabkan becek dan amonia yang naik yang berdampak buruk pada ayam. Idealnya nipel dalam 1 meternya dipasang 3-4 buah. Pada masa awal ayam akan mencoba menotoli besi tempat keluarnya air, dimana jika itu di tekan air akan keluar. Membutuhkan sebuah pipa dalam penyalurannya kemudian pipa di bolongi sesuai dengan ukuran nippel.

Kelemahan pada jenis tempat minum ini adalah harus adanya pengatur tekanan air yang masuk agar air di nipel tidak tumpah dan keluar yang dapat membanjiri lantai kandang. Nipel juga harus rajin dibersihkan terutama saat satu siklus periode ayam habis sebaiknya dibersihkan agar tidak ada kerak yang menggumpal dan menyumbat aliran air pada pipa.

Cara Membersihkan Kerak Pada Nipel

Nipel yang telah lama tidak dibersihkan akan terdapat kerak gumpulan, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan kaporit yang di endapkan lama sampai tercium bau kaporitnya kemudian dari torent di keluarkan melalui pipa nipel yang sebelumnya pipa nipel di buka ujungnya terlebih dahulu. lebih baik lagi jika menggunakan air bertekanan tinggi seperti compresor untuk mencuci kendaraan.

TMAO

tempat minum ayam otomatis tmao

Tempat minum ayam otomatis atau disingkat dengan tmao adalah sebuah tempat minum yang juga memakai selang kemudia di salurkan melaui selang ke dalam tempat minum yang sudah di atur menggunakan gaya pegas agar ketika air dipinggiran tempat minum sudah penuh maka akan otomatis tertutup sedangkan jika kosong otomatis akan membuka dan mengalirkan air.

Meskipun memiliki tempat atau dimensi yang lebih luas dibanding nipel alat ini justru juga banyak di jumpai di peternak, dikarenakan hal ini lebih dahulu keluar di pasaran dan peternak belum menggantinya sebab masih bisa digunakan dan tidak ingin menambah kost lebih.

Kekurangan TMAO pada air sekitar yang kotor bagian yang terdampak ada pada sisi air minum dimana akan terlihat kotor jika tidak dibersihkan setiap hari. Pinggiran air minum juga lebih kotor akibat dari ayam yang menceker sekam atau ketika berebut minum akan masuk ke dalamnya.

Kekurangan lainnya, per otomatisnya akan mudah rusak dan sering di ganti, begitu juga dengan selang tempat terhubungnya air dengan pipa.

Harga Tempat Minum Ayam

Harga tempat minum ayam bervariasi bergantung pada jenis dan merknya dan yang paling mahal untuk saat ini adalah merk dari medion. Berikut tabel lengkap harga tempat minum ayam dengan catatan dapat berubah sewaktu-waktu tetapi biasanya tidak jauh.

No.JenisHargaMerk
1TMAO70.000-80.000
2Nipel7.000-8.000Medion
3Manual 1 Liter5.000-6.000Imustim
4Manual 3 Liter20.500-22.000Mensana

Harga bisa lebih murah jika membeli dalam partaian besar dan lebih mahal jika membeli satuan.

Demikian tempat minum ayam baik pada ternak ayam petelur, broiler, puyuh dan ternak lainnya. Pada ternak kecil ukurannya juga disediakan lebih kecil seperti puyuh dan untuk yang manual dapat menggunakan yang kapasitas 1 liter. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply