Petugas Penyuluh Lapangan

Petugas Penyuluh Lapangan

PPL adalah petugas penyuluh lapangan yang mendatangi, mengecek serta memastikan kondisi ternaknya baik, sehat. Keadaan kandang bersih sebelum chickin atau kebersihan kandang dan perlatan terjaga dengan sanitasi dan desinfeksi rutin juga ketersediaan pakan dan obat-obatan cukup. Karena pakan, ayam, obat-obatan adalah aset kantor yang di percayakan oleh perusahaan kepada peternak.

Berbeda dengan ppl pada pertanian yang dari kementrian pertanian bersifat pns, di dunia unggas ppl disini dipekerjakan oleh swasta. Dalam dunia peternakan unggas khususnya ayam pedaging atau broiler terlebih pada sistem kemitraan ayam potong. Petugas penyuluh lapangan atau PPL sangat memegang peranan penting menjembatani antara mitra yaitu peternak dan inti sebagai perusahaan kemitraan. Hampir seluruh kebutuhan yang ada pada kandang peternak di suplay oleh inti berdasarkan request atau kiriman permintaan dan PPL.

Umumnya meskipun sebelum bergabung dengan kemitraan, peternak telah menjalin kontrak dan menyerahkan surat berharga sebagai jaminan. Inti tetap memastikan dan memberikan tugas pegawainya untuk pengecekan memastikan SOP perusahaan di jalankan dengan benar.

Pada masa panen ayam penentuan bobot panen dan ekoran sisa ayam adalah suatu hal yang sangat krusial. Hal ini dikarenakan jika bobot ayam tidak sesuai dengan settingan dari seorang PPL maka para pembeli atau bakul akan komplain ke marketing, terlebih jika pembeli ini membeli dari luar kota. Hal terburuknya adalah bakul akan meminta pengurangan harga dari harga normal yang menyebabkan kerugian juga bisa pembeli tidak akan jadi membeli dan kedepannya mereka akan kehilangan kepercayaan kita.

Petugas Penyuluh Lapangan

Kekurangan Atau Minus Dari Pekerjaan PPL

Sama seperti pekerjaan lapangan lainnya yang berbeda dengan pekerjaan kantoran, waktu kerja menjadi fleksibel terlebih pekerjaan ini menyangkut nyawa yaitu ternak kita. Bisa saja kita akan menginap atau pulang sampai malam ketika mendapatkan berita dari peternak apabila ada masalah yang urgent yang membutuhkan kehadiran kita, seperti ayam terkena penyakit yang menyebabkan kematian tinggi dan butuh penangan secepatnya.

Menjadi tempar curhat peternak juga adalah hal biasa di pekerjaan ini, sebagai pelampiasan kekesalan juga akan terjadi. Di sini kita akan belajar karakteristik setiap peternak, dan bagaimana cara menghadapinya. Tentunya harus di hadapi dengan sabar juga.

Kelebihan Pekerjaan Petugas Penyuluh Lapangan

Ketika harga pasaran tinggi atau di atas hpp atau bisa disebut di atas modal yang kita keluarkan PPL akan mendapatkan bonus dan nilai tambah gaji bulanannya. Bahkan semakin besar populasi ternak yang di handel yang menjadi tanggung jawabnya maka akan sejalan dengan bonusnya. Tentunya energi besar dan beban pikiran di dalamnya mengerjakannya.

Jika peternak yang kita handel adalah peternak yang sudah mengerti dalam manajemen pemeliharaan tentunya waktu, tenaga dan pikiran yang kita sediakan akan lebih sedikit dibandingkan yang baru mulai beternak. Istilahnya dalam kemitraan untuk menggambarkan peternak ini adalah peternak grade A. Tak jarang peternak sendiri yang akan berkomunikasi ke PPL mengenai masalah kiriman pakan.

Di atas adalah uraian singkat tentang pekerjaan menjadi seorang PPL atau Petugas Penyuluh Lapangan di dunia peternakan. Banyak yang menjadikan pekerjaan ini sebagai batu loncatan dan tidak bertahan lama, umumnya 2 tahun pekerja di dunia peternakan akan resign dan bekerja atau berwirausaha dari hasil yang di kumpulkannya.

Leave a Reply