Bahan Dan Kegunaan Kandang Litter

Kandang Litter

Kandang litter adalah kandang yang memiliki sistem litter dalam pembudidayaannya. Biasanya litter banyak di gunakan pada hewan jenis unggas. Hal ini didasari pada sistem kandang dan sistem manajemen pembudidayaan unggas dimana litter memudahkan peternak untuk tidak setiap saat mengeruk kotoran sebagaimana ternak besar.

Pengertian Litter Kandang

Litter sendiri adalah alas yang digunakan untuk menyerap air pada kotoran hewan unggas agar tetap terjaga kelembapan dan kekeringan dari lantai akibat kotoran dari unggas atau ternak. Meskipun begitu, dalam jangka waktu 3-4 hari sesuai dengan kepadatan kandang dan jumlah ppopulasi biasanya akan di ganti secara berkala saat sudah mulai tidak dapat menyerap air dan amoniak mulai naik.

Lama waktu litter digunakan tergantung berdasarkan jenis unggas dan jenis kandang. Pada jenis unggas seperti ayam penggunaan liter ada yang cuman sampai umur 21 hari dan ada yang sampai panen atau selesai budidaya. Umumnya kandang yang digunakan untuk yang memakai litter sampai selesai beternak adalah kandang jenis postal terutama yang 2 lantai, juga kandang sistem clouse house.

Pada kandang panggung satu lantai setelah berumur 21 hari biasanya akan di ceplos atau sekamnya di keruk dan ayam sudah mulai kuat terhadap udara dingin di lingkungan kandang. Sedangkan pada jenis unggas lainnya seperti ayam petelur dan puyuh menggunaan litter hanya sampai di masa pertumbuhan saja, setelah memasuki masa produksi mereka akan dipisahkan kedalam kandang baterai dengan kotoran langsung jatuh ke penampungan.

Bahan Yang Dapat Di Jadikan Litter

  1. Sekam padi
  2. Serbuk gergaji
  3. Jerami
  4. Pasir
  5. Kertas atau koran.

kandang litter sekam

Di keempat bahan di atas yang paling sering digunakan adalah sekam padi dengan daya serap air yang tinggi dan keberadaan di sekitarnya mudah di dapat terutama di daerah pulau Jawa. Sedangkan bagi mereka yang berada di luar pulau Jawa dimana lahan sawah lebih sedikit menggunakan bahan alternatif seperti serbuk gergaji di Sumatera dan pasir disebagian pulau Kalimantan.

Intinya dari bahan litter adalah sesuatu yang mudah di dapat, menyerap air dan harganya terjangkau. Pada populasi kecil biasanya puluhan dan jenis unggas kecil seperti puyuh, penggunaan kertas bisa untuk sampai masa pertumbuhan selesai. Meskipun pada ayam pedaging kertas atau koran juga digunakan pada awal masa pertumbuhan atau DOC.

kandang litter serbuk gergaji

Penggunaan kertas di masa awal di sarankan agar ternak dapat mengenali pakan dengan baik dan tidak memakan sekam atau beda lain sebelumnya yang dapat merusak fungsiĀ  dan kinerja dari usus.

Ketebalan Litter Untuk Kandang Ayam Postal

Kandang ayam postal atau sistem panggung untuk masa penyerakan sekam atau litter memperhatikan ketebalan awal. Hal ini bertujuan agar memberikan kehangatan lebih dan udara dari lingkungan kandang tidak langsung masuk terutama di ayam sensor panas terletak pada kaki ayam, yang dimana bisa kita jaga dengan mempertebal sekam dan menajga kekeringannya.

Ketebalan sekam pada masa awal DOC menggunakan 3-5 cm dari lantai tanah, Selain memudahkan penyisiran sekam yang sudah kotor dan dikeruk, ini juga memudahkan untuk menjaga panas dari pemanas ayam bertahan dan tidak terganggu oleh suhu luar.

Baiknya seluruh kandang ditabur sekam sebelum DOC masuk.

Fungsi Litter Pada Kandang Unggas

Memberi Kehangatan Pada Unggas

Kehangatan di dapat dari pemanas yang di hasilkan dan pemanas ini di serap oleh litter asal litter tidak basah dan tidak sudah kehilangan fungsi menyerap airnya. Asal rutin di jaga kelembapan dan kekeringannya litter membantu menghangatkan kaki dan telapak kaki, ayam, puyuh dan unggas lainnya.

Menyerap Air Pada Kotoran

Kotoran unggas yang bercampur dengan air seni menyebabkan kotoran lebih cair, yang apabila alas kandang berupa lantai maka akan sangat sulit sering dan bahkan menjadi sumber penyakit pada ternak. Litter yang baik adalah litter yang kering, baru dan tidak fisiknya masih bagus.

Membantu Memberikan Pijakan Yang Baik

Pada lantai kandang yang terbuat dari bambu ketika anak ayam atau DOC yang tidak diberi alas akan dengan mudah jatuh dan dimangsa oleh pemangsa alami ayam seperti ular, biawak, bahkan kucing. Ketika adanya litter ini memberikan rasa aman dan nyaman pada ayam.

Memberikan Lebih Banyak Ruang Dan Populasi

Pada kandang tipe clouse house dan postal panggung lantai dua dan satu mesti diberi litter untuk pijakan dan lantai yang terbaik bagi unggas, yang juga ini berarti menguntungkan peternak karena dapat membuat populasi menjadi lebih banyak.

Leave a Reply