Pakan Ayam Pedaging Terbaik

Pakan ayam pedaging terbaik adalah salah satu hal penting dalam perkembangan dan budidaya ayam pedaging atau broiler. Dimana dalam dunia peternakan pakan mengambil 70% dari total keseluruhan modal yang di butuhkan. Berbeda dengan ayam pada umumnya yaitu ayam kampung atau ayam lainnya yang bisa di selingi atau di beri pakan selain pakan pabrikan, nyatanya pakan ayam pedaging terbaik adalah pakan pabrikan dan diberikan pada saat usia yang tepat sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.

pakan ayam pedaging terbaik

Pakan Ayam Pedaging Terbaik

  1. Masa awal ayam umur 1-10 hari diberikan pakan prestarter.
  2. Masa pertengahan umur 1-21 hari diberikan pakan starter.
  3. Masa ayam dewasa umur 22 hari – panen diberikan pakan finisher.

Perbedaan pada pakan jenis prestarter, starter dan finisher terletak pada kandungan nutrisi dan bentuk butiran pakan, hal ini tentu disesuaikan dengan paruh ternak dimana prestarter seperti butiran-butiran kecil yang menjadi lebih besar dimana masuk ke starter dan finisher. Sangat jarang ditemui pakan ayam broiler berbentuk mash hampir kebanyakan akan berbentuk crumble.

Tidak akan berkembang optimal ketika diberi pakan selain pakan pabrikan seperti hanya memberikan jagung saja, atau dedak saja dan malah akan membuang-buang uang karena efisiensi pakan yang menjadikanya daging menjadi rendah sehingga menjadi rugi.

Harga Pakan Ayam Broiler

Harga pakan ayam broiler cenderung lebih stabil dibandingkan DOC ataupun harga ayam hidupnya. Yaitu berkisar di Rp. 330.0000 – Rp. 360.000/ sak pakan karung 50 kg atau Rp. 6.500-7.200/kg. Hal ini masih bisa berubah lebih mahal jika beli dengan tonase yang lebih sedikit dan di toko eceran dan merk pakan yang sudah terkenal seperti pakan pokphand atau comfeed, sedangkan akan menjadi lebih murah jika langsung membeli ke pabrikan tetapi dengan jumlah tonase yang lebih banyak. Biasanya 7 ton atau lebih, sekitar 1 rit mobil besar ditambah lagi jika membeli pakan yang pabriknya baru berdiri pasti lebih miring harganya.

Harga Pakan Ayam Broiler

Adapun bagi peternak yang di tawari harga pakan miring dengan merk baru harap untuk di cek terlebih dahulu kandungan di label pakan dan bandingkan dengan pakan sejenis dengan merk yang berbeda. Dan biasanya pabrik pakan baru cenderung promosi dengan menyasar ke pihak kemitraan, bukan langsung ke peternak kecil. Jika anda peternak mandiri dengan populasi puluhan ribu bisa saja mereka mendatangi anda dan menawarkan promosi tambahan.

Pakan Ayam Pedaging Terbaik

Pabrik Pakan Ayam Broiler

  1. PT. Charoen Pokphand Indonesia.
  2. PT. Japfa Comfeed.
  3. PT. Sierad Produce atau sekarang menjadi PT. Sreeya Sewu.
  4. PT. Malindo Feedmill Indonesia.
  5. PT. Wonokoyo Jaya.
  6. PT. Sido Agung.
  7. PT. New Hope Indonesia.
  8. PT, Mulia Harvest Agritech.
  9. PT. Sinar Indochem.
  10. PT. East Hope Agriculture Indonesia
  11. PT. Multi Pakan Jaya Sentosa

Di beberapa perusahaan pabrik di atas 3 dari 9 perusahaan tergolong baru seperti PT. Mulia Harvest Agritech dengan pakan HIPRO BR 711 dan PT. Sinar Indochem dengan pakan B150-SP. Dan yang paling dikenal masyarakat luas di antara ke-9 perusahaan itu tentu adalah PT. Charoen Pokphand dengan pakan 710, 611, 511. Yang satu lagi yaitu PT. Comfeed Indonesia dengan pakan Comfeed BR-1 Crumbelnya.

Demikian artikel tentang Pakan ayam pedaging terbaik, Harga pakan ayam broiler, dan beberapa perusahaan pakan ayam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply