Standart Kebutuhan Blower Kandang Ayam

Kipas kandang ayam memiliki dua tipe dimana ada yang menyedot udara atau biasa disebut exhouse fan dan ada yang meniupkan udara, dimana kebanyakan tipe yang meniupkan udara adalah kipas pada umumnya dan biasa di jumpai di kandang open sedangkan di kandang clouse yang menyedot udara seperti blower kandang ayam.

kipas kandang ayamKipas Kandang Ayam Tipe Penyedot

Blower kandang ayam penting untuk dibahas dimana ini akan menentukan jumlah kebutuhan kipas, pemilihan dinamo, watt atau daya, standart kecepatan yang baik hingga perbedaan blower rakitan dan pabrikan dimana kesemuanya ini akan menentukan biaya dan hasil dari performance pada pertumbuhan ayam broiler.

Dimana kipas adalah paru-paru kandang, dimana jika kita salah menentukan kipas terutama di kandang clouse house maka produksi tidak akan pernah baik dan malah akan rugi apalagiĀ  jika harga ayam broiler di bawah hpp.

Menentukan Kebutuhan Kipas Kandang Ayam

Tentang spesifikasi kipas dengan beberapa macam diantaranya

  • 1/2 hours power
  • 1 hours power
  • 1 1/5 hours power

Hal ini akan mempengaruhi kepada berapa daya watt yang akan dibutuhkan, menggunakan listrik berapa vas dan peternak harus mengetahui kekuatan kipas atau blowernya berapa lama dapat bertahan, seperti sedotan udara dan ketahanan.

Menentukan Kebutuhan Jumlah Kipas Kandang Ayam

Penjual kipas yang baik bisa memberikan data kepada pembeli dengan riset yang dilakukan penjual terlebih dahulu, berbeda dengan penjual yang asal yang tidak bisa menyajikan data dan hanya menyebutkan rpm dan sejenisnya. Penting untuk menanyakan berapa pemakaian cfh (cubic metre hour) dan cfm (cubic feet per minute) untuk menentukan jumlah kipas yang akan di pakai.

Dimana kita tidak bisa samaratakan disatu spesifikasi blower seperti contoh 1 1/5 hours power 38.000 cfh, karena setiap pabrikan dan setiap kipas memiliki ukuran cfhnya sendiri yang dimana ini bisa didapatkan setelah melakukan riset atau di teliti oleh penjual terlebih dahulu.

Pemilihan Dinamo

dinamo blower kandang ayam

Dimana berhubungan dengan durability atau ketahan, keawetan dari kipas/blower kandang ayam, kecepatan yang di hasilkan baik untuk menyedot atau tipe kipas yang meniupkan udara. Dimana dinamo yang berasal dari negara yang berbeda akan berbeda pula kualitasnya.

Pemilihan Daya Watt

Sebelum membeli, hal utama yang harus di ketahui apakah produk dan semua spesifikasi yang akan kita beli di perlihatkan dan di tulis dengan jelas. Usahan untuk tidak membeli produk yang menjual kipasnya seperti membeli kucing dalam karung.

Pemilihan watt dalam kipas seperti menanyakan apakah 1.500 watt atau 1.100 watt apakah 1 fase atau 3 fase, dimana perbedaan yang mencolok ada di konsumsi energi listriknya, dimana 1 fase peternak akan membayar biaya listrik lebih besar disebabkan arus listrik yang di butuhkan lebih banyak, sedangkan 3 fase akan lebih sedikit tetapi biaya pemasangan mahal.

Blade Blower Kandang Ayam

Blower Kandang Ayam

Blade pada blower atau kipas biasanya memakai fiber dan besi, dimana bila memakai fiber ini akan lebih ringan dan konsumsi daya listriknya lebih ringan dari pada dari yang menggnakan dari besi. Blade fiber memiliki kelemahan lebih rapuh dan lebih rawan patah jika ada benda asing yang masuk dan menyentuhnya seperti kucing, ular atau tikus. Jika memilih fiber sebaiknya menstok blade.

Jika dari steel memiliki kelemahan seperti masuknya benda asing menyebabkan pergeseran dari normalnya dimana akan membuat dinamo lebih berat dan listrik menjadi lebih mahal.

Standart Kecepatan Angin Blower Kandang Ayam

Pada masa saat ini ada banyak sekali ditemukan baik offline terutama online yang menawarkan kipas atau blower untuk di jual dengan harga yang miring dari pabrikan kipas, beberapa dari mereka membuat kipas dengan merakitnya sendiri. Bahkan semua orang sekarang bisa menjual kipas atau blower kandang jika ia mau.

Standart Kecepatan Angin Blower Kandang Ayam Dewasa

Pada ayam broiler di iklim tropis setidaknya membutuhkan 3,5 meter/detik kecepatan anginnya dimana dulu bisa 2,5-3 meter/detik tetapi sekarang sudah di 3,5 meter/detik dimana kecepatan angin akan memiliki efek pada turunnya suhu yang dirasakan oleh ayam.

Seperti yang kita ketahui bahwa ayam yang kita ternakkan tidak hanya membutuhkan oksigen, terutama ketika sudah memasuki masa grower membutuhkan wind child effect, yaitu efek dingin yang diciptakan dari angin yang mengalir pada kandang clouse house.

Blower Kandang Ayam Rakitan

Blower Kandang Ayam

Sebagai sales atau penjual maka sudah wajar mereka mempromosikan merk dari blower mereka dengan bahkan memberikan kata-kata atau angin surga agar pembelinya membeli dengan hasil yang bagus, IP bagus dan performance bagus dan lebih murah dibandingkan dengan memakai blower dari pabrikan.

Blower dari pabrikan biasanya akan lebih awet dan lebih tahan lama dibandingkan dengan rakitan, kita mungkin bisa meniru bentuknya tetapi untuk presisinya belum tentu, seperti blade kemiringan kipas yang sudah di perhitungkan dan di teliti oleh perusahaan pembuat kipas yang membuatnya lebih mahal.

Sebagai pembeli juga seharusnya sudah mengetahui bagaimana resiko membeli produk yang di kategorikan kw dibandingkan original, seperti contoh handphone dan barang elektronik lainnya. Peternak juga sudah seharusnya memikirkan ketahanan dari kipas yang dibelinya, jika membeli kipas rakitan hanya akan bertahan 3-5 periode maka itu adalah hal yang membuang uang dan lebih baik membeli yang ori sekalian.

Blower Kandang Ayam Pabrikan

Tidak bisa dipungkiri walaupun kita memakai blower kandang ayam pabrikan tetap akan mengalami penurunan kualitas, seperti benda elektronik lain yang memiliki perbedaan ketika masih baru dan sudah dipakai beberapa tahun terlebih ketika tidak ada perawatan dan hanya memakai akan menambah cepat penurunan kualitas blower.

Kipas yang berdebu dan disetiap periodenya tidak pernah dibersihkan pasti akan mengalami kerusakan. Maintanance atau perawatan diperlukan seperti dibersihkan terutama bagi dinamo yang sudah ada sertifikasi tahan percikan air sebaiknya di cuci dengan air untuk membersihkan.

Pengontrolan dinamo, fan belt maksimal 3 periode di ganti apalagi yang sudah retak perlu diganti karenaka akan mempengaruhi kecepatan angin dimana harganya juga cukup murah dibanding resikko akibat telat maintenance.

Blower Kandang Clouse House dan Semi CH

kipas kandang ayam semi clouse house

Ketika kandang sudah tertutup dan memakai blower maka yang berlaku untuk kandang itu adalah clouse house, tidak ada semi clouse house, upgrade dan lainnya. Dimana ventilasi, tempat pakan dan tempat minum yang membedakannya di setiap kandang.

Maka dari itu peternak harus merubah konsep kandang semi clouse house tidak perlu menggunakan dan memikirkan kipas atau blower yang standart sesuai populasi dan kebutuhan ayam, karena nantinya banyak yang kecepatannya kurang tercapai terutama di ayam dewasa akan menyebabkan penyakit cekrek sampai snot.

 

Leave a Reply