Jenis Tempat Pakan Ayam

Setelah sebelumnya kita membahas tentang tempat minum ayam, postingan kali ini akan membahas jenis tempat pakan ayam yang tidak kalah pentingnya dalam budidaya peternakan dan juga untuk referensi peternak dalam memulai usaha. Mengingat pakan menjadi salah satu faktor penting dalam usaha ini dan 70% lebih biasa produksi ada pada pakannya.

Tempat Pakan Ayam Otomatis

Tempat Pakan Ayam Feeder Pan

Tempat pakan ayam otomatis atau istilahnya feeder pan hanya dapat kita temukan di kandang ayam dengan model clouse house. Pada kandang ini memang didesain agar semuanya serba otomatis dan mengurangi tindakan manusia di dalam kandang untuk ke nyamanan ayam, Cara kerja tempat pakan otomatis ini yaitu:

  • Pakan akan di kumpulkan di sebuah wadah, yang dapat memuat hingga berkarung-karung pakan yang kemudian di distribusikan memalui pipa yang telah di desain seperti baut mur yang mendorong pakan dari awal sampai ke ujung dengan melewati wadah pakan yang memakai grills yang hanya seukuran dan dapat di masukkan kepala ayam yang memiliki keunggulan pakan menjadi tidak mudah tumpah dan tetap terjamin kebersihannya.

Wadah Pakan Ayam Manual

Ada beberapa wadah atau tempat pakan ayam manual yang disesuaikan berdasarkan umur ayam di antaranya yaitu:

  1. Nampan

    Tempat Pakan Ayam - Nampan
    Versi terhadulu dari sebuah tempat pakan untuk anakan ayam adalah nampan atau baki yang berbentuk seperti piringan dengan adanya pembatas di setiap sudutnya. Meskipun begitu nampan tidak untuk penggunaan dan diberi pakan yang banyak, hal ini dikarenakan nampan mudah sekali di masukin anak ayam dan masuk kotoran serta bercampur. Hal ini yang membuat peternak diharuskan memberikan sedikit-sedikit hingga 6-7 kali pada masa awal dengan menggunakan nampan ini.

  2. Babychick

    Babychick - tempat pakan ayam
    Versi terbaru dari wadah pakan versi umuran ayam masa awal brooding yaitu 1-10 hari adalah babychick. Berbentuk seperti ember kecil yang bisa di putar dan sebuah piringan kecil di bawah sebagai wadah pakannya. Babychick justru lebih banyak diminati dengan dengan efisiensi, kebersihan dan kemudahaan penggunaannya. Meskipun sedikit lebih mahal dari nampan tetapi babychick mampu mencukupi kebutuhan pakan ayam lebih  baik dari nampan. Pengunaan pada umur tua tidak di sarankan. Hal ini karena ketika umur ayam sudah mencapai 14 hari, ayam sudah bisa loncat dan naik ke atas wadah babychick yang kemudian membuat pakan kotor dan nantinya pakan tidak akan di makan oleh ayam itu sendiri.

  3. TRA 3 kg

    Versi 3 kg adalah versi yang digunakan setelah masa peralihan dari babychick dan bisa di pakai sampai akhir periode dengan menambahkan jumlahnya seiring bertambahnya usia dan jumlah konsumsi yang akan di makan oleh ayam. Pada pakan TRA 3 kg ini pakan di gantung dengan menggunakan tali dan di atur ketinggiannya yaitu setara dengan tembolok ayam agar tidak makan dengan nyaman, juga tidak ketinggian yang menyebabkan pakan tidak dapat dijangkau dan alhasil pakan tidak di makan oleh ayam.

  4. TRA 5 Kg

     

    Tempat pakan ayam 5 kg
    Dengan ukuran yang 5 Kg bisa membuat kita memberikan pakan 1 hari untuk sekali saja, dengan adanya ini akan menghemat tenaga dan juga tempat pakan. Yang perlu di perhatikan adalah kekuatan tali penggantung dan penyangga untuk tempat pakannya, usahakan untuk benar-benar kuat karena nantinya semua wadah pakan akan bertumbu pada penyangganya.

  5. Super Feeder

    Tempat Pakan Ayam Super Feeder
    Bentuk tempat pakan ayam terbaru adalah superfeeder yaitu bentuk dari tra yang di desain dengan grilss agar yang bisa masuk hanya kepala ayam saja. Hal ini cukup unik dan kreatif karena dengan begitu juga mengurangi tingkat perebutan pakan ketika sewaktu-waktu pakan habis dan ayam akan berebut pakan. Penempatannya sama seperti yang lain yaitu di gantung dengan tali dan diisi manual dimasukkan ke dalam wadah pakan.

Harga Tempat Pakan Ayam

Dengan merk yang berbeda tentu harga juga berbeda, ketika membeli dalam jumlah besar maka kita akan mendapatkan potongan harga, tetapi jika membeli satuan terutama online akan dikenakan ongkos kirim lebih. Adapun begitu berikut kami rangkum daftar harga tempat pakan ayam :

No. Tempat Pakan Harga Keterangan
1 Nampan 12.000-15.000
2 Babychick 12.000-15.000
3 TRA 3 KG 20.000-25.000
4 TRA 5 KG 30.000-35.000
5 Super Feeder 20.000-25.000
6 Feeder Pan 40.000-45.000

 

Leave a Reply