8 Perbedaan Ayam Broiler Jantan dan Betina

Pada ayam broiler sangat sedikit sekali hatchery atau penetasan yang memisahkan jenis kelamin pada ayam ini, perbedaan ayam broiler jantan dan betina tidak terlalu terlihat pada kecil, adapun perusahaan yang melakukan sexing jenis kelamin pada awal kedatangan itu adalah perusahaan Japfa.

Dimana mereka menjadi satu-satunya perusahaan yang melalukan pemisahan antara jantan dan betina, itupun tingkat akurasi pemisahan mereka tidak bisa 100% benar, Tetap masih ada saja biasanya yang tercampur. Dengan adanya sexing ini disambut baik oleh peternak kemitraan ayam broiler. Dimana ini memberikan kemudahan bagi peternak tanpa harus memilih lagi dan grading lagi ketika besar.

Kelebihan Dari Membedakan Ayam Broiler Jantan dan Betina

Perbedaan Ayam Broiler Jantan dan Betina

Adapun kelebihan ketika kita dapat membedakan dari ayam broiler jantan dan betina adalah:

  1. Bobot ayam lebih mudah di grading, karena bobot ayam betina cenderung lebih ringan dari jantan,
  2. Bakul atau pembeli tidak perlu membuat ayam stress dengan memilih dan mangacak-ngacak ayam untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan, karena bisa dengan mudah membedakan bobot.
  3. Lebih mudah dalam pengaturan ketinggian tempat pakan dan minum karena lebih seragam.
  4. Dapat estimasi bobot akhir berupa tonase dengan lebih mudah dan aktual.
  5. Pemberian pakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bobot aktual.

Walaupun biasanya jika tidak di sexing dari pabrikan peternak biasanya melakukan grading agar ayam broiler yang kecil bisa lebih baik perkembangannya dengan mendapatkan pakan dan minum yang tidak bersaing dengan ayam lain.

Dalam hal perebutan makanan, tentu ayam betina akan mengalami kekalahan ketika disatukan dengan ayam jantan. Meskipun ayam broiler termasuk jenis ayam yang jarang berkelahi di kandang.

Perbedaan Ayam Broiler Jantan dan Betina

Ayam Broiler Jantan

Terdapat beberapa ciri dan perbedaan yang sangat mencolok yang bisa dilihat dari sekilas melihatnya. Yang perbedaan ini bisa dilihat dari fisiknya seperti:

  1. Ayam jantan memiliki jengger dan pial yang lebih panjang.
  2. Ayam jantan memiliki postur dan bobot yang lebih berat, dimana ini akan mempengaruhi harga ayam broiler.
  3. Pada ayam betina bulu lebih cepat tumbuh dan sebaliknya pada ayam jantan bahkan ada yang ditemui masih belum tumbuh bulu.
  4. Bulu pada ekor pada ayam broiler jantan besar panjangnya akan mengalahkan ayam betina.
  5. Pertumbuhan bulu ayam broiler betina lebih merata di seluruh bagian tubuh.
  6. Kaki ayam jantan lebih panjang dibandingkan yang betina.

Perbedaan Ayam Broiler Jantan dan Betina Saat DOC

Pihak pabrikan biasanya bukan dengan tanpa ilmu untuk melakukan sexing pada anakan ayam jantan dan betina. Dimana hal yang paling mudah untuk bisa membedakan ayam broiler jantan dan betina dengan melihat perbedaan pada bentuk kelaminnya, karena kalau untuk melihat bentuk fisik disini masih belum terlalu jelas dan bisa dibedakan.

Perbedaan bentuk kelamin bisa ditemukan di sekitaran kloaka, pada jantan akan ditemukan benjolan seperti titik kecil, tanda ini bisa ditemukan di bawah kloaka dan biasanya pada beberapa ayam tanda ini berbeda-beda.

Ada yang berbentuk Lonjong atau bulat dan sebesar ujung jarum. Sedangkan pada betina tanda ini ditemukan dengan bentuk garis. Seiring bertumbuhnya anak ayam maka akan semakin terlihat bentuk kelamin ayam ini.

Perbedaan Pada Bulu Sayap DOC Ayam Jantan Dan Betina

Pada kandang ayam modern atau clouse house penentuan jantan dan betina penting karena untuk memacu pertumbuhan, seperti ayam jantan ayam broiler yang di tempatkan di depan dan betina di tempatkan di belakang akan lebih memacu pertumbuhan dari ayam broiler jantan.

Perbedaan DOC ayam jantan dan betina bisa diliat lagi juga dari ujung sayap ayam broiler, dimana pada ayam betina ujung sayapnya akan terlihat seperti pentolan pada alat pembersih telinga, sedangkan pada jantan ujung sayap akan terlihat runcing.

Pada anak ayam umur 2 hari, tanda ini sudah tidak terlalu dapat dilihat, dimana yang paling pas untuk menentukan dan mempraktikkannya ada di hari pertama.

Jadi perbedaan ayam broiler jantan dan betina bisa dibedakan dari fisik, jenis kelamin dan terakhir adalah melalui ujung sayapnya. Dimana ketika kita sudah berhasil melakukan grading berdasarkan perbedaan jantan dan betina ini akan memudahkan untuk memaksimalkan performance pada ayam.

Leave a Reply