3 Cara Membasmi Lalat Di Kandang Ayam

Lalat adalah sebuah hama bagi manusia karena kehadirannya sering kali tidak diinginkan disebabkan karena lalat sering menempel pada hal-hal yang kotor dan setelahnya menempel pula di makanan dan segala tempat kemudian bertelur. Di peternakan cara membasmi lalat di kandang ayam juga diperlukan penanganan khusus karena lalat nyatanya juga tidak baik untuk peternakan selain lalat buah tentunya yang bisa dijasikan maggot bsf.

Lalat sendiri ketika menghinggapi ke bangkai dan tempat kotor lain membawa bakteri dan penyakit yang kemudian menghinggap ke tempat lainnya yang berpotensi menjadi tempat bertelur dan penyebaran penyakit, baik di kandang juga di makanan manusia ataupun ternak.

cara membasmi lalat di kandang ayam

Efek Negatif Lalat Pada Peternakan

  1. Perpindahan penyakit lebih mudah.
  2. Menurunkan produktifitas dan bobot badan.
  3. Menyebarkan bakteri.
  4. Menjadi tempat sumber lalat dan bisa meresahkan warga sekitar.

Selain dari keempat di atas yang tidak baik untuk ternak kita, bagi masyarakat dampak buruknya kandang dan peternakan kita bisa didemo karena menurut mereka area peternakan kitalah yang menjadi sumber kembang biak lalat yang semakin banyak datang ke rumah warga sekitar.

Cara Membasmi Lalat Di Kandang Ayam

Menggunakan Obat Lalat

Obat lalat pabrikan masih menjadi salah satu yang paling manjur dalam membasmi lalat di sekitar kandang dan di dalam kandang. Adapun hal yang perlu di perhatikan adalah ketika menaruhnya di dalam kandang hendaknya ditaruh dari jangkauan ayam dan ternak.

Hal ini karena apabila terjatuh dan di makan ternak ini bisa berbahaya bagi kesehatannya. Biasanya diĀ  taruh di wadah dan di gantung di dinding kandang dan luar kadang. Obat lalat yang ada di pasaran juga biasanya berwarna merah dan berbentuk serbuk. Serbuk ini nantinya akan mengundang lalat itu sendiri mendekat dan berkumpul lalu ketika lalat menghinggapinya selang beberapa menit mereka akan mati.

Biasanya untuk kemitraan ayam mereka punya obat lalatnya sendiri. Sedangkan untuk yang non mitra atau ikut perusahaan bisa membeli di poultry dan online. Beberapa merk obat lalat seperti :

  • Agita
  • zhang pei zhen
  • Magnet Kill
  • Hunter
  • larvatox
  • Fly trap

Diantara beberapa obat lalat diatas yang paling mahal adalah agita, namun begitu agita sudah banyak di kenal dan lebih dulu mempromosikan produknya.

Desinfektan dan EM4

Menyemprot kandang stiap hari baik di sekitar kandang dan lingkungan kandang terbukti mengurangi tingkat pertumbuhan lalat dalam kandang. Cara kerjanya adalah dengan mematikan bakteri dan penyakit yang baru saja dihinggapi oleh lalat baik di tempat pakan, di alat-alat ternak dan lingkungan kandang.

Desinfektan dengan kandungan Deltamethrin bisa membunuh telur lalat agar tidak berkembang biak. Sedangkan em4 adalah bakteri baik yang bisa membantu menghilangkan bakteri jahat bawaan lalat.

Menjaga Kebersihan

Cuci kandang, pembuangan bangkai atau penguburan bangkai dan kotoran yang rajin di keruk bisa membantu menghentikan proses tumbuh kembang lalat. Terkhusus bangkai yang dengan lalat bisa menyebarkan penyakit dari ayam tersebut. Apabila ada virus yang menyerang sebaiknya ayam di bakar atau di pendam di dalam tanah.

Kotoran yang tidak dibersihkan menjadi sarang berkembang biaknya telur lalat. Ditambah buruknya drainase disekitar kandang membuat amoniak juga ikut naik. Pengerukan secara teratur seperti 4 hari sekali bisa menjaga udara tetap baik dan bibit telur tidak sampai menetas di media-media sekitar kandang.

Pencucian kandang baik tempat pakan, tempat minum dan lantai-lantai kandang juga sekat bisa membersihkan dari penyakit yang dibawa oleh hewan ini dan dari penyakit ternak sebelumnya.

Jenis Lalat Yang Sering Di Temukan Di Kandang

Jenis Lalat yang sering di kandang

Dari beberapa jenis dan banyaknya lalat hidup, ada beberapa jenis lalat yang dominan kita temukan disekitar peternakan, baik kandang sapi, kandang ayam petelur, kandang ayam broiler dan peternakan lain. Beberapa jenis lalat itu adalah :

  1. M. domestica
  2. C. megacephala
  3. H. illucens
  4. C. saffranea
  5. Lalat hijau

M. domestica adalah jenis lalat yang paling sering ditemukan di rumah-rumah, yang memiliki karakteristik seperti mata merah, badan coklat dan sayap tidak terlalu besar. Ada juga lalat hijau yang warna dominan hijau di tubuh dekat sayapnya.

Leave a Reply