6 Vitamin Ayam Broiler

Banyak makhluk hidup memerlukan vitamin pada tubuh mereka yang mencukupi kebutuhan nutrisi harian mereka. Baik vitamin yang bisa di produksi oleh tubuh ataupun vitamin yang bisa dicukupi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin yang dibutuhkan, tidak hanya manusia, vitamin ayam broiler juga di perlukan untuk nutrisi tambahan untuk menunjang pertumbuhan pada ayam.

Pada vitamin ayam petelur, penggunaannya lebih banyak dikarenakan masa produksi yang cukup lama dibandingkan dengan ayam broiler. Vitamin sendiri memiliki pengertian nutrisi tambahan selain dari nutrisi untuk pemenuhan hidup pokok yang dimana tubuh bisa kekurangan vitamin yang dibutuhkan karena tidak bisa di produksi pada tubuh atau karena dalam kondisi sakit.

Vitamin Ayam Broiler Agar Cepat Besar

Vitamin Pada Ayam Broiler Agar Cepat Besar

Vitamin tidak bisa terlalu berdampak bagi pertumbuhan daging, karena sifat dasar vitamin hanya sebagai tambahan dimana unsur lainnya  yang terpenting adalah protein untuk pertumbuhan daging serta performance dan manajemen yang utama untuk mengoptimalkan potensi genetik dari ayam broiler ini.

Vitamin ayam broiler bisa digunakan untuk membantu mengoptimalkan serta menjaga kesehatan ditambah dengan manajemen yang baik hingga pertumbuhan menjadi optimal. Karena Sifatnya untuk pemenuhan kebutuhan vitamin maka tidak akan berhubungan kepada proses pembesaran ayam broiler, karena tidak ada vitamin yang berfungsi untuk mempercepat ayam untuk cepat besar.

Suplemen Atau Premix

Jawaban dari vitamin ayam broiler agar cepat besar adalah dengan penambahan suplemen atau premix dan bukan vitamin. Hal ini yang masih banyak salah paham dalam memaknai apa itu vitamin dan suplemen pada peternak. Dimana premix sendiri memiliki pengertian yaitu penambahan pada pakan yang biasanya suplemen yang punya kandungan vitamin, asam lemak. mineral serta kandungan lainnya.

Dimana pada premix kandungannya lebih kompleks dan biasanya penggunaannya dicampur dengan bahan pakan. Dimana ini bisa mencukupi kebutuhan nutrisi yang kurang lainnya. Banyak di pasaran yang di jual dengan slogan pemacu pertumbuhan, seperti masamix, mensana dan banyak merk lainnya.

Tujuan dari utama pemberian ini peternak mengingkan ayam broilernya cepat besar terutama saat harga ayam broiler sedang bagus untuk mendapatkan Efisiensi pakan yang baik dan keuntungan yang lebih banyak.

Daftar Vitamin Ayam Broiler dan Fungsinya

Vitamin A

Sama seperti manusia vitamin A pada ayam memiliki fungsi untuk menjaga penglihatan pada ayam broiler hingga membantu proses jaringan epitel, jaringan epitel sendiri adalah jaringan yang ada di makhluk hidup selain jaringan otot, syaraf dan ikat.

Vitamin jenis ini adalah vitamin yang larut dalam lemak, dimana memiliki pengertian ketika penggunaannya atau kebutuhannya sudah tercukupi maka vitamin ini akan di simpan di dalam tubuh. Meskipun bisa disimpan jika kekurangan dan tidak ada asupan yang diberikan juga bisa berdampak negatif pada tubuh ayam.

Vitamin B Complex

Vitamin ayam broiler beriktnya adalah Vitamin B complex contohnya, vitamin ini pemakaiannya lebih sering di injeksi ke ayam, dimana penyerapannya akan lebih cepat serta efeknya akan lebih terasa. Peternak biasanya memberikan vitamin b complex ini ketika ayam mulai lemas, terjadi penyakit.  B Complex sendiri memiliki kandungan Vitamin B1, B2, B6, Nicotinamide dan D-panthenol, dimana ini juga bisa diberikan untuk ternak lainnya seperti ruminansia kecil, ruminansia besar, dan ayam.

Fungsi Vitamin B Complex sendiri berperan dalam metabolisme yaitu membantu proses tubuh untuk mengubah pakan menjadi nutrisi seperti protein, dan nutrisi lainnya.

Vitamin C

Vitamin Ayam Broiler

Penambahan vitamin C sebagai vitamin ayam broiler pada ayam sering digunakan untuk mengurangi stress akibat panas lingkungan yang berlebih, hingga memiliki fungsi antioksidan. Bersama dengan vitamin b complex vitamin ini adalah vitamin jenis yang larut dalam air, sehingga jika penggunaannya berlebihan maka akan di buang bersama kotoran yang keluar.

Vitamin D

Vitamin D tidak hanya bermanfaat untuk tulang tetapi juga untuk menjaga rasio kandungan fosfor dan kalsium dalam darah. Pada ayam broiler vitamin d dibutuhkan untuk cakar, paruh dan juga tulang dan kerangka tubuh ayam.

Vitamin E

Vitamin Ayam Broiler

Vitamin E bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kelahiran hidup pada ayam parent dan sebagai antioksidan.

Vitamin K

Lebih ke darah, vitamin ini bekerja banyak untuk darah mulai dari membatu proses pembekuan darah dan juga pembentukan protrombin.

Vitamin Ayam Pedaging Yang Paling Bagus

Vitamin ayam pedaging yang paling bagus adalah produk yang mengandung seluruh vitamin yang di butuhkan tubuh dan yang bisa mencukupi kebutuhan hariannya sehingga vitamin akan bekerja optimal sesuai fungsi untk membantu mendukung performance ayam dan menjaga kesehatannya.

Vitamin ayam broiler yang diberikan secara berlebih juga bisa menjadi racun bagi tubuh ayam hinga efek buruk yang di dapatkan ayam, hingga kotoran berubah warna juga menjadi petunjuk bahwa vitamin diberikan lebih dari dosis harian yang menyebabkan kinerja ginjal menjadi berlebih dan bahkan alas pada kandang akan menjadi lebih cepat basah yang lebih cepat menimbulkan amoniak.

Leave a Reply