5 Vitamin Ayam Petelur

Vitamin ayam petelur adalah nutrisi tambahan yang di berikan kepada ayam dalam jumlah kecil untuk berbagai macam fungsi, kegunaan dan manfaatnya yang umumnya pemberian vitamin pada ayam adalah vitamin-vitamin yang tidak dapat disintesis oleh tubuh ayam itu sendiri atau tubuh ayam lagi dalam kondisi lemah dan sakit sehingga membuat kita memberikan suplay dari luar tubuh.

Vitamin Agar Ayam Cepat Bertelur

Vitamin Ayam Petelur

Vitamin yang dibutuhkan ayam petelur juga bermacam-macam diantaranya adalah : Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Thiamin, Riboflavin, Niasin, Asam pantotenat, Piridoksin, Biotin, Asam folat, Kobalamin, Kolin, Mangan, Seng, Besi, Tembaga, Yodium, Selenium.

Beberapa kandungan diatas merupakan vitamin dan tambahan mineral yang dibutuhkan untuk ayam petelur. Suplemen yang baik bisa menggantikan berbagai macam kekurangan kandungan bahan baku dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan ayam petelur untuk berproduksi dan menghasilkan telur.

KandunganMasa pertumbuhanMasa bertelur
Vitamin A, IU10,000,0008,000,000
Vitamin D2 IU3,300,0003,300,000
Vitamin E, g2520
Vitamin K (menadione), g3,52,5
Thiamin (B,), g2,22,5
Riboflavin (B2), g6,65,5
Niasin g4030
Asam pantotenat (B,), g108
Piridoksin g4,54
Biotin (B2), mg10075
Asam folat (B,), g10,9
Kobalamin (B1,), mg2323
Kolin², g110110
Mangan³, g9090
Seng8, g8580
Besi³, g3040
Tembaga³, g158
Yodium, g1,51,2
Selenium³, g0,250,22

Tabel kebutuhan vitamin ayam petelur dan mineral dalam 1000kg pakan lengkap.

Vitamin ayam petelur agar ayam cepat bertelur ini hanyalalah faktor pendukung disamping dari pakan dan manajemen dalam pemeliharaan yang baik guna mendukung cepatnya ayam bertelur yang dimana standart dari rata-rata ayam mulai bertelur adalah di 18-19 minggu awal.

Vitamin C Untuk Ayam Petelur

Vitamin Ayam Petelur

Normalnya tubuh ayam dapat memproduksi vitamin c dengan sendirinya, bagi tubuh vitamin C adalah vitamin yang dianggap tidak terlalu penting, tetapi saat-saat kondisi tertentu vitamin c dibutuhkan untuk ayam. Contoh kondisi itu adalah saat panas yang bisa menyebabkan stress pada ayam dan cuaca dilingkungan sedang panas ekstrim.

Dengan memberikan dosis 100-200 mg/kg pakan komplit ayam petelur selama produksi ini bisa megatasi heat stress pada tubuh ayam yang menjadi efek penting dan menguntungkan. Mungkin kita ada yang bertanya, jika vitamin c bisa diproduksi tubuh, kenapa kita harus menambahkan vitamin C?

Alasan yang pertama adalah saat panas kemampuan tubuh untuk mensintesis vitamin c menurun dan berkurang, sehingga kebutuhan saat cuaca panas yang semula bisa di produksi tubuh menjadi berkurang dan harus diberikan dari luar. Telah terbukti juga dengan pemberian vitamin C bisa meningkatkan sintesis protein di dalam tubuh, sementara katabolisme protein yang banyak menghasilkan panas justru dikurangi, efek baiknya ayam akan merasa lebih nyaman (tidak dalam kondisi tercekam) saat kondisi sedang panas.

Vitamin E Selenium Untuk Ayam Petelur

Vitamin E Selenium Untuk Ayam Petelur

Vitamin atam petelur lainnya adalah Vitamin E dan selenium yang merupakan 2 nutrisi yang berbeda, dengan kedua nutrisi ini tidak dapat di sintesis oleh tubuh ayam dimana nutrisi ini didapatkan dari makanan yang dimakan oleh ternak dan vitamin yang kita berikan itu sendiri.

Kedua nutrisi ini berhubungan dengan fungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit yang menyerang. Biasanya juga vitamin e selenium untuk ayam petelur di berikan saat setelah selesai melakukan vaksinasi, dimana ini berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, meningatkan kekebalan.

Pada produk kesehatan ayam yang dijual di pasaran biasanya vit E + selenium di jual di satu wadah yang telah di gabung menjadi satu. Hal ini disebabkan karena gabungan dari selenium dan vit e bisa memberikan kekebalan yang lebih baik dari pada dijual terpisah.

Vitamin Ayam Petelur Terbaik

Selain dari beberapa vitamin yang telah disebutkan di atas adapula beberapa yang belum di sebutkan seperti Vitamin A, Vitamin D, dan Vitamin K. Dimana hampir sama dengan manusia beberapa vitamin juga memiliki fungsi yang sama untuk unggas, seperti vitamin A yang baik untuk mata unggas, vitamin K yang berguna untuk pembentukan dan pembekuan darah.

Memperbaiki Kerabang Telur Yang Tipis

Vitamin D membantu proses penyerapan kalsium dan posfor pada ayam yang dimana ini membantu proses pembentukan tulang hingga kerang telur, beberapa penyebeb kerabang telur yang tidak keras hingga tipis adalah kurangnya asupan kalsium yang di dapatkan tentu saja dalam hal ini kita kesampingkan terlebih dahulu penyakit yg bisa juga menjadi penyebab lainnya.

Sumber Vitamin Ayam Petelur

Tepung Ikan Vitamin Ayam Petelur

Vitamin atau sumber nutrisi lainnya bisa didapatkan melalui makanan tetapi kini seiiring perkembangan zaman, vitamin unggas tersedia dalam bentuk yang siap diminum hingga memudahkan tubuh untuk langsung mencernanya.

Sedangkan sumber lainnya seperti kalsium dan posfor bisa di dapatkan dari tambahan pakan atau suplemen seperti tepung tulang, tepung batu, tepung kulit kerang dan pakan lainnya yang kaya akan kandungan kalsium.

Tentunya vitamin ayam petelur dibutuhkan untuk menjaga kestabilan telur terutama saat harga telur sedang naik seperti saat ini.

 

Leave a Reply