Pengertian Amonia Dan Bahayanya Bagi Peternakan

Peternakan rakyat belakangan ini mulai mencari solusi bagaimana cara mengatasi kadar amonia atau amoniak dalam kandang agar tidak menggangu kesehatan ternaknya. Bagi peternak yang masih awan tentang pengertian amonia dan bahayanya bagi peternak, kami akan membahasnya untuk menambah wawasan dan memperbaiki performance di kandang.

Pengertian Amonia Dan Bahayanya Bagi Peternakan

Pengertian Amonia

Amonia atau amoniak adalah sanyawa yang kimia dengan rumus kimianya (NH3), dalam bahasa sederhananya untuk peternak adalah sebuah zat atau senyawa yang di hasilkan dari kotoran baik ayam, puyuh dan ternak lainnya yang dimana dalam peternakan skala besar, amoniak berkumpul dengan cepat dikarenakan buruknya sirkulasi serta mengumpulnya dalam jumah besar tidak bisa keluar dan menjadi berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti snot, crd dan melemahkan antibodi tubuh sehingga penyakit lain mudah masuk.

Bahaya Amonia Terhadap Ternak

Indera dalam ternak yang pertama kali diserang adalah hidung karena pertama kali terhirup dalam jumlah dan kadar yang besar yang tidak dapat di tolerir oleh tubuh ternak maka fili-fili dalam hidung ternak akan rusak dan menyebabkan mudahnya masuk penyakit seperti CRD yang pertama kali menyerang.

Apabila kualitas amonia masih tinggi dan CRD tidak kunjung sembuh, maka selanjutnya akan terjadi yang namanya snot. Snot adalah penyakit pada ayam yang menyebabkan mata menjadi bengkak hiingga sampai tertutup, lama-kelamaan ayam akan menjadi kurus dan mati karena tidak bisa makan dan minum.

Seringkali CRD juga membawa penyakit lain bersama masuknnya ke dalam tubuh ayam, seperti Colli, ataupun yag lebih parah adalah virus gumboro. Karena ketika penyakit satu masuk dan tidak segera tertangani maka daya tahan tubuh lemah dan mudahnya penyakit lain masuk.

Bahaya Lain yaitu perkembangan bobot badan ayam tidak maksimal karena ayam tidak nyaman saat makan dan minum terlebih ketika penyakit datang, maka energi dan sumber protein di pakan akan dibagi menjadi dua yaitu untuk pertumbuhan dan yang lainnya daya tahan tubuh.

Cara Mengatasi Amoniak Pada Peternakan

Buang Kotoran Rutin

Hal yang paling penting dari sebuah masalah adalah membuangnya yaitu ketika kotoran ayam sudah banyak termasuk di kandang postal, open ataupun clouse. Baiknya kotorannya dibersihkan secara rutin seminggu 2-3 kali. Terutama di kandang ayam kita bisa jongkok sehingga tau bagaimana kadar amoniak dalam kandang sama seperti yang dirasakan ayam. Dikasus yang parah ketika kita memasuki kandang dan jongkok mata kita juga merasakan efeknya.

Menggunakan EM-4

Probiotik nyatanya membantu mengurangi baik bau ataupun tingkat amoniak dari kotoran, sebaiknya em-4 di minumkan pada ternak dan sisanya bisa di lakukan penyemprotan pada sekeliling kandang.

Mengurangi Kelembapan

Jangan biarkan kotoran menjadi basah, baik oleh air hujan ataupun air minum karena kotoran yang basah menjadi penyebab amoniak semakin tinggi, baiknya usahakan agar air hujan tidak sampai pada kotoran dan di buat parit kecil jika kandang open panggung, dan pastikan minum ayam tidak tumpah, baik saat pergantian ataupun saat ayam minum.

Tidak Memberi Vitamin Berlebihan

Vitamin yang diberikan tidak sesuai dengan dosisnya akan terbuang dan menumpuk di kotoran yang memperparah amonia.

Demikian artikel Pengertian Amonia Dan Bahayanya Bagi Peternakan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply