5 Cara Mudah Ternak Ayam Potong

Dalam budidaya atau beternak, hal yang paling mendasar yang perlu di persiapkan adalah pengetahuan tentang, manajemen, kandang, pakan, penyakit dan obat-obatan yang kesemuanya dirangkum dalam 5 cara mudah ternak ayam potong. Ayam potong adalah ternak yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia mengalahkan sapi, puyuh, ayam kampung, ayam pejantan dan unggas lainnya. Oleh sebab itu meskipun budidaya ayam kampung sudah banyak yang menggelutinya tetapi beternak ayam ini masih cukup menggiurkan. Terbukti pemerintah masih membuka kran import untuk produk ini dari luar negeri guna untuk mencukupi dan menstabilkan harga dalam negeri.

Ayam potong atau dikenal juga dengan ayam broiler adalah sebuah ayam yang telah mengalami perbaiki genetik terus-menerus dimana melalui perkawinan dengan ayam broiler yang unggul. Sehingga di dapatkan pencapaian bobot badan yang cepat dengan waktu lebih kurang 21 hari sudah mencapai 900-1.000 gram tanpa adanya suntik hormon, karena suntik hormon sangat mahal. Dimana perkembangan ini tidak bisa dicapai oleh unggas manapun, sehingga broiler di pandang sebagai ternak yang dapat memenuhi kebutuhan protein hewani dengan cepat.

Manejemen Ternak Ayam Potong

Untuk awal yang paling penting adalah masa anakan yang dimana kami telah membuat artikel khususnya yaitu 4 cara merawat anak ayam yang membahas detail tentang kenapa manajemen pada anak ayam begitu penting dan harus dioptimalkan. Terlepas dari itu, manajemen pada ayam dewasa juga tidak kalah penting untuk menjaga dan mempertahankan performance sampai akhir panen.

Kepadatan

Ternak Ayam Potong

Pelebaran pada ayam besar sangat dibutuhkan, hal ini berkaitan dengan tingkat stress pada ayam. Dimana ayam yang tingkat kepadatannya tinggi akan kesulitan dalam mengambil pakan dan minum, hal lainnya juga yaitu jumlah oksigen menjadi terbatas dan tingkat panas di sekitar kandang menjadi tinggi karena berdekatan dan metabolisme ayam terus terjadi. Hal ini menyebabkan ayam panting atau mengap-mengap, ketika cuaca semakin panas dan sirkulasi menjadi tidak baik dikarenakan kepadatan dalam kandang, ayam akan mulai merenggangkan sayap dan mencoba menyalurkan panas tubuh lewat media terdekat seperti lantai. Dimana hal ini jika tidak bisa mengurangi panas dalam tubuh ayam juga akan mengeluarkan suara seperti ngorok yang rawan akan heat stress.

Meskipun begitu kita tidak bisa lngsung memindahkan ayam dalam jumlah banyak terutama di siang hari, dikarenakan itu sama saja membuat ayam stress dan rawan mati. Hal lain yang bisa di atasi atasi mengurangi kadar amoniak dalam kandang, menambahkan kipas dan memberikan vitamin c pada pagi harinya.

Sanitasi dan Desinfeksi

Desinfeksi Kandang Ayam

Kebersihan kandang dan penyemprotan kandang dengan desinfektan secara kontiniu membantu kandang terhindar dari penyakit serius seperti virus dan bakteri. Penyemprotan di lakukan di sekitar kanang dan juga termasuk di peralatan kandang. Pembersihan lingkungan kandang, pengerukan kotoran dan pembuatan parit disekitar kandang menjadi salah satu cara ternak ayam potong walaupun dalam skala rumahan, Hal ini karena kotoran ayam akan mendatangkan lalat disekitaran peternakan dan warga akan protes dengan baunya juga.

Jika ingin usaha peternakan berlangsung lama, sebaiknya kita menjalin kerjasama yang baik dengan warga sekitar lingkungan dan jika populasi besar sebaiknya sebelum mendirikan kandang meminta pendapat dan persetujuan dari masyarakat sekitar. Alangkah lebih baik lagi jika usaha peternakan jauh dari pemukiman warga.

Kandang Ayam Potong

Kandang Ternak Ayam Potong

Tidak seperti kandang ayam lainnya yang bisa di umbar. Ayam potong adalah hewan yang sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan seperti suhu dan cuaca dengan tingkatan stress yang lebih tinggi. Oleh sebab itu kandang yang dapat di terapkan pada kandang ayam broiler sudah tentu adalah yang tertutup dan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Meskipun memelihara dalam jumlah ratusan ekora misalnya. Ayam potong yang dipelihara di kandang umbaran akan menjadi seperti ayam kampung, dikarenakan cuaca yang dingin membuat ayam potong mengalihkan protein dan pakan yang di makan menjadi bulu. Sedangkan jika suhu optimal pada ayam dan ayam tidak kedinginan maka protein pada pakan akan dirubah menjadi daging.

Beberapa kandang yang baik untuk budidaya adalah :

  • Kandang clouse house (dalam jumlah populasi besar dan dana besar)
  • Kandang postal tingkat
  • Kandang panggung.

Jika di sekitar kandang memiliki cuaca yang panas, kandang panggung adalah solusi untuk pemeliharaan ayam potong, dikarenakan kandang panggung membuat sirkulasi angin masuk lebih baik dan mengurangi heatstress. Sedangkan pada suhu dingin kadang yang tepat adalah postal, ini demi untuk mengurangi hawa dingin yang masuk.

Menghitung Populasi Atau Lebar dan Panjang Kandang Ayam

Jika populasi kecil dapat di kurangi ukuran panjang dan lebar kandang. Sejatinya dalam mengukur kapasitas kandang dapat di ukur dengan

Jumlah Populasi yang diinginkan x Ukuran bobot panen ayam : 14m  : Lebar atau panjang kandang.

contohnya, ingin memelihara populasi 1.600 ekor, maka 1.600 ekor di bagi 14m x panen bobot 2 kg/ panjang kandang 8 meter di dapat lebar kandang adalah 4,5. Jadi untuk memelihara ayam 1.000 ekor dengan bobot panen 2 kg di butuhkan kandang dengan panjang 28,5 meter dan lebar 8 meter.

Atau bisa juga dengan :

Populasi yang diinginkan/7 m/lebar atau panjang kandang.

Jiks diketahui panjang dan lebar kandang x 7 m = populasi kandang.

Pakan Ayam Potong

Pakan ayam terbaik adalah pakan ayam pabrikan, sebagaimana yang telah kami jelaskan di pakan ayam pedaging terbaik yang mereview beberapa pabrik pakan dan jenis pakan. Meskipun begitu kami akan membahasnya sekilas disini, walaupun ada pakan alternatif tetapi ini tidak bisa diberikan secara 100% dan tidak cocok untk diberikan pada ayam kecil karena akan menganggu pertumbuhan ayam ini. Pakan alternatif seperti jagung pada mandirian atau kapasitas kecil sebaiknya diberikan pada akhir mau panen tetapi dengan perbanding cukup 15-25% dari kebutuhan pakan hariannya dan sebaiknya diberikan maksimal tiga hari saja.

Karena jika diberikan dalam jumlah besar malah akan membuang uang anda, dikarenakan pertumbuhan daging hariannya tidak sebanding dengan jumlah pakan yang diberikan. Hal ini dikarenakan ayam potong membutuhkan protein, karbohidrat dan beberapa penyusun lainnya yang hanya bisa dicukupi oleh pakan pabrikan. Kita memang bisa memberikan pakan alternatif lain punya kita sendiri dan apabila ingin meracik sendiri tetapi itupun kita harus tau anlisa proksimatnya yaitu beberapa bahan pakan yang diuji di laboratorium untuk mendapatkan kadar protein, kalsium dan lainnya.

Penyakit dan Obat-obatan

Penyakit e-colli pada ayam

Penyakit dan obat-obatan menjadi hal terakhir, hal ini dikarenakan jika kita telah melakukan manajemen yang baik seperti sanitasi dan desinfeksi juga pertumbuhan ayam baik sesuai standart bobot ayam broiler bahkan lebih tinggi dan menjaga sirkulasi dan kenyamanan ayam di kandang, penyakit akan minim sekali kita dapati.

Beberapa daerah yang sbelumnya telah rawan virus sebaiknya dilakukan pencegahan dengan melakukan vaksinasi. Beberapa penyakit yang sering menyerang ayam potong antara lain adalah : E-colli, CRD, pullorum, Snot, Koksi. Yang dimana penyebabnya adalah buruknya manajemen kandang dan serta air yang tidak diberi kaporit. Sementara koksi adalah penyakit yang viral beberapa hari belakangan ini dikarenakan hilangnya agp pada pakan, hal ini bisa di atasi dengan memberikan obat pada ususnya yang dapat di temukan di poutry shop terdekat.

 

 

Leave a Reply