Paranet Untuk Kandang Ayam

Paranet umumnya dapat kita temukan pada pertanian dimana ini digunakan untuk menaungi tanaman-tanaman para petani dari sinar cahaya matahari agar tidak langsung mengenai tanaman, hingga berfungsi untuk menghindarkan tanaman dari intensitas cahaya matahari yang berlebih. Dewasa kini paranet banyak dimanfaatkan tidak hanya untuk pertanian, tetapi juga ke bunga, bahkan manusia memakainya untuk mengurangi panas disekitar rumah dan juga dimanfaatkan di dunia peternakan seperti paranet untuk kandang ayam.

Paranet sendiri yang paling banyak di temukan di lapangan adalah paranet yang terbuat dari plastik dengan kerapatan 40% sampai 90% dijual sesuai dengan kebutuhan para peternak dan petani. Dimana jika kita ingin mendapatkan hasil dimana cahaya matahari yang masuk lebih sedikit maka kita hanya perlu membeli paranet dengan tingkat kerapatan yang tinggi yaitu 90%, hal ini juga yang mempengaruhi nilai jual dari paranet, dimana semkin tinggi kerapatan maka akan semakin mahal harganya.

Paranet Untuk Kandang Ayam

Paranet untuk kandang ternak unggas sebenarnya bisa berguna tidak hanya ayam tetapi juga bebek, itik, puyuh dan ternak lainnya.

Paranet Untuk Kandang Ayam Broiler

Pada kandang ayam broiler, paranet menjadi salah satu alternatif yang dikenal dengan banyak menfaat dan fungsinya. Iklim indonesia yang tropis dan ayam yang termasuk kedalam hewan yang membutuhkan udara dingin pada ayam besarnya membuat paranet sebagai salah satu opsi untuk mengatasi masalah akibat cuaca panas.

Paranet Untuk Kandang Ayam Petelur

Paranet Untuk Kandang Ayam Petelur

Untuk ayam petelur yang dimana lokasinya tidak banyak pepohonan ataupun berada di tempat yang terbuka, disarankan untuk menggunakan paranet, penurunan produksi telur bisa terjadi karena efek panas yang tidak lagi bisa di tolerir oleh tubuh ayam. Penurunan produksi apalagi saat harga telur turun menjadi sebuah kerugian yang besar yang akan dialami peternak.

Kandang ayam petelur yang lebih cenderung terbuka mangundang lebih banyak binatang untuk masuk, seperti nyamuk dimalam hari dan beberapa hewan penggangu lainnya. Penggunaan paranet bisa menjaga kenyamanan ayam petelur terutama saat malam hari dan bisa membuat cahaya lampu lebih terfokus pada dalam kandang.

Fungsi Paranet Untuk Kandang Ayam

Paranet Untuk Kandang Ayam

Paranet pada dunia peternakan dan pada pertanian umumnya memiliki fungsi yang sama seperti:

Mengurangi Panas dan Menyerap Panas di Dalam Kandang

Efek panas yang langsung masuk bisa menyebabkan heat stress, beragam cara bisa kita lakukan untuk mengurangi panas seperti dengan menggunakan pengembunan air sekitar kandang, memakai kipas atau blower, menggunakan atap galvalum, melebarkan kepadatan dalam kandang, hingga menggunakan paranet untuk kandang ayam.

Mengurangi Intensitas Cahaya Matahari

Cahaya matahari yang masuk ke dalam kandang mempunyai efek yang kurang baik untuk ayam, dimana hal ini jika tidak diatasi bisa terjadi kepadatan semu, alias area yang terkena matahari di hindari oleh ayam dan yang tidak terkena menjadi tempat berkumpulnya ayam hingga terlihat padat. Hal ini biasanya terjadi pada kandang ayam yang dibangun tidak mengikuti arah matahari terbit dan terbenam. Penggunaan paranet untuk kandang terbukti efektif untuk mengatasi kepadatan semu ini.

Membantu Mengurangi Kecepatan Angin

Angin memang baik untuk membuang amoniak dalam kandang dan menggantikan udara yang lama dengan yang baru, dimana angin membawa oksigen dan oksigen berperan penting untuk pertumbuhan ayam. Tetapi angin yang berlebihan masuk ke dalam kandang, dimana angin yang terlalu besar jika langsung terkena ayam tidak baik.

Membantu Mengurangi Masuknya Air Hujan

Air hujan yang sejatinya membawa banyak manfaat seperti menurunkan suhu dan disukai oleh ayam besar seringkali peternak tidak siap akan datangnya hujan, hal ini ditandai dengan drainase yang kurang di perbaiki hingga menggenang dan terutama atap yang pendek di kedua belah sisi menyebabkan air hujan langsung terkena ke ayam hingga menyebabkan ayam kedinginan dan stress.

Jika memakai litter maka ini pasti akan meningkatkan kelembapan dan amonia akan langsung naik, hingga menyebabkan banyak penyakit datang pada ayam.

Menyaring Debu

Pada cooling pad, paranet untuk kandang berfungsi untuk menyerap serta menyaring debu yang masuk sebelum mencapai cell deck dimana ini bisa merusak cell deck seperti yang telah di jelaskan di artikel sebelumnya mengenai Cooling Pad Kandang Ayam.

Dimanfaatkan Sebagai Jaring Lantai

paranet jaring lantai kandang

Dengan kerapatan yang lebih rendah paranet bisa di jadikan jaring kandang dimana ini bermanfaat untuk menjaga kaki ayam tidak masuk ke sela-sela antara bambu yang dibuat terlalu lebar. Beberapa kasus akibat sela lantai kandang terlalu lebar bisa menyebabkan ayam pincang dan tidak bisa berjalan hingga malas untuk makan dan minum hingga berujung ke kematian.

 

 

 

Leave a Reply