Vaksin Ayam Petelur Dan Jadwal Vaksin

Berbagai macam penyakit pada ayam petelur terutama yang disebabkan oleh virus yang bahkan belum memiliki obat saat ini, hanya bisa diatasi dengan Vaksin Ayam Petelur dan dengan jadwal vaksin ayam petelur yang benar, bio security yang baik serta tentunya yang utama doa memohon perlindungan dan semoga farm kita dijauhkan dari penyakit oleh Allah subhanahu wa ta’la.

Vaksin sendiri yaitu virus yang dilemahkan yang sengaja di masukkan ke dalam tubuh makhluk hidup yang tujuannya dimana agar tubuh bisa dengan mudah menyerang dan mendapatkan kekebalan atas penyakit yang disuntikkan dimana dengan memasukkan virus membutuhkan antibodi penerima yang baik, oleh karena itu kondisi ayam haruslah sehat terlebih dahulu.

Rekomendasi Vaksin Ayam Petelur

Vaksin Ayam Petelur

Ada beberapa rekomendasi vaksin ayam petelur yang harus di pakai, tetapi ada beberapa tambahan lain yang dimana ini menyesuaikan dengan lokasi atau lingkungan dimana kandang berada, dan histori penyakit sebelumnya. Berikut beberapa vaksin untuk ayam petelur secara umum:

  • Penyakit Newcastle Disease
  • IB atau Infectious Bronchitis
  • IBD atau Gumboro.
  • Cacar Unggas.
  • Virus avian encephalomyelitis atau AE.

Jika di beberapa daerah atau di daerah peternak sekitarnya ada penyakit lain yang menyerang selain dari yang disebutkan di atas yang penyebabnya dalam hal ini adalah virus maka penambahan dan pemberian vaksin untuk penyakit itu dapat di tambahkan dan sifatnya diutamakan karena untuk memperkuat antobodi tubuh dan melawan penyakit tersebut.

Sebelum Melakukan Vaksin Ayam Petelur

Vaksin Ayam Petelur suntik

Ada beberapa syarat sebelum peternak melakukan proses vaksinasi ternaknya, hal ini bertujuan agar vaksin optimal dan peternak mendapatkan manfaatnya bukan malah menjadi bumerang yang menghancurkan produksi. Beberapa syarat sebelum melakukan vaksinasi antara lain :

Sehat

Ayam yang akan di vaksin dalam satu kandang haruslah sehat terlebih dahulu, karena ayam yang sakit antibodi dalam tubuhnya tidak lagi bekerja optimal untuk menghalangi dan mematikan penyakit yang baru datang, itulah mengapa ketika ayam sudah mulai sakit biasanya jika tidak segera ditangani akan bertambah parah.

Masuknya virus yang dilemahkan ketika badan ayam lagi sakit bisa menjadi bumerang bagi peternak yang akan semakin menyebabkan antibodi tidak lagi bisa mempertahankan dari gangguan luar dan virus yang dilemahkan tadi menjadi ganas dan berkembang di tubuh ayam.

Tanggal Kadaluarsa

Perhatikan tanggal kadaluarsa label yang tertera di luar vaksin, hal ini disebabkan vaksin yang telah kadaluarsa penyakit di dalamnya tidak lagi lemah melainkan telah mati dan jika diberikan kepada ayam tidak akan berdampak apapun dan tidak juga mendapatkan kekebalan.

Penyimpanan Vaksin

Perhatikan selalu penyimpanan vaksin, baik suhu yang disarankan sesuai dengan label yang ada dan penyimpanan itu sediri disetel di suhu yang optimal.

Metode Cara Vaksin Ayam Petelur

Vaksin yang diedarkan di peternak terdiri dari berbagai macam bentuk, dengan bentuk yang berbeda ini pengaplikasiannya juga berbeda. Adapun beberapa bentuk vaksin antara lain:

Vaksin Ayam Petelur Spray

Vaksin jenis spray biasanya paling banyak di gunakan oleh pabrik yang memproduksi anak ayam atau DOC, vaksin spray selain memiliki kelebihan dalam waktu yang cepat dalam pengerjaanya vaksin jenis ini juga memiliki kelemahan seperti adanya anak ayam yang tidak tepat mendapatkan dosisnya, tetapi jika spray di double pemakaiannya hal ini bisa diatasi.

Cara vaksin dengan menggunakan spray bisa menimbulkan efek samping bagi ternak. Pada ayam yang usianya di atas 3 minggu ke atas spray yang digunakan adalah spray yang kasar atau bahasa inggrisnya adalah spray coarse.

Vaksin Ayam Petelur Suntik dan Tetes

Vaksin Ayam Petelur tetes

Vaksin yang disuntik menggunakan alat suntik yang bernama socorex ini haruslah dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman atau biasa disebut vaksinator. Hal ini bisa berbahaya jika pada orang ayam. Vaksin yang harusnya di suntikkan di sub utan bisa terkena bagian tulang atau kedalaman ketika menyuntikkannya dimana jika dibagian kepala. bisa menyebabkan kepala tidak bisa lurus dan bahkan kematian.

Metode cara vaksin melalui suntik dan tetes ini sangat efesien, efektik dan mudah dilakukan.

Vaksin Air Minum Ayam Petelur

Menggunakan air minun yang perlu di perhatikan adalah kadar air yang dipakai harus bersih baik dari zat besi ataupun zat berbahaya lainnya, terkadang peternak mencapurkan susu skim untuk menetralkan ph agar vaksin yang di berikan efektif dan tidak mati terlebih dahulu sehingga menjadi gagal vaksin.

Pada ayam petelur sebaiknya vaksin dengan air minum di lakukan saat ayam menginjak umur 4 minggu ke atas agar hasil yang di dapatkan  bisa optimal, selain air yang digunakan harus bersih dari zat berbahaya juga harus steril dari senyawa desinfektan kandang yang bisa membunuh bakteri dan penyakit, seperti clorin contohnya.

Cara vaksin ayam petelur dengan air minum adalah dengan sistem dipuasakan terlebih dahulu lebih kurang 2 jam sebelum vaksin diberikan, dan dalam waktu 2 jam berikutnya maksimal itu harus habis dikonsumsi.

Jadwal Vaksin Ayam Petelur

Berikut adalah daftar jadwal vaksin ayam petelur

UMUR (HARI)VAKSIN YANG DIBERIKANDOSISCARA PEMBERIANTUJUAN
4Medivac ND Hitchner B1/ Medivac ND Clone 45/ Medivac ND-IB (Program A)
Medivac ND Hitchner B1/ Medivac ND Clone 45/ Medivac ND-IB sekaligus
Medivac ND Emulsion/ Medivac ND-IB Emulsion (Program B)
Medivac ND Hitchner B1/ Medivac ND Clone 45/ Medivac ND-IB sekaligus
Medivac ND-AI Emulsion (Program C)

*Pilih salah satu
1 dosis (A)
1 dosis (B)
0,2 ml (B)
1 dosis (C)
0,2 ml (C)
Tetes mata/ hidung/spray
Tetes mata/ hidung/spray
Suntikan subkutan
Tetes mata/ hidung/spray
Suntikan subkutan
Mencegah penyakit ND Mencegah penyakit ND dan IB Mencegah penyakit ND Mencegah penyakit ND dan IB
Mencegah penyakit ND Mencegah penyakit ND dan IB
Mencegah penyakit ND Mencegah penyakit ND dan IB Mencegah penyakit ND dan AI
7
atau 14
Medivac Gumboro A
Medivac Gumboro A/ Medivac Gumboro B
1 dosisTetes mulut
Tetes mulut/ air minum
Mencegah penyakit Gumboro
10Pilih sesuai pilihan pada umur 4 hari :
Program A & B Medivac AI atau
Program C
Vaksinasi AI tidak perlu diulang
0,2 mlSuntikan subkutanMencegah penyakit AI
21Pilih sesuai pilihan pada umur 4 hari :
Program A Medivac ND La Sota/
Medivac ND Clone 45/ Medivac ND-IB
Program B & C
Vaksinasi ND tidak perlu diulang
1 dosis
-
Air minum/
spray
-
Mencegah penyakit ND Mencegah penyakit ND dan IB
28Medivac Gumboro A
atau
Medivac Gumboro B
1 dosisAir minumMencegah penyakit Gumboro
42Medivac Coryza B
atau
Medivac Coryza T/
Medivac Coryza T Suspension
0,5 mlSuntikan intramuskuler
Suntikan subkutan
Mencegah penyakit korisa (snot)
56Medivac ND Clone 45/ Medivac ND La Sota/ Medivac ND-IB sekaligus
Medivac AI
atau
Medivac ND-AI Emulsion
1 dosis
0,5 ml
0,5 ml
Air minum/
spray
Suntikan intramuskuler
Suntikan intramuskuler
Mencegah penyakit ND Mencegah penyakit ND dan IB Mencegah penyakit AI
Mencegah penyakit ND dan AI
72Medivac Pox atau Medivac ILT1 dosisTusuk sayap
Tetes mata
Mencegah penyakit pox
Mencegah penyakit ILT
90Medivac ND Clone 45/ Medivac ND La Sota/ Medivac ND-IB1 dosisAir minum/
spray
Mencegah penyakit ND
Mencegah penyakit ND dan IB
112Pilih salah satu :
Medivac ND-IB Emulsion
atau
Medivac ND-EDS Emulsion
atau
Medivac ND-EDS-IB Emulsion
0,5 mlSuntikan intramuskulerMencegah penyakit ND dan IB Mencegah penyakit ND dan EDS Mencegah penyakit ND, EDS dan IB
119Medivac AI0,5 mlSuntikan intramuskulerMencegah penyakit AI
126Medivac Coryza B
atau
Medivac Coryza T/
Medivac Coryza T Suspension
0,5 mlSuntikan intramuskuler
Suntikan subkutan
Mencegah penyakit korisa (snot)

*Sumber = Medion.co.id

Catatan Saat Jadwal Vaksin Ayam Petelur

Vaksinasi untuk penyakit ND dan IB pada minggu pertama penting untuk menggertak kekebalan pada tubuh ayam terutama untuk saluran saluran pernafasan ayam (efek priming). Peternak harus menentukan vaksin yang tepat untuk diberikan pada ayam. Jadwal vaksin ayam petelur pada ayam yang masih muda hindari penggunaan vaksin live dengan tingkat keganasan yang tinggi, karena bisa berakibat bagi kesehatan ayam petelur.

Vaksinasi dengan vaksin inaktif saat menjelang bertelur, belajar bertelur atau sudah bertelur sebagaimana akan menguatkan kekebalan tubuh sangat bergantung pada tekanan penyakit di lapangan. Lalu masalah revaksinasi pada jadwal vaksin ayam broiler terutama untuk vaksinasi ND dan IB Live sebaiknya mulai dilaksanakan kembali 6-8 minggu kedepannya selama masa produksi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Pada jadwal vaksin ayam petelur yang menggunakan injeksi di otot bisa menekan pertumbuhan berat badan pada ayam layer.

Contoh Gambar Jadwal Vaksin Ayam Petelur

Jadwal Vaksin Ayam Petelur

* Tabel diatas hanya untuk contoh, bukan untuk rekomendasi. Peternak bisa membuat catatan program vaksin seperti gambar diatas.

Semoga dengan sehatnya ayam kita, produksi telur stabil, kalau soal harga telur memang terkadang naik dan terkadang turun, tetapi untuk saat ini lebih banyak naik dari turunnya.

Leave a Reply