Kandang Ayam Petelur Modern

Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula peratan dalam dunia peternakan. Kemajuan teknologi memberikan dampak baik bagi sektor peternakan, terutama pada ayam petelur dimana ini berpengaruh ke genetik dan kandang ayam petelur modern yang menyajikan banyak kemudahan.

Kandang ayam petelur modern di lengkapi dengan banyak alat modern seperti halnya pada kandang ayam broiler yaitu clouse house dimana mampu mendapatkan produksi yang lebih baik dengan mengesampingkan harga ayam broiler. Meski di Indonesia sendiri masih jarang sekali di jumpai kandang ayam petelur yang menggunakan konsep clouse house pada kandangnya. Adapun mereka tetap menggunakan konsep kandang terbuka tetapi dengan alat yang sudah modern.

Tempat Pakan Kandang Ayam Petelur Modern

Kandang Ayam Petelur Modern

Tempat pakan pada kandang ayam modern memberikan waktu yang lebih cepat dengan hanya sekali jalan semua tempat pakan sudah bisa diisi penuh, seperti contoh pada gambar. Memiliki cara kerja yang sama seperti feeder pan pada ayam broiler, di ayam petelur tempat pakan otomatis ini disetiap tingkatan diberi satu hoper.

Nama alat pakan pada ayam petelur adalah semi automatic feeder layer dimana dinamakan semi automatic karena pihak peternak harus menjalankan atau mendorong tempat pakan ini dari ujung sampai ke ujung, hanya mendorong tetapi tidak sampai mengisi dan mengambil kembali pakan.

Sedangkan pakan di taruh diatas di awal sehingga sampai akhir tidak habis dan tidak perlu kembali untuk mengambil pakan yang bisa menghemat waktu.

Tempat Pakan Kandang Ayam Petelur Modern

Kelebihan Tempat Pakan Kandang Ayam Petelur Modern

  • Pakan jadi lebih hemat dan mengurangi pakan yang terbuang dari pemberian pakan konvensional.
  • Pakan yang diberikan pada semua ternak sama sehingga tidak ada ternak yang mendapat lebih dan ada yang mendapat kurang.
  • Pemasangan hanya di awal dan bisa di pakai lama.
  • Tidak membutuhkan biaya operional lain seperti listrik jadi lebih hemat.
  • Tidak membutuhkan banyak pekerja di kandang, dan bisa menghemat biaya tenaga kerja.
  • Dapat menghemat waktu dalam pemberian pakan, karena sekali sorong, 3 tingkat dan 4 jalur bisa terisi bersamaan.

Tempat Minum Kandang Ayam Petelur Modern

Tempat Minum Kandang Ayam Petelur Modern

Untuk tempat minumnya sendiri sudah menggunakan nipple yang berbentuk lebih kecil, nipple jenis ini termasuk salah satu jenis tempat minum yang sama dengan nipple yang memiliki wadah, tetapi dengan tidak memakai wadah penampung semi automatis feeder layer bisa dijalankan.

Pemakaian penampung pada nipplenya juga mempersulit dan akan menghambat tempat pakan semi otomatisnya ketika digeser dan dijalankan.

Kelebihan Tempat Minum Kandang Ayam Petelur Modern

  • Karena satu ayam satu nipple, penyebaran penyakit melalui air minum bisa di minimalisirkan.
  • Mudah di minum untuk ternak dan tidak mudah tumpah.
  • Menghemat waktu dalam pemberian air minum di banding yang konvensional.
  • Dapat dibersihkan dengan mudah.
  • Bisa dilepas dengan memakai tangan.

Kandang Ayam Petelur Modern

Kandang Ayam Petelur Modern

Untuk kelebihan kandang ayam petelur modern lainnya adalah penggunaan dari rangka baja ringan dan cor pada penyangga kandangnya. Kandang baterainya terbuat dari kawat galvanise yang lebih ringan tetapi kuat. Rangka baja pada kandang juga memberikan waktu pemakaian dan penyusutan kandang yang lebih lama.

Kekurangan Kandang Ayam Petelur Modern

Adapun kekurangan dari kandang ayam petelur modern ini adalah biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya lebih besar dan banyak di banding denga kandang ayam konvensional yang bahkan bahan-bahan penyusunnya bisa di dapatkan dari lingkungan sekitar seperti bambu dan kayu.

Untuk kekurangan lainnya hampir terbilang tidak ada, kandang kandang yang memakai blower dan clouse house, peternak tidak lagi dipusingkan pada perubahan cuaca dan suhu dalam kandang cenderung lebih stabil. Tetapi pada clouse house penggunaan listrik akan menjadi lebih boros dan menjadi kekurangan selanjutnya.

Kelebihan Kandang Ayam Petelur Modern

Yang paling utama adalah tingkat efektivitas dan waktu serta biaya pemeliharaan dan operasional yang lebih murah, penghematan biaya anak kandang hingga keluar masuk dari peternak yang bisa di kurangi hingga bisa mengurangi tingkat penularan penyakit.

Meski begitu tetap harga jual telur ayam menjadi salah satu faktor penting untuk mendapatkan keuntungan setelah faktor manajemen melalu kandang ayam petelur modern berhasil di dapatkan. Dengan nyamannya ayam dan kebutuhan nutrisi yang tercukupi peternak bisa fokus untuk pengembangan usaha mereka.

Leave a Reply