Cooling Pad Kandang Ayam

Cooling pad kandang ayam di daerah tropis menjadi sebuah kebutuhan terutama untuk kandang clouse house. Cooling pad sendiri memiliki pengertian sebagai bantalan pendingin, dimana alat ini yang akan menghantarkan dingin bagi bagian sekitarnya atau dalam hal ini ruangan dalam kandang dan ayamnya.

Cara Kerja Cooling Pad Kandang Ayam Close House

Cooling Pad Kandang Ayam

Fungsi cooling pad pada kandang ayam memiliki peran sebagai pendingin udara dengan sistem memanfaatkan penguapan air dimana cooling pad nantinya akan di aliri air dari atas hingga akan mengalir ke bawah secara kontinue atau terus menerus berdasarkan waktu yang ditentukan.

Ketika lingkungan luar kandang terutama di siang hari dalam kondisi panas, udara panas dari luar kandang yang di hisap atau di bawa oleh blower kandang memasuki cooling pad, dimana disini terjadinya proses evaporasi ketika air yang memiliki suhu lebih rendah mengambil energi panasĀ  dari udara yang akan masuk kekandang melalui cooling pad sehingga air akan menguap dan terjadilah proses evaporasi.

Proses Evaporasi Pada Cooling Pad Kandang Ayam

Setelah melewati cooling pad dan masuk ke dalam kandang, udara yang masuk mengalami penurunan temperatur udara dan menjadi lebih dingin. Proses evaporasi ini berlangsung sejalan dengan tingginya temperatur lingkungan, dimana jika temperatur semakin tinggi maka proses evaporasi akan semakin cepat terjadi.

Perlu di pahami bagi peternak untuk tidak mengaktifkan cooling pad serta membasahi cooling pad saat kelembapan di dalam kandang berada di kisaran >75%, karena sistem cooling pad kandang ayam selain menurunkan suhu di dalam kandang, cooling pad memiliki efek akan menambah kelembapan kandang.

Efek Kelembapan Naik Pada Cooling Pad Kandang Ayam

Dimana kelembapan kandang yang tinggi berarti akan meningkatkan suhu yang dirasakan ayam menjadi lebih tinggi juga, meskipun yang terbaca di termometer suhu di angka kewajaran ayam, tetapi ini bisa ditandai dengan proses panting pada ayam dan mengorok. Yang akibat terburuknya bisa membuat ayam heat stress dan mati. Dimana ketika suhu dalam kandang turun sebanyak 3 derajat maka kelembapan akan bertambah lebih kurang 10%.

Cooling Pad Kandang Ayam Close House

Cooling Pad Kandang Ayam

Cooling pad yang berbahan utama cell deck memiliki dua variasi dimana satu variant dengan harga yang lebih murah tetapi memiliki kekurangan berupa tidak adanya lapisan anti jamur, sedangkan pada variant yang lebih mahalnya memiliki lapisan ini.

Umumnya cooling pad di gunakan ketika ayam memasuki usia besar dimana kipas tidak lagi mampu menurunkan panas berlebih di dalam kandang sehingga digunakanlah cooling pad yang dimana ini bisa menurunkan beberapa derajat suhu di dalam kandang.

Di beberapa kandang upgrade atau semi clouse house menggunakan genteng sebagai pengganti cell deck ini merupakan alternatif yang tidak disarankan karena penggunaan genteng tidak terlalu efektif dan akan lebih meningkatkan kelembapan di dalam kandang selain itu juga proses evaporasi tidak berjalan dengan maksimal.

Fungsi Cooling Pad Kandang Ayam

  • Membantu memberikan kenyamanan untuk tumbuh dan berkembangan dengan memberikan suhu yang optimal untuk ayam besar.
  • Mencegah heat stress pada ayam dan kematian yang disebabkan olehnya.
  • Membantu menurunkan suhu beberapa derajat di dalam kandang.
  • Meningkatkan performance ayam.

Sayangkan jika harga ayam broiler lagi bagus seperti sekarang ini kita kehilangan momen untuk meningkatkan performance ayam kita, maka dari itu berbagai cara dilakukan peternak untuk terus memperbaiki performancenya.

Standart Cooling Pad Kandang Ayam Di Iklim Tropis

Tinggi cell deck minimal 150 cm, lebarnya 40 cm dan ketebalan 15 cm, sementara untuk bahan yang digunakan itu terdiri dari seratan kayu dan diolah dengan ditambahkan beberapa zat kimia.

Efek Cooling Pad Jarang Di Bersihkan

Cell Deck Cooling Pad

Cooling pad yang jarang di bersihkan akan menyebabkan terkumpulnya debu di sekitaran cell deck yang bisa menyebabkan terhalangnya udara yang dapat masuk dan ini bisa membuat kecepatan angin menjadi lebih berkurang dari biasanya.

Selain dari debu, cell deck juga bisa menjadi lebih kotor dikarenakan kandungan air yang tinggi dengan zat besi, untuk itu beberapa dari rangkaian cooling pad saat ini dilengkapi dengan filter air. Untuk mengatasi debu agar tidak terlalu mengotori cell deck kita bisa menggunakan paranet untuk menyaring udara meskipun tidak bisa sepenuhnya tersaring.

Pembersihan secara berkala juga bisa membuat daya tahan dan pemakaian cooling pad menjadi lebih optimal, sehingga ayam menjadi lebih nyaman lagi.

 

Leave a Reply