Desain Kandang Ayam Petelur

Desain kandang ayam petelur berfungsi untuk memberikan gambaran atau blue print dari kandang yang akan dibuat nantinya, desain kandang ini meliputi kandang baterai, jarak sisi, ukuran kandang dan bentuk kandang itu sendiri yang nantinya ini memudahkan peternak untuk cara membuat kandang ayam petelur yang nantinya tinggal menyesuaikan populasi baik 100 ekor maupun 1.000 ekor atau lainnya dengan mudah.

Desain Kandang Ayam Petelur Bambu

Bambu dinilai memiliki keunggulan dari segi bahan baku yang lebih murah bahkan bagi yang memiliki bambu sendiri tentu  akan sangat meringankan biaya pembuatan kandang ayam, kelebihan lainnya meskipun tidak bisa bertahan lebih lama dari bahan besi atau galvanis tetapi kandang bambu bisa dengan mudah di perbaiki atau istilahnya di sumbal.

Meskipun begitu, sebaiknya tiang penyusun sebaiknya memakai cor atau besi yang lebih tahan dan kuat agar bisa tahan bertahan lama dan tidak mudah rubuh akibat angin atau lainnya. Karena ketika kandang gampang rubuh maka keselatan ayam menjadi taruhannya.

Desain Kandang Baterai

Desain Kandang Ayam Petelur bambu

Untuk desain kandang ayam petelur sendiri khusus untuk masa produksi dengan kandang baterai bisa dengan menggunakan desain seperti gambar di atas, dimana beberapa ukuran kandangnya antara lain:

  • Jarak satu plong ayam 20 cm.
  • Tinggi belakang 33 cm.
  • Tinggi depan 36 cm.
  • Panjang samping 55 cm.
  • Panjang sekatan antar ayam 36 cm.
  • Sedangkan panjang depan disesuaikan dengan jumlah ekoran yang akan diisi.

Nantinya kandang baterai akan diposisikan dimana bagian belakang akan lebih tinggi dari bagian depan hingga memudahkan telur untuk turun tanpa harus di ambil dengan tangan. Adapun paku yang biasa dipakai adalah 11/4 atau 11/2 inc. Jika ingin diisi 2 dalam satu kotak maka bisa menggunakan ukuran 30 cm, tetapi hal ini tidak direkomendasikan karena ayam petelur rawan akan kanibalisme.

Desain Atap Kandang

desain atap kandang ayam petelur

Untuk pemilihan atap harus disesuaikan terhadap lingkungan. Jika lingkungan panas pastikan memilih atap yang bisa menyerap panas dengan baik seperti dan pondasi kandang disusun dengan bahan yang kuat. Beberapa kontruksi yang kuat yang baik tetapi dengan kost yang sedikit lebih mahal yaitu konstruksi baja ringan dengan atap spandeks galvalum.

Sementara untuk versi yang lebih murah bisa dengan menggunakan bahan pondasi cor atau kayu dan pemilihan atap menggunakan seng atau asbes, kebutuhan asbes disesuaikan dengan panjang dan populasi kandang. Posisi ketinggian juga berpengaruh untuk menyerap panas dan panas yang diterima oleh ayam.

Jarak Kandang Baterai Tingkat Ayam Petelur

desain kandang ayam penempatan kandang baterai

Kalau yang ini adalah desain kandang ayam petelur dengan 3 tingkat kandang baterai, dimana untuk bahan kandang bisa menggunakan bahan besi atapun bambu. Dimana tinggi dari tingkat paling bawah ke tingkat yang paling atas adalah 83,8 mm, dimana lebar dari 3 tingkat kandang baterai di 125,5 mm.

Desain 3 tingkatan ini memiliki kelebihan dengan penampungan populasi yang lebih besar di lahan yang terbatas. Sementara ini peternak hanya bisa menggunakan sampai tiga tingkatan, dengan yang normal 2 tingkatan. dimana ketika menggunakan empat, peternak akan kesusahan dalam pengambilan pakan dan telurnya.

Desain Kandang Ayam Petelur

Desain Kandang Ayam Petelur

Desaign kandang diatas adalah model kandang keseluruhan tampak depan dengan menggunakan atap model kandang monitor, dimana ada jarak tengah untuk peternak mengambil pakan dan telur hingga memberi pakan, lalu bagian bawah diberi jarak yang sedikit tinggi, guna memudahkan pengambilan kotoran.

Model kandang baterai tipe besi atau galvalum sendiri lebih ringan dibanding dengan penggunaan bambu sebagai bahan penyusunnya, dimana harus menggunakan paku sebagai penyangga utama agar tetap kuat menyangga terutama saat ada ayamnya. Ukuran panjang dan lebar pada desain kandang ayam petelur tidak terlalu jauh berbeda dengan bambu.

Desain Kandang Ayam Petelur Bahan Galvanise

Adapun desain kandang baterai dengan bahan kawat galvanise seperti di bawah ini:

Desain Kandang Ayam Petelur Galvanise

Kandang ini memang sedikit lebih mahal dibanding dengan yang menggunakan kawat biasa. Tetapi kandang tipe ini bisa bertahan lebih lama, lebih ringan dan beberapa kelebihan lainnya.

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur

Bagi peternak yang masih bingung dalam memulai usaha ternak ayam petelur, kami sudah memposting artikel tetang analisa usaha ayam petelur yang menjelaskan sebaiknya produksi telur harian yang harus di capai untuk mendapatkan keuntungan dengan harga telur di lapangan, lalu modal usaha ayam petelur baik dari pakan, kandang dan lainnya.

Dengan sudah mengetahui modal awal pembuatan kandang dan alat serta bahan yang diperlukan dan di tambah dengan desain di atas maka kini peternak sudah tidak sulit lagi dan sudah ada gambaran berapa populasi yang akan diternakkan.

Pemilihan Kandang

Pemilihan kandang adalah salah satu cara membuat kandang ayam petelur, dimana kandang baterai adalah kandang yang di rekomendasikan, ditambah dengan sifat kanibal yang suka mematuki ayam disebelahnya hingga menyebabkan ayam itu mati, sebaiknya per ayam di tempatkan di satu kotak.

Pilihlah kandang yang bagus sirkulasi udaranya, hingga ayam tetap nyaman walaupun ketika panas dan dengan pergantian udara yang baik maka amoniak akan terbawa oleh angin hingga tidak menimbulkan masalah pada penafasan ayam, meski begitu mengeruknya adalah cara terbaik menghilangkannya.

Pemilihan Bahan Baku

Pemilihan bahan baku merpakan cara membuat kandang ayam petelur yang harus diperhatikan lainnya. Bahan baku baik kayu, bambu, kawat, besi, ataupun galvanise adalah kembali kepada peternak, kemampuan peternak dan biaya serta modal yang ada pada peternak.

Leave a Reply