Vaksin Ayam Broiler dan Jadwalnya

Setelah pada artikel kemarin membahas tentang vaskin ayam petelur dan jadwal vaksinnya, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang vaksin ayam broiler dan jadwal vaksin ayam broiler dimana vaksinnya tidak sebanyak ayam petelur karena masa panen dan pemeliharaan hingga pertumbuhan ayam yang jauh lebih cepat dibandingkan layer.

Ayam broiler sendiri adalah ayam yang rentan terkena penyakit apabila manajemen buruk, fakor kebersihan kandang tidak terjaga dan biosecurity tidak dijalankan dengan benar, hal ini karena genetik ayam broiler dipacu untuk meningkatkan bobot badan dengan manajemen yang baik yang di butuhkan ayam.

Di dalam satu tahun pada masa pemeliharaan ayam broiler seringkali penyakit yang muncul adalah penyakit-penyakit yang berbeda, penggunaan vaksin disesuaikan dengan kebutuhan pemeliharaan dan evaluasi terhadap penyakit yang sedang terjadi di sekitar kandang yang kemudian disesuaikan dengan vaksin yang akan diberikan.

Pengertian Vaksin Ayam Broiler

Vaksin Ayam Broiler

Virus yang lemah ketika dimasukkan kedalam tubuh ayam akan memberikan kekebalan terhadap antibodi, berbeda dengan virus yang berada di alam terbuka yang jika masuk ke dalam tubuh bisa menjadi ganas dan menjadi penyebab tingginya kematian dengan tingkat kematian di angka 60-80% dari total populasi karena tidak adanya obat yang bisa mengobati virus.

Vaksin yang dilakukan dengan tepat dan benar di kandang sejatinya bisa mencegah timbulnya penyakit terutama yang disebabkan oleh virus yang telah diberikan tetapi tidak benar bisa melindungi sampai 100%, ayam yang sudah di vaksin juga masih berpotensi terkan penyakit terutama virus vaksin yang diberikan.

Vaksin yang diberikan juga harus terus dijaga kestabilan suhu penyimpanan serta masa kadaluarsa vaksin. Dengan mencatat tanggal kadaluarsa vaksin kita bisa memakainya sebelum berakhir masa pakainya dimana jika kita pakai setelah vaksin melewati batas tanggal kadaluarsa vaksin akan mati dan tidak dapat lagi memberikan ketahanan terhadap penyakit yang diberikan. Ini sama saja dengan ayam meminum air biasa.

Cara Vaksin Ayam Broiler

 

Vaksin Ayam Broiler injek

Cara Vaksin Ayam Broiler Dengan Suntik

Untuk jenis vaksin yang di menggunakan suntik biasanya adalah ND killed dan Gumboro Killed, yang dimana cara pemakaiannya dengan disuntik atau injeksi sub utan atau ada juga yang intra muscular, dimana alat yang di pakai biasanya adalah scoorex yang mana kecepatannya bergantung dari tingkat kebiasaan hingga kecepatan tangan dalam mengambil anak ayam hingga menekan suntikan.

Alat suntik yang paling baru adalah Double Automatic Injector yang biasanya di gunakan di hatchery dengan kapasitas yang bisa menyuntik DOC hingga 3.000/ekor per jamnya. Pada ayam broiler pedagingĀ  yang biasanya proses suntik hanya dilakukan pada ayam kecil dikarenakan masih banyak yang manual dengan injeksi memakai scoorex, banyaknya populasi, menyulitkan vaksinator dalam menangkap dan menyuntiknya dan masa panen yang cepat menjadi alasannya.

Kelebihan Vaksin Ayam Broiler Dengan Suntik

  1. Tingkat perlindungan pada penyakit yang di suntikkan baik, dikarenakan setelah masuk kedalam tubuh tidak serta merta dan semua akan di serap tetapi secara perlahan-lahan. Hal ini menjadi keuntungan bagi titer antibodi ayam dimana akan bertahan lebih lama dibanding dengan vaksin tetes.Dimana titer antibodi memiliki arti antibodi yang dibentuk untuk terus melawan penyakit yang di masukkan yang bekerja melawan dan mengenali mereka. Bukan berarti antibodi langsung bisa mengenali mereka dan mendapatkan kekebalan tubuh.
  2. Stress pada ayam bisa menjadi lebih rendah karena model vaksin ini bisa digabungkan dengan jenis vaksin lain secara berdekatan.
  3. Relatif lebih aman.

Kekurangan Vaksin Ayam Broiler Dengan Suntik

  1. Seperti yang telah dijelaskan di atas yang dimana meskipun membentuk titer antibodi lebih lama tetapi untuk bisa mendapatkan kekebalan tubuh butuh waktu hingga 2 minggu.
  2. Tidak bisa disimpan di bawah suhu yang lebih dingin dari 2 derajat celcius.

Cara Vaksin Ayam Broiler Dengan Air Minum Dan Spray

Vaksin Ayam Broiler

Vaksin dengan Air minum dan spray termasuk juga tetes adalah vaksin yang menggunakan jenisĀ  vaksin aktif dimana virus yang di dalamnya adalah virus yang dalam kondisi lemah, berbeda dengan inaktif yang sudah mati. Vaksin aktif memiliki keunggulan dalam penbentukan antibodi yang lebih cepat terhadap penyakit yang di masukkan.

Adanya kenaikan atau penurunan suhu yang drastis pada vaksin, seperti terkena matahari ternyata bisa membuat mikroorganisme seperti virus di dalamnya menjadi mati, hingga ketika dimasukkan ke dalam tubuh sudah tidak dapat lagi memberikan kekebalan. Maka dari itu biasanya vaksin seperti gumboro yang melalui air minum diberikan pada pagi hari sebelum matahari terbit dan habis dalam 2 jam, atau malam hari.

Jadwal Vaksin Ayam Broiler

Karena umur pemeliharaan ayam broiler yang relatif cepat yaitu di antara 30-40 hari yang dimana secara umum di panen di ayam besar, maka jadwal vaksin ayam broiler tidak sebanyak ayam petelur. Belakangan ini juga dan hampir semua hatchery atau penetasan melakukan vaksin sebelum dikirim.

Vaksinasi Hatchery Ayam Broiler

Adapun beberapa vaksin yang telah di gunakan kepada DOC sebelum di kirim adalah seperti :

  • ND + IB live
  • ND kill
  • IBD

Yang dimana peternak sebenarnya tidak perlu lagi melakukan vaksin di kandang, terkecuali ada kondisi khusus yang membutuhkan revaksin, dan ada juga hatchery yang tidak mengirimkan DOC non vaksin yang tentunya berdasarkan permintaan dari pembeli.

Jadwal Vaksin Ayam Broiler

Adapun peternak yang memilih untuk melakukan vaksin di kandang bisa menggunakan jadwal vaksin ayam broiler seperti tabel di bawah ini

Umur Vaksin Aplikasi
4-7 Hari ND (Clone 30 atau LaSota) Tetes Mata
12-14 Hari IBD Air minum
18 Hari ND (Clone 30 atau LaSota) Air minum

Patikan ayam sehat sebelum di vaksin. Jika ada penyakit yang viral berupa virus selain dari vaksin diatas bisa ditanyakan kepada TS di kemitraan jika ikut dengan mitra, jika mandirian bisa ditanyakan kepada perusahaan obat ternak terdekat seperti medion, sanbio, mensana dan lain-lain.

Selain dari pengaplikasian vaksin untuk ayam broiler dan jadwal vaksin ayam broiler yang telah di bahas, biosecurity yang baik juga menjadi penentu keberhasilan vaksin serta di tambah dengan manajemen yang baik. Hasilnya kita serahkan pada yang maha kuasa dan jangan lupa berdoa ditambah semoga harga ayam broiler tetap stabil di atas hpp produksi.

Leave a Reply