Obat Semprot Kandang Ayam

Obat semprot kandang ayam memiliki banyak kelebihan bagi para peternak disamping pengaplikasiannya yang mudah juga memudahkan peternak dalam menangani penyakit ataupun sebuah kasus seperti kutu kandang dan lainnya.

Obat semprot juga bermanfaat untuk sanitasi dan desinfeksi tepatnya biosecurity, dimana ini bisa mencegah penyakit dan melemahkannya sehingga tidak menyerang ternak dalam kondisi ganasnya yang kemungkinan bisa langsung menyerang dan melemahkan kondisi tubuh ayam terlebih jika ayam dalam kondisi tidak sehat.

Alat Obat Semprot Kandang

Alat Obat Semprot Kandang

Ada berbagai macam alat yang bisa digunakan untuk melakukan penyemprotan pada kandang, beberapa alat ini bahkan sering di gunakan untuk penyemprotan pada lahan pertanian beberapa diantaranya ada yang masih manual dan ada pula yang versi modernya yang menggunakan baterai, bisa charge dan otomatis tanpa harus memompanya terlebih dahuhulu.

Pada skala ternak kecil peternak biasanya menggunakan alat semprot yang kecil dan mini biasanya disebut sebagai hand sprayer yang berukuran 2 liter yang bisa dibeli seharga Rp. 70.000, yang manual dan otomatis inilah yang biasanya paling sering di pakai untuk biosecurity sehari-hari peternak dengan ukuran 5-16 litter dimana yang otomatis dibanderol dengan harga yang lebih mahal kisaran Rp. 360.000 atau lebih mahal 100-150 ribu rupiah.

Sementara untuk semprot kandang biasanya peternak menggunakan sunsine yang biasanya di pakai oleh para pencuci motor yang dimana ini sangat berguna untuk menghilangkan kotoran dengan membasahinya terlebih dahulu dengan obat semprot kandang seperti formalin ditambah deterjen.

Obat Semprot Kandang Untuk Biosecurity

Biosecurity pada kandang berfungsi untuk menjaga kandang dan ayam dari bakteri dan penyakit berbahaya yang akan menyerang, biosecurity bisa melemahkan dan membantu kekebalan tubuh sebelum masuk dan menyerang ayam.

Obat Semprot Kandang Baycline

obat semprot kandang

Bagi peternak kemitraan ayam broiler biasanya turut disertakan obat semprot dari perusahaan internal mereka atau yang bekerja sama dengan mereka, sedangkan untuk mandirian bisa menggunakan bahan pemutih pakaian seperti bayclin cair yang terbukti aman dengan menggunakan dosis seperti berikut ini:

  • Baycline : 1 litter
  • Air : 9 litter

Cara penggunaannya cukup dengan mencampurnya lalu agar mencapurnya wadahnya perlu di goncang, dan campuran baycline ini sudah bisa untuk di semprotkan ke kandang. Baycline juga bisa untuk menggantikan klorin sebagai penjernih air terutama dari bakteri e-colli dengan dosis :

  • Bayclin : 80 ml
  • Air : 1.000 lt
  • Waktu tunggu : 4 jam

Dosis bayclin dan perbandingan airnya

air (litter) Bayclin (ml)
1 0,08
2 0,16
3 0,24
4 0,32
5 0,4
6 0,48
7 0,56
8 0,64
9 0,72
10 0,8
20 1,6

Obat Semprot Kandang Iodine

Obat POVIDONE IODINE

Iodine menjadi salah satu zat atau cairan yang bisa mencegah timbulnya infeksi apabila terjadi luka, biasanya orang-orang menyebutnya obat merah. Iodine juga bisa dimanfatkan untuk menjadi obat semprot dimana cairan ini bisa membantu melemahkan dan membunuh bakteri di udara dan sekitar kandang.

Adapun dosis dan bahan-bahan yang diperlukan adalah:

  1. Providone Iodine : 150 ml
  2. Sabun cair : 5 ml
  3. Air : 15 liter

Kesemua bahan diatas dicampur dan diaduk kemduian bisa langsung disemprotkan. Penyemprotan bisa kapan saja, tetapi agar tidak menggangu ayam terlebih saat cuaca panas sebaiknya di semprotkan saat pagi atau sore hari.

Fungsi Obat Semprot Kandang

obat semprot kandang

Banyak sekali dan penting sekali menjalankan yang namanya bisecurity pada manajemen ternak kita, karena apabila telah terka sakit maka biaya yang akan kita keluarkan akan lebih besar dan belum tentu ada jaminan untuk sembuh. Hal terbaik adalah mencegahnya terlebih dahulu, dimana harga beli obat semprot selisih sedikit dengan harga ayam broiler perkilonya.

Berikut beberapa fungsi obat semprot kandang:

  • Melindungi ternak dari penyakit dan menjadi pertahanan awal sebelum memasuki ayam.
  • Mencegah dan memutus bibit penyakit baik yang dibawa oleh manusia atau serangga dan udara.
  • Harga lebih murah dari obat.
  • Penggunaan semprot lebih cepat, merata dan bisa menjangkau area yang tidak bisa dijangkau tanpa semprot.

Obat semprot pada kandang tidak hanya berlaku untuk ayam pedaging atau broiler maupun ayam layer atau petelur tetapi bisa di pakai di semua jenis unggas seperti puyuh, itik, dan lainnya karena penyakit yang menyerang unggas adalah penyakit yang hampir sama.

Pada kandang yang berdekatan dan kompleks ini lebih dianjurkan dilakukan lebih sering, mulai dari peningkatan dosis apabila di sekitar lagi ada yang terkena penyakit viral dan ditambah dengan jumlah penyemprotan yang sebelumnya 1 kali menjadi 2 kali sehari.

Leave a Reply