13 Pembahasan Lengkap EM4 Peternakan Ayam

Teknologi pada dunia peternakan terus maju dan berkembang, hal ini berjalan seiring dengan majunya teknologi dan dunia informasi. Banyak hal yang bisa diakses dengan mudah juga bisa di dapatkan dengan cepat. Salah satunya ialah penemuan mikroba baik untuk peternakan seperti EM4 peternakan yang sangat kaya dengan manfaat dan kegunaan, serta bisa dibuat sendiri dan diperbanyak oleh peternak.

Dewasa kini juga sudah banyak probiotik mikroba yang di buat dan dijual, baik oleh pabrikan ataupun skala rumahan, di pakai untuk pribadi ataupun peternakan besar. EM4 juga tidak hanya tersedia untuk perternakan, tersedia juga untuk perikanan dan pertanian ditandai dengan warna botol yang berbeda.

EM4 Peternakan Ayam

Pengaplikasian EM4 Peternakan di Ayam

Peternakan unggas menjadi salah satu yang mendapat keuntungan dengan adanya EM4 ini, mulai dari ternak puyuh, itik, dan terutama ayam. Baik ayam petelur ataupun ayam pedaging. Dimulai dari satu peternak yang mendapatkan manfaat baiknya, Em4 menyebar dengan pesat lewat telinga ke telinga, hingga kini melalui media sosial dan forum internet peternak mulai mencoba penggunaan em4 pada peternakan skala besar.

Manfaat EM4 Untuk Ayam

Ketika ilmu mulai banyak di terapkan dan dianggap berhasil ketika mendatangkan keuntungan dan hal baik pada penggunanya. Adapun manfaat yang sering di rasakan adalah sebagai berikut:

Mengurangi Bau Kotoran Disekitar Kandang Dan Dalam Kandang

Menjadi hal yang tidak nyaman ketika bau kotoran tidak dapat dikendalikan dengan baik, hal ini yang kemudian mendatangkan pengganggu lain seperti lalat dan penyakit yang bahkan membuat hubungan antar tetangga menjadi rusak. Banyak sekali sebuah peternakan yang tutup akibat berdekatan dengan rumah warga karena limbah hasil peternakannya tidak dapat diatasi dengan baik.

Jangankan mereka yang di sekitaran perkarangan kandang, kita sendiri yang sehari-hari berada di dalam kandang tentu tidak betah dan terganggu dengan bau kotoran yang ada. Untuk ternak lebih tidak baik lagi terutama yang di kandangkan.

mereka yang 24 jam dalam kandang yang selalu mencium bau dalam kandang tentu dapat merusak hidung mereka dan menimbulkan penyakit yang sering menyerang seperti CRD bahkan colli yang ada pada kotoran yang tidak ditangani dengan baik, berkembang dengan baik di media kotoran ini.

Membantu Proses Pencernaan

Dikarenakan bakteri yang ada pada EM4 adalah bakteri baik dan ada milyaran jumlahnya dalam satu botolnya, maka ketika di berikan kepada ayam dengan cara yang benar maka bakteri ini nantinya akan berkembang dan membantu proses pencernaan dari makanan.

Bakteri ini juga bekerja seperti yakult pada tubuh manusia yaitu dengan membunuh bakteri jahat yang menjadi penyebab penyakit dan tidak terserap sempurnanya pakan yang di konsumsi. Meski begitu untuk mendpatkan hasil yang baik maka harus di gunakan secara kontinue.

Kotoran Lebih Cepat Kering

Kandang yang disemprot em4 baik peralatannya dan ataupun sekam atupun kotorannya dan juga di minumkan memberikan efek untuk mengering lebih baik dari pada tanpa memakainya. Ternyata bakteri ini juga bekerja untuk mempercepat penguraian kotoran ayam dan unggas.

Mengurangi Angka Kematian

Dengan dapat dikendalikannya bau kotoran dan lebih cepat kering membuat angka kematian menjadi lebih terkontrol, hal ini disebabkan karena kematian yang selama ini disebabkan oleh bakteri pada usus dan tingkat amoniak yang tinggi pada kotoran bisa dikendalikan.

Kegunaan EM4 Peternakan

Disamping memiliki keuntungan jika diterapkan pada ternak dan hewan peliharaaan. EM4 juga bisa memberikan efek baik bagi peternakan seperti:

  1. Membantu proses fermentasi
  2. Meningkatkan kandungan nutrisi pada pakan.
  3. Meningkatkan kecernaan pada pakan lebih baik.
  4. Membantu mengolah pakan menjadi bahan yang bisa lebih lama di simpan seperti, silase, fermentasi, dan lainnya.
  5. Memberikan keuntungan lebih besar dari keuntungan yang biasanya di dapat.

Umumnya bidang peternakan yang mendapat kegunaan seperti yang telah disebutkan adalah jenis ternak hewan rminansia seperti, sapi, kambing, domba, kerbau.

Cara Membuat Em4 Peternakan

em4 peternakan, perikanan, pertanian dan limbah

Untuk membuat em4 tergolong mudah, bahan-bahan dan alat yang diperlukan juga ada disekitar kita. Dimana kita akan review sedikit tentang molase, molase adalah tetes tebu yang di dapat dari pabrikan tebu yang dijadikan gula, ini adalah hasil sampingan dari komoditas gula. Kita juga bisa membuat molase sendiri jika di sekitar kita tidak ada pabrik gula.

Pembuatan Molase

Bahan-bahan

  • Gula jawa (1/2kg), pilihlah yang berwarna merah.
  • Gula pasir (1/2kg)
  • Air mendidih (1,5 litter)

Cara pembuatan:

  1. Hancurkan gula merah bisa dengan diiris, lalu masukkan ke dalam air mendidih.
  2. Aduk hingga larut.
  3. Tuangkan gula pasir dan aduk kembali sampai mengental kurang lebih 30 menit.

Pembuatan EM3 Peternakan

cara pembuatan em4

Setelah kita mendapatkan molase atau tetes tebu dan membuatnya sendiri kita bisa melanjutkan kecara pembuatan em3 terlebih dahulu, sebagai berikut.

Bahan-bahan pembuat em3

  1. Air kelapa (1 butir)
  2. Ragi tape (1 butir)
  3. Gula pasir (5 sdm)
  4. Molase/tetes tebu (1 gelas)
  5. Yakult (4 botol)
  6. Air Bersih (3 liter)

Cara pembuatan:

  1. Campurkan yakult dengan gula pasir dan diamkan sekitar 1 jam agar bakteri baiknya aktif, karena sebelumnya berada di dalam botol bakteri ini tidur sementara karena terdapat milyaran bakteri di dalamnya.
  2. Air 3 liter dicampurkan dengan air kelapa, lalu ditambah molase dan di aduk.
  3. Tambahkan ragi yang sudah di hancurkan, aduk kembali.
  4. Yakult yang tadi bercampur dengan em4 setelah satu jam di campurkan dengan larutan ragi dan aduk. Air akan berubah warna menjadi seperti EM4 yaitu kuning kecoklatan.
  5. Tutup dengan wadah tempat tertutup dan ikat dengan rapat.
  6. Fermentasikan em4 atau tutup selama 7 hari, lalu buka kembali.

Pembuatan EM3 Menjadi EM4

Dari sini faktor berhasilnya ditandai dengan bau khas yang menyengat, untuk step ini kita telah memperoleh em3 dengan satu langkah lagi kita akan memperoleh em4.

Bahan Pembuatan EM3 Menjadi EM4

  • Nanas (1 butir haluskan)
  • Bekatul/dedak (1/2kg)
  • Air cucian beras (1 litter)
  • Jerigen (ukuran 5 litter)
  • Botol airof untuk fermentasi agar tidak membuka jerigen agar lebih steril.

Cara Membuat EM3 menjadi EM4

  1. Nanas 1 butir dihaluskan dengan cara di blender dan di campurkan dengan larutan em3 tadi.
  2. Kemudian masukkan air cucian beras dan bekatul dimana bekatul membantu mempercepat proses percepatan fermentasi, aduk kesemuanya sampai tercampur semua.
  3. Masukkan cairan yang di campurkan tadi ke dalam jerigen yang telah di sambungkan dengan botol airof yaitu botol aqua sendang yang di bolongi tengahnya lalu sambung selang dengan jerigen dan fermentasi kembali selama 2 minggu.
  4. Jika tidak ada botol airof bisa dengan menggunakan cara setiap 5 hari sekali dibuka agar jerigen tidak mengembang disebabkan karena gas fermentasinya.
  5. Setelah satu minggu, akan ada ampas di dalam jerigen yang bisa di saring dan minggu berikutnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan ternak.

Cara Memperbanyak Em4 Peternakan

Cara Memperbanyak Em4 Peternakan

Memperbanyak em4 kali ini adalah dengan menggunakan em4 pabrikan, yang bahan utamanya adalah em4 peternakan atau pertanian dan bisa juga pertanian.

Bahan-bahan :

  • Nanas 1 buah (haluskan)
  • Dedak/bekatul
  • Gula pasir
  • Ragi tape 2 butir
  • Tetes tebu/molases 1 gelas kopi
  • EM4 peternakan 1/4 liter
  • Jerigen besar
  • Corong air
  • Air sumur 9 liter

Cara membuat:

  1. EM4 dicampurkan dengan gula pasir sampai 5 sdm, aduk sampai gula pasir mencair.
  2. Nanas yang sudah di blender masukkan ke dalam air 9 litter, dicampur bekatul lalu aduk.
  3. Masukkan molase, aduk kembali.
  4. Ragi 2-3 butir di hancurkan dan di masukkan sambil di aduk.
  5. Yang terakhir EM4 yang telah di campurkan aduk agar benar-benar nyampur.
  6. Masukkan dalam jerigen dan tutup rapat.
  7. Setiap 2 kali sehari dibuka tutup agar gas akibat fermentasi keluar.
  8. Agar lebih praktis tutupnya di bolongi lalu di masukkan selang, bisa juga dengan tutup pentil dan karet di masukkan ke dalam tutup agar lebih ketat.
  9. Simpan di tempat sejuk dan terhindar matahari langsung.
  10. Setelah seminggu saring bahan-bahan fermentasi tadi dan masukkan ke dalam botol dan bisa digunakan.

Kandungan Em4 Peternakan

Masih banyak yang bertanya-tanya apakah kandungan dari em4 yang dimana memiliki segudang manfaat untuk peternakan, perikanan dan pertanian. Kandungan em4 ternyata murni adalah miroorganisme baik yang memang mikroorganisme baik ini terdapat milyaran dalam sebotol em4.

Baiknya bakteri ini dikarenakan bisa mendominasi dan mengalahkan bakteri jahat baik di dalam perut, usus dan media lain. Dikarenkan pada usus lah diserap makanan dan dijadikan nutrisi dan protein di bentuk. Adapun secara lengkap nama bakteri yang terkandung di dalam 1 litter em4 adalah :

  1. Lactobacillus casei
  2. Sacchromyce cerevisae
  3. Rhodopseudomonas palustris

Leave a Reply