Kepadatan Kandang Ayam Broiler

Kepadatan kandang ayam broiler biasanya di identikkan dengan tingkat pendapatan yang lebih besar melalui peningkatan populasi, maka tidak jarang banyak peternak yang bahkan memasukkan dan memelihara ayam lebih dari standart kepadatan kandangnya. Hubungan pendapatan dan tingkat kepadatan tidak selamanya benar, karena jika peternak menghiraukan tingkat kepadatan maka akan banyak efek negatif yang diterima oleh ternaknya terutama pada kandang open.

Meskipun saat ini peternak sudah jarang yang mengisi kandangnya lebih dari standart ukuran tampung kandangnya, karena banyaknya kandang yang kosong, kemitraan yang lebih selektif, harga ayam broiler yang fluktuatif hingga pembatasan DOC. Tetapi ini bisa menjadi pembelajaran bagi peternak lain ataupun yang pemula

Pengaruh Kepadatan Kandang Ayam Broiler

Kepadatan Kandang Ayam Broiler

Tingkat Stress Ayam Broiler

Kepadatan bisa berefek baik dan juga bisa mendatangkan efek buruk, bergantung dari bagaimana kepadatan kandang diterapkan apakah dengan benar sesuai standart atau malah diabaikan. Sebagaimana kita tahu, kepadatan berhubungan dengan jumlah oksigen yang didapatkan dengan semakin padat suatu tempat maka jumlah oksigen yang didapatkan akan semakin sedikit.

Lalu tingkat oksigen yang sedikit dan kepadatan yang tinggi ini juga membuat susahnya ayam membuang panas pada tubuh ketika cuaca lingkungan lagi kondisi panas, alhasil banyak ayam yang stress hingga mati mendadak di tambah dengan tingkat kelembapan pada kandang yang menjadi semakin tinggi karena tingkat kepadatan ini.

Hal ini berbeda dengan kepadatan kandang yang lebih lapang, dimana ayam akan leluasa untuk membuang panas, menghirup oksigen dan tingkat kenyamanan ayam menjadi lebih baik.

Pertumbuhan dan Performance Ayam Broiler

Hal lain yang menjadi perhatian ketika peternak memaksa mengisi kandang melebih kapasitasnya adalah pertumbuhan ayam yang menjadi tidak optimal, hal ini disebabkan karena biasanya tidak dibarengi dengan penambahan jumlah tempat pakan dan minum.

Kepadatan kandang yang berlebih nantinya saat dewasa malah akan menyulitkan ayam untuk berjalan hanya untuk sekedar mengambil makanan dan minum. Kalaupun ayam berhasil sampai pakan biasanya menjadi lebih cepat habis dan ayam antri dalam makannya.

Keuntungan Atau Kerugian

Jika kepadatannya sudah di sesuaikan dengan baik dan bahkan kurang dari standart ini malah baik, karena peternak tidak perlu was-was akan penularan penyakit yang lebih cepat saat kondisi padat, meminimalisir heat stress hingga kebutuhan pakan dan minum yang tercukupi. Hal ini tentunya akan lebih menambah persentasi keuntungan dari usaha yang dijalankan.

Sedangkan kerugian yang di dapatkan apabila mengabaikan standart kepadatan, untuk kandang open, beberapa dari mereka yang mengisi kandang lebih banyak dengan kepadatan yang standart bahkan lebih longgar, pendapatan mereka lebih banyak yang kepadatan standart dengan manajemen yang baik.

Cara Menghitung Kepadatan Kandang Ayam Broiler

Untuk menghitung kepadatan kandang ayam broiler sendiri apakah sudah standart ataupun belumnya bisa dengan mengstimasi di bobot berapa kita akan memanen ayam kita, semakin kecil bobot panen maka kepadatan dan populasi akan semakin besar.

Kepadatan Kandang Ayam Broiler Kandang Open

Untuk kandang open kita menggunakan standart 14/meternya, dimana cara mencarinya adalah :

(Panjang x lebar) x 14 ) : bobot panen.

Contohnya :

(17 meter x 6 meter ) x 14kg/m2) : 1,4kg
(102 meter x 14kg/m2) : 1,4 kg
1.428 : 1,4
1.020 ekor.

Perhitungan diatas adalah perhitungan untuk kandang open dimana akan berbeda dengan kepadatan kandang clouse.

Kepadatan Ayam broiler Clouse House

Kepadatan Ayam broiler Clouse House

Menjadi salah satu keuntungan dari kandang clouse house atau ch adalah dengan penambahan populasi yang bisa menjadi 2 kali lipatnya dari kandang open, dimana ini berarti kita bisa menghemat luas lahan. Yang dimana ini baik bagi peternak yang memiliki lahan sempit tetapi ingin mengupgrade populasi.

Sedangkan untuk kandang CH kita bisa mencari kepadatan dengan standart permeternya adalah 25-30kg, yang berarti jika ingin panen di bobot 2 kg maka permeternya bisa diisi 12-15 ekor. Dimana kandang open hanya bisa 7 ekor/meternya.

Standart Kepadatan Kandang Ayam Broiler Berdasarkan Umur

Adapun kepadatan kandang setelah ditentukan untuk panen di bobot yang telah di tentukan maka sisanya adalah dengan mengatur kepadatan kandang dari umur dan bobotnya,

UmurTingkat Kepadatan
1-340-45
3-730-40
7-1420-25
15-2110-13
21-289-11
29-panenFull Kandang

Tabel diatas adalah kepadatan kandang ayam broiler yang disesuaikan dari umur dan pelebaran, kadangkala jika bobot lebih besar peleberan bisa menjadi lebih cepat disesuaikan dengan broodingan. Sebelum padat peternak sudah harus melebarkan, ini bisa dilihat dengan sekilas pandangan.

Dimana yang berarti semakin cepat pelebaran semakin baik, dimana jike memang sudah keliatan padat berarti bobot badan ayam broiler anda berkembang dengan baik, tetapi jika sudah lewat umur diatas belum juga pelebaran berarti harus mengevaluasi baik dari manajemen ataupun pakan dan bibit.

Leave a Reply