Apakah Ayam Broiler Bisa Bertelur

Hampir semua jenis ayam yang ada baik yang diternakkan untuk di ambil dagingnya seperti ayam broiler ataupun ayam petelur yang memang dimanfaatkan telurnya serta ayam yang masih ada di hutan hampir semuanya berkembang biak dengan cara bertelur, dan hal ini menjawab pertanyaannya dari apakah ayam broiler bisa bertelur.

Ya, jawaban dari apakah ayam broiler bisa bertelur adalah bisa karena ayam broiler juga berkembang biak dan semua ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Hanya saja ayam broiler bertelur di waktu yang lebih lama sedangkan peternak biasanya memelihara mereka hanya sampai 1-2 bulan yang menyebabkan  peternak tidak pernah bisa melihat bentuk telurnya.

Melalui postingan ini akan dibahas lebih detail tentang ayam broiler yang bisa bertelur, seperti berapa lama ayam broiler bisa bertelur, umur berapa ayam broiler mulai bertelur dan cara ayam broiler bertelur yang mungkin akan menjawab rasa penasaran para kamu.

Apakah Ayam Broiler Bisa Bertelur dan Mengerami Telurnya

Ayam selain berkembang biak dengan bertelur ternyata ayam juga memiliki sifat alamiah untuk mengerami telurnya, mulai dari ayam kampung, ayam petelur, hingga jenis ayam lainnya termasuk ayam broiler. Dimana dewasa kini peternak mulai menghilangkan sifat mengeram terutama dari ayam yang masih tinggi sifat mengeraminya seperti ayam kampung.

Sifat mengeram ini tidak baik untuk produksi yang mengandalka sektor telur, dimana akan memakan banyak waktu dan pakan yang terbuang lebih banyak alias jumlah pakan yang di konsumsi tidak menutup dari produksi telur. Pada ayam broiler bisa mengerami telurnya jika peternak menumbuhkan sifat mengeraminya kembali tetapi pada breeder telur ayam akan di ambil dan ditetaskan di mesin tetas, hingga jumlah produksi telur akan maksimal.

Umur Ayam Broiler Mulai Bertelur

Apakah Ayam Broiler Bisa Bertelur

Semua jenis ayam akan mulai belajar bertelur ketika ayam memasuki masa dewasa kelamin, dimana pada setiap ayam umur untuk mulai bertelur berbeda-beda, dan yang lebih cepat memang ayam petelur yang memang khusus untuk bertelur dengan mulai bertelur di umur 18-20 minggu.

Sedangkan umur ayam broiler mulai bertelur yaitu saat ayam memasuki umur 24 minggu atau sekitar 5,5 bulan. Hal inilah mengapa ketika peternak ayam broiler lama panen terutama saat harga ayam broiler turun dengan mencapai waktu 2 bulan tetap belum menemukan telur. Adapun telur yang sering di unggah peternak kemitraan adalah iseng belaka atau untuk menyinggung PPL atau perusahaan kemitraan ayam broiler untuk segera panen.

Berapa Lama Ayam Broiler Bertelur

Apakah Ayam Broiler Bisa Bertelur

Setelah menjawab pertanyaan apakah ayam broiler bisa bertelur kemudian pertanyaan lainnya adalah berapa lama ayam broiler. Ayam broiler ketika bertelur  produksi tahunannya lebih rendah dari ayam lain, hal ini karena memang ayam broiler bukanlah tipe ayam petelur, ayam broiler bisa bertelur sekitar 140 butir/tahunnya. Ayam broiler bisa bertelur hingga berumur 45 minggu bahkan lebih yang berarti setara 10 bulan bahkan lebih sampai 65 hingga 68 minggu yang bisa mencapai 1 tahun 3 bulan pemeliharaan.

Puncak Produksi Telur Ayam Broiler

Puncak-puncaknya ayam broiler akan bertelur adalah pada saat ayam broiler memasuki minggu 29-31 minggu dengan rata-rata produksi mencapai hingga 80%. Meskipun berbeda jauh dengan puncak produksi ayam petelur yang sampai hingga 95% tetapi memang telur ayam broiler tidak diperbolehkan di perjualbelikan berdasarkan aturan Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Meski sempat terdengar beberapa waktu lalu telur ayam broiler dijual jauh lebih murah dari harga telur ayam ras.

Cara Ayam Broiler Bertelur

telur ayam broiler

Ayam broiler bertelur bisa kita lihat di kandang ayam parent, yaitu indukan ayam yang mensuplai DOC untuk ayam broiler pedaging yang di manfaatkan dagingnya dan di budidayakan oleh peternak baik kemitraan ataupun mandiri, cara ayam broiler bertelur seperti kebanyakan ayam lainnya baik melalui cara inseminasi ataupun alami dengan pejantan.

Untuk cara alami pada proses kawin ayam broiler biasanya di dalam satu kandang terdapat ayam pejantan untuk membuahi telur ayam agar bisa menghasilkan DOC, telur inilah kemudian yang dinamakan telur fertil, sedangkan telur infertil pada breeding di sortir dengan melalui seleksi dengan beberapa teknik untuk menentukan apakah telur itu fertil atau tidak.

Demikian jawaban dari pertanyaan apakah ayam broiler bisa bertelur semoga bisa membantu menjawab rasa penasaran dan keingintahuan serta menambah wawasan peternak.

Leave a Reply