Telur Ayam Broiler

Bagi para peternak mungkin selama ini ada yang masih beranggapan dan bertanya-tanya bahwa apakah ayam broiler bisa bertelur? Karena terkadang hal-hal kecil seperti ini bisa saja di tanyakan kepada anda selaku peternak atau anda yang memiliki pertanyaan itu dan jawabannya adalah telur ayam broiler itu ada dan dapat di tetaskan menjadi anak ayam.

Telur Ayam Broiler Atau Hatched Eggs (HE)

Telur Ayam Broiler
Indukan Ayam Broiler

Belakangan mulai ramainya telur ayam broiler atau hatched egg (HE) yang di perjual belikan, karena ada beberapa oknum yang mengambil keuntungan disebabkan murahnya harga jual daging di pasaran yang membuat permintaan akan DOC menjadi turun ditambah peraturan pemerintah tentang pembatasan DOC pun di berlakukan membuat perusahaan hathery memusnakan telur mereka tetapi sebagian oknum mengambilnya dan menjualnya dengan harga murah di lapangan.

Telur ayam broiler di larang di perjual belikan di pasaran oleh kementrian pertanian no. 32 tahun 2017 dan bagi siapa yang melanggar tentu akan mendapatkan tindak pidana.

Apakah perbedaan telur ayam broiler dengan ayam ras petelur? Lalu dapatkah telur ini di konsumsi dan di perjual belikan? Selengkapnya kita akan bahas disini.

Perbedaan Telur Ayam Broiler dengan Ayam Ras

Periode Masa Bertelur Indukan

FB IMG 1589603236778 edited

Terdapat perbedaan dalam berapa lama usia indukan dapat mulai bertelur. Tentunya umur bertelur ayam ras lebih cepat yakni di umur 18-19 minggu mulai belajar bertelur. Hal ini tidak mengejutkan karena ras petelur memang ayam unggul yang dibudidayakan dan memiliki genetik yang lebih cepat dalam menghasilkan telur.

Sedangkan ayam broiler yang merupakan ras pedaging 12-13 minggu lebih terlambat dalam mulai memproduksi telurnya alias berumur 6-8 bulan. Tujuan di produksinya juga berbeda, yang satu untuk konsumsi masyarakat sedangkan yang satunya lagi untuk budidaya bibit anakan.

Warna Telur Ayam Broiler

Telur Ayam Broiler

Warna telur ayam broiler terlihat kuning pucat bahkan beberapa ada yang berwarna putih. Hal ini berbeda dengan telur ayam ras yang biasanya berwarna coklat. Meskipun dalam produksi di kandang ada ditemui satu atau dua yang berwarna pucat, karena bisa saja indukan masih mulai belajar bertelur atau karena sedang mengalami sakit.

Ketahanan Telur dan Kandungan Gizi

Salah satu penyebab tidak diizinkannya untuk dijual karena telur ayam broiler dalam waktu seminggu sudah akan mulai mengalami pembusukan, hal ini jika di konsumsi tentunya akan mendatangkan bakteri yang tidak baik bagi masyarakat. Pada ayam ras telur bisa bertahan 3-4 minggu dengan perawatan yang baik. Di lain hal kandungan nilai gizi keduanya sama, tetapi perlu di garis bawahi yaitu saat keduanya masih segar.

Leave a Reply