Kandang Ayam Modern Dan Sederhana

Seiring perkembangan zaman adalah bermacam-macam kandang pada peternak yang dapat kita jumpai diantaranya kandang ayam modern dan sederhana, yang dimana di kandang sederha terdapat jenis kandang open panggung dan postal, lalu di bagi kembali menjadi kandang tingkat dan satu lantai. Lalu untuk kandang modern umumnya adalah postal tertutup dengan satu atau dua lantai.

Kandang pada ayam atau ternak lainnya ibarat rumah bagi hewan ternak kita dimana tugasnya dan kegunaannya antara lain adalah :

  • Melindungi dari sinar matahari
  • Melindungi dari pemangsa atau hewan buas
  • Melindungi dari hujan.
  • Sebagai tempat tidur dan berkembangbiak ternak.
  • Memudahkan dalam pemeliharaan termasuk pemberian pakan dan panen.

 

Kandang Ayam BK

Kandang Ayam BK

Kandang ayam bk dikenal juga dengan kandang ayam bangkok. Dimana kandang ayam bangkok ini cukup simpel karena di khususkan untuk 1 ekor saja. Kandang ayam bangkok model rak dengan tinggi dari lantai bervariasi. Ada juga yang kandangnya seperti bulatan kubah dimana sekarang di beri variasi jika dahulu dengan bambu yang memiliki ciri khas atasnya terbuka sedikit sekarang terbuat dari galvanis untuk lebih tahan lama. Di bagian bawah di lapisi dengan kayu untuk menjaga kebersihan kaki ayam bangkok.

Tentunya harga jual model kandang rak dan bulatan lebih murah bulatan dengan bambu dan lebih banyak di jumpai di pasaran.

Kandang Ayam Sederhana

Kandang Ayam Sederhana

Kandang sederhana digunakan untuk populasi kecil dan seperti ayam kampung yang tidak membutuhkan peralatan untuk makan dan minum yang lebih kompleks yang terkadang membutuhkan space lebih banyak sehingga disesuaikan dengan ukuran kandang dan biaya pembuatan yang dapat di kumpulkan dari sekitar kandang seperti bambu dan bahkan bisa memanfaakan perkarangan rumah yang tidak dimanfaatkan lalu di pagar. Kemudian bisa dengan memanfaatkan sisa bagian belakang rumah atau samping yang sudah ada pagarnya sebelumnya.

Hal ini bisa di lakukan karena ayam kampung memiliki antibodi yang lebih kuat dibandingkan dengan ayam broiler sehingga walaupun kondisi lingkungan sedikit lebih kotor masih bisa survive dan hidup serta berkembang biak, meskipun begitu kita tetap harus menjada kebersihan agar penyakit tidak datang, pemberian vitamin dan vaksin juga diperlukan apabila disekitar lingkungan sebelumnya memiliki riwayat penyakit tertentu yang dapat di antisipasi dengan vaksinasi.

Beberapa ayam yang bisa di tempatkan di kandang ayam sederhana antara lain :

  • Ayam KUB.
  • Ayam Pejantan,
  • Ayam Kampung,
  • Ayam Bangkok,
  • Ayam Broiler (dengan populasi sedikit)

Dalam kandang sederhana seringkali peternak hanya memelihara hanya untuk mengisi waktu luang, hobi dan beternak untuk memenuhi kebutuhan keluarga serta di potong di saat-saat di butuhkan saja semisal acara kebesaran seperti hari raya, tahun baru ataupun saat keluarga besar berkumpul.

Kelemahan kandang sederhana:

  1. Seringkali tidak dilengkapi dengan atap.
  2. Seringkali mengabaikan sirkulasi udara karena tertutup tembok atau bisa juga tanpa tembok yang menyebabkan angin langsung terkena ke badan ayam.
  3. Kebutuhan air dan pakan juga wadah pakan tidak di takar dan disesuaikan, seperti contoh pemberian pakan di tabur ke tanah yang justru malah membuat pakan tidak optimal di makan dan bercampur dengan tanah.

Kandang Ayam Modern Atau Close House

Kandang Ayam Modern

Kandang ayam masa kini dilengkapi dengan alat canggih seperti tempat minum otomatis, tempat pakan otomatis dan pengatur suhu otomatis, juga kipas atau blower otomatis yang dimana semua serba otomatis yang diatur oleh sebuah sistem. Kelemahan dari kandang ini adalah bergantung dari daya listrik yang dimana ketika tidak ada daya listrik maka semua alat akan berhenti bekerja terutama blower dimana blower ini sangat vital dikarenakan inilah penyuplai oksigen dalam kandang, ketika aliran listrik mati, maka blower tidak berfungsi dan untuk membuka tirai dibutuhkan waktu. Maka dari itu diperlukan jenset tambahan dan alarm tambahan dimana ketika listrik atau blower tidak berfungsi akan langsung diketahui oleh operator kandang.

Banyak sekali kejadian dimana ayam mati ratusan bahkan ribuan ketika operator kandang tidak mengetahui blower di dalam kandang tidak berfungsi sehingga mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah. Meskipun begitu dengan kandang ayam modern kita dapat keuntungan lebih banyak diantaranya:

  1. Hemat pemanas karena dengan menempatkan pemanas di ujung maka panas akan di sedot oleh blower dan pemanas lebih merata.
  2. Populasi dalam kandang dapat ditingkatkan 2-3 kali lipat dari kandang normal.
  3. Perkembangan ayam serta tingkat kerataan ayam lebih rata dengan tercukupinya selalu suhu dan kebutuhan ayam serta kenyamanannya yang dapat meningkatkan bobot ayam broiler dengan cepat.
  4. Tidak memerlukan perkerja yang banyak.

Sejatinya hampir semua jenis ayam seperti ayam kampung, broiler bahkan layer dapat di tempatkan di kandang ayam modern ini, akan tetapi semua kembali kepada operasional dan ketepatgunaannya. Apakah dengan menggunakan kandang modernĀ  performance pada ayam kampung contohnya tidak akan berpengaruh besar, justru malah operasioal semakin bengkak dan menjadi lebih rugi.

Contoh Kandang Ayam

Berikut adalah beberapa contoh gambar kandang ayam.

Leave a Reply