Cara Meningkatkan Bobot Ayam Broiler Dengan Cepat

Berbagai macam cara meningkatkan bobot ayam broiler dengan cepat banyak didapatkan dari sharing sesama peternak atau dari jurnal penelitian akademis yang akan kami rangkum berikut ini.

Ketika berbicara tentang ayam broiler, sudah tentu peternak pasti akan memacu dan mengoptimalkan baik dari segi pemeliaraan ataupun manajemen di dalam kandang serta luar kandangnya. Terutama ketika berbicara mengenai bobot ayam, bahkan tidak jarang beberapa peternak ketika berkomunikasi hanya untuk menanyakan sudah bobot berapa ayammu. Salah satu faktor keberhasilan dalam budidaya dan kemitraan ayam broiler adalah keberhasilan mencapai bobot badan ayam yang standart bahkan lebih dari standarnya.

Pondasi Dalam Cara Meningkatkan Meningkatkan Bobot Ayam Broiler Dengan Cepat

Cara Meningkatkan Bobot Ayam Broiler Dengan Cepat

Sebelum memasuki ke tahap berikutnya, ayam yang kita budidayakan harus sudah memiliki pondasi yang kuat yakni setidaknya bobot ayam di minggu awal dan kedua harus standar. Ini demi mengoptimalkan gen yang ada pada ayam broiler. Karena seringkali kegagalan dalam masa brooding atau 1 minggu awal atau seperti bobot badan ayam jauh di bawah standart menyebabkan cara-cara yang kita lakukan ini nantinya hanya cukup untuk menjaga ayam tetap sehat dan kerugian tidak bertambah besar.

Adapun beberapa pondasi ayam sebelum memulai proses meningkatkan bobot ayam broiler dengan cepat yaitu :

  1. Kualitas DOC harus baik dengan bobot standar di antara 38-42 gr, bukan DOC yang rawan sakit atau menderita penyakit bawaan seperti kaki kering dan omphalitis.
  2. Kualitas pakan harus baik, karena pakan adalah sumber nutrisi yang akan membantu tumbuh kembang ayam dan dengannya pembelahan sel dan pembesaran sel akan berlangsung optimal yang sejalan dengan pondasi ketiga di bawah.
  3. Manajemen pemeliharaan yang dibutuhkan ayam. Seperti halnya kenyamanan ayam, jika diibaratkan dengan kita peternak jika kita nyaman di dalam rumah kita akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Manajemen pemeliharaan yang baik meliputi Oksigen, Suhu, Cahaya, Air, Pakan (OSCAP) yang akan membimbing kita ke menuju pertumbuhan genetik dan bobot yang standart serta daya tahan tubuh ayam yang lebih kuat.

Cara Meningkatkan Meningkatkan Bobot Ayam Broiler Dengan Cepat

Penggunaan Suplemen Tambahan

Semenjak AGP pada pakan mulai di hapuskan oleh pemerintah, banyak tantangan baru yang di jumpai oleh peternak, diantaranya ayam yang pada sering sakit dan pertumbuhan bobot badan yang tidak seperti biasanya. Berbagai macam produk pengganti bermunculan di lapangan dengan istilah pengganti AGP. Tidak heran produk ini banyak peminatnya. Bahkan banyak produk serupa yang menghilangkan komposisi dari penyusunnya agar tidak melanggar hukum dan tidak ditiru oleh produsen lain.

Meskipun harganya mahal dan belum teruji tetap beberapa peternak mencoba untuk mendapatkan hasil yang baik seperti maxtream, agp generasi ke-2 dan suplemen tambahan lainnya yang menjamin melindungi dan memperbaiki usus. Memang dimana jika usus baik maka proses pencernaan makanan menjadi maksimal yang dimana juga AGP dulunya adalah antibiotik yang melindungi usus dari penyakit dan bakteri.

Vitamin Tambahan

Tabel Kandungan Vitamin

Soal vitamin tambahan, harus menyesuaikan dengan dosis yang tertera. Hal ini karena bisa menyebabkan ayam mencret ketika diberika kebanyakan. Alias vitamin yang di berikan tidak terserap sempurna dan membuang-buang uang anda. Dikarenakan tubuh ayam seperti tubuh manusia jika kebutuhan vitamin yang diberikan atau dimasukkan sudah cukup maka yang lainnya akan di buang melalui air seni. Hal ini justru akan memperberat kerja ginjal pada ayam, terlebih jika anda juga memakai obat dalam waktu bersamaan.

Probiotik

Probiotik Ternak

Probiotik seperti Em-4 atau mikroba lainnya memang terbukti baik untuk pencernaan dan melawan bakteri jahat. Yang juga baik untuk membantu proses pencernaan makanan, hal ini yang jelas kami rekomendasikan untuk di pakai kepada anda. Pastikan probiotik sebelum di berikan di istirahatkan terlebih dahulu beberapa jam di air agar bakteri bekerja maksimal.

Herbal

Herbal memiliki keunggulan dari segi harga yang murah dan mudah di dapat, hasilnya juga baik untuk tubuh ayam. Seperti kunyit yang memiliki antibakteri alami dan bahan herbal lainnya.

Semoga cara meningkatkan bobot ayam broiler dengan cepat ini bermanfaat. terimakasih.

Leave a Reply