Pakan Alternatif Ayam Joper

Pakan alternatif ayam joper biasanya memang tidak bisa memberikan pertumbuhan yang secepat pakan pabrikan tetapi pakan alternatif memberikan sedikit solusi atas permasalahan dari pakan yang semakin mahal dan sering mengalami kenaikan saat ini. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan kondisi harga jual ayam joper yang mengalami kenaikan dan penurunan.

Untuk berternak ayam joper sendiri tergolong mudah, dimana sistem pemeliharannya hampir sama dengan ayam pejantan tetapi memiliki karakterisitk yang berbeda. Pakan ayam joper sendiri untuk yang pabrikan menggunakan pakan yang sama dengan unggas pedaging lainnya.

Pakan Alternatif Ayam Joper

Campuran Pakan Alternatif Ayam Joper

Campuran pakan ayam joper haruslah di dapatkan dari bahan baku di sekitar peternak yang mudah di dapatkan, di analisa dan murah tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian dari ayam joper, selain itu kita juga harus mencari campuran pakan ayam joper yang mudah di analisa dengan mata kita sendiri, hal ini agar kita lebih menghemat biaya dari mengelab kan bahan pakan.

Beberapa pakan alternatif ayam joper di buat menggunakan konsentrat dan premix agar tetap bisa menjaga produksi hariannya. Adapun bahan-bahan campuran pakan ayam joper antara lain:

  • Konsentrat grower 45%
  • Jagung 50%
  • Dedak 5%

Campuran pakan diatas, juga bisa untuk ayam kampung, bebek pedaging, joper dan khusus untuk sensi mulai berlaku dari usia ketika memasuki 13 minggu sampai 21 minggu.

Kebutuhan Pakan Ayam Joper Sampai Panen

Dari awal DOC dan hingga panen tentu ayam joper memerlukan waktu kurang lebih 2 bulan hingga ia akan memperoleh bobot badan di kisaran 1 kg sampai 1,3 kg, dimana total untuk kebutuhan nutrisi yang diperlukan dari DOC hingga panen adalah :

  1. Energi Metabolisme 3150
  2. Protein Kasar 21,6
  3. Vit D3 3.000iu
  4. Jagung 51,43
  5. Pollard 3,65
  6. Sbm 44/46 34,65
  7. Minyak gor. 5,49
  8. dcp/MCP 2,3
  9. Tepung Batu/Grit 0,91
  10. Garam 0,45
  11. Meth. 0,42
  12. Tysin 0,29
  13. Threonin 0,18
  14. Chollin 0,1
  15. Vit. 0,02
  16. Mineral 0,11

Kebutuhan Pakan Ayam Joper Per 100 Ekor

Setelah di atas kita bahas kebutuhan kandungan nutrisi dari awal hingga panen kini untuk kebutuhan pakan perkilonya sampai akhir, dimana ayam joper membutuhkan pakan 2,4 kg untuk bisa mendapatkan daging 1 kg. Dimana jika kita memelihara ayam joper sebanyak 100 ekor maka kita tinggal kalikan saja yaitu :

2,4 kgx100 ekor = 240 kg/50 kg = 4,8 zak

Berarti kebutuhan pakan ayam joper per 100 ekornya adalah 4,8 zak atau jika membeli dalam satu zak penuh karena harga lebih akan lebih murah. Dan dimana jika ingin membeli 5 zak kita bisa memelihara ayam joper sebanyak 105 ekor, apabila menggunakan pakan alternatif ayam joper kebutuhan tetap sama untuk perkilonya tetapi biasanya bisa lebih jika kandungannya kurang baik untuk pertumbuhan joper sehingga ayam usia ayam menjadi lebih lama untuk panen.

Pakan Ayam Joper Agar Cepat Besar

Pakan Alternatif Ayam Joper

Dalam artikel yang lalu yang berjudul cara ternak ayam joper  pernah sedikit disinggung masalah pakan. Jika ingin ayam joper cepat besar maka ada beberapa hal yang harus di penuhi antara lain :

  • Pakan berkualitas untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi
  • Manajemen yang baik
  • Model pemeliharaan intensif

Dimana ketiga hal ini tidak bisa ditinggalkan, biarpun kita memakai pakan yang berkualitas jika manajemen tidak baik maka ayam kita tidak akan cepat besar dan akan terbuang percuma. Selain itu pakan yang berkualitas untuk saat ini adalah pakan yang di produksi oleh pabrikan yang tergolong lebih mahal.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Ayam Joper

Pakan Fermentasi Ayam Joper

Terknologi fermentasi memang bisa meningkatkan daya tahan pakan serta kualitas pakan asal cara membuatnya benar, teknologi fermentasi pada ayam terbilang adalah teknologi yang baik, adapun cara membuat pakan fermentasi ayam joper adalah dengan penambahan bakteri baik seperti EM-4.

Dimana em-4 disini bertugas untuk membantu meningkatkan proses kecernaan dan kualitas bahan pakan dan secara tidak langsung akan melawan bakteri jahat yang terdapat di dalam pakan. Adapaun bahan pakan yang kita gunakan disini masih sama, yaitu pakan alternatif ayam joper berupa konsentrat, jagung dan dedak.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Ayam Joper

  • Adapun kesemua bahan diatas di campurkan dan diberi em-4 yang telah dilarutkan kedalam air.
  • Kesemua bahan diaduk dan di tutup rapat dalam kondisi anerob atau tanpa udara.
  • Lalu didiamkan selama beberapa hari.

Selain em-4 proses fermentasi pakan alternatif ayam joper lain bisa menggunakan Nitrobakter-TJ PETERNAKAN.

Pakan yang telah difermentasi akan mengalami perubahan aroma, dimana akan menjadi lebih wangi serta meningkatkan kesukaan ayam terhadap pakannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply