Cara Ternak Bebek Pedaging

Cara Ternak Bebek Pedaging

Komoditas peternakan dalam budidaya unggas terutama bebek ada dua, yaitu bebek petelur dan bebek pedaging. Dimana cara ternak bebek pedaging memiliki keunggulan diantaranya lebih cepat panen dengan menggunakan sistem pemeliharaan intensif bahkan ada yang 40 hari sudah bisa di panen.

Pemilihan Jenis Bebek Pedaging

Ada dua jenis bebek pedaging yang memiliki pertumbuhan cepat seperti bebek hibrida dan bebek peking. Dimana bebek hibrida adalah bebek hasil persilangan dari indukan bebek peking dan bebek lokal yang memiliki genetik unggul seperti Mojosari dan Khaki Campbell asal Inggris.

Meski tidak bisa mengalahkan pertumbuhan dari bebek peking tetapi pertumbuhan bobot badan dari bebek hibrida relatif lebih cepat dari bebek lainnya.

Pakan Bebek Pedaging

Pakan pada bebek pedaging secara umum memiliki tiga fungsi, yaitu :

  • Memenuhi kebutuhan pokok. membentuk dan mengganti sel dan jaringan tubuh yang rusak.
  • Untuk memproduksi telur dan daging.
  • Untuk berreproduksi.

Kebutuhan pakan pada bebek pedaging dan petelur jelas berbeda. Ada beberapa pakan yang bisa dipakai untuk bebek pedaging diantaranya adalah pakan buatan sendiri dan pakan pabrikan. Dalam pembuatan pakan sendiri yang diracik bisa menggunakan  pedoman kebutuhan gizi bebek peking pada berbagai usia dibawah ini :

Kandungan GiziFase Starter 0-2 mingguFase Grower 2-7 mingguBibit
Protein Kasar (%)221615
Energi (kkal EM/kg)2.9003.0002.900
Metionin (%)0,40,30,27
Lisin (%)0,90,650,6
Ca (%)0,650,62,75
P tersedia (%)0,40,3

*NRC, 1994

Pakan Bebek Pedaging Agar Cepat Besar

Pakan bebek yang digunakan untuk cepat harusnya sesuai dengan standart kebutuhan harian dan sesuai dengan fase pertumbuhannya, karena bebek dewasa dan kecil memiliki perbedaan pada kebutuhan protein dan energinya.

Salah satu pakan yang bisa mempercepat besarnya bebek pedaging adalah pakan pabrikan. Ada banyak sekali pakan yang bisa diberikan kepada bebek, contohnya adalah pakan ayam pedaging pabrikan.

NoKomposisi NutrisiPersentase (%)
1Protein Kasar17,98
2Lemak5,95
3Serat Kasar9,26
4Abu6,99
5Air7,89
6BK92,11

Di atas adalah salah satu hasil analisa proksimat dari pakan pabrikan. Yang diman protein kasarnyy 17,98% yang dimana ini cocok untuk digunakan pada bebek fase grower. Meskipun sebenaarnya pada tiap karung pakan disertakan nilai nutrisi dari pakan yang ada tetapi ada kalanya kandaungannya mengalami pengurangan dan inilah gunanya dari analisa proksimat, Untuk memastikan kembali kandungannya.

Pakan Alternatif Bebek Pedaging

Adapun pakan alternatif pada bebek pedaging yang bisa diberikan adalah kumpulan dari beberapa bahan di bawah ini

  • Jagung,
  • Dedak,
  • Menir,
  • Kedelai,
  • Bungkil kelapa,
  • Tepung ikan,
  • Tepung dara,
  • Tepung tulang,
  • Mineral,
  • Bekicot,
  • Konsentrat.

Masing-masing dari bahan itu memiliki kandungan yang saling melengkapi, dan diberikan berdasarkan persenan seperti jagung atau dedak yang pemberiannya 20%, kedelai 15%, bungkil kelapa 5%, tepung ikan dan tepung dara masing-masing 10%.

Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen

Untuk bisa panen pada usia 40 hari bebek hibrida dengan bobot 1,2-1,4 kg dan bebek peking pada bobot 1,4-1,8 kg kita harus memperhatikan manajemen dan pakan serta kenyamanan pada bebek di kandang. Yang lainnya adalah manajemen penyakit dimana sebisa mungkin ketika bebek sudah mulai menunjukkan gejala harus dipisah dan diobati. Beberapa yang penting lainnya adalah masa brooding dan masa produksi.

Manajemen Brooding

Pada masa ini adalah masa dimana pembesaran sel dan pembelahan sel, yang dimana ini berperan penting untuk pertumbuhan daging serta pertumbuhan bobot badan hariannya hingga usia panen 40 hari. Pada suhu yang standart bebek tidak akan kedinginan dan akan memfokuskan pakan yang masuk untuk perkembangan daging.

Standart Pertumbuhan Bobot Badan Bebek Hibrida

Standart bobot badan bebek hibrida

Sebaiknya setiap harinya atau minimal setiap minggunya  dilakukan penimbangan pada bobot bebek terutama pada minggu awal. Jika ada bobot yang tidak standart atau kurang dari standart kita bisa mengganti pakan dengan yang lebih baik dan perbaikan manajemen, seperti pelebaran dan penambahn pemanas jika dirasa diperlukan atau bebek merasa dingin dimalam hari.

Manajemen Kandang

Sebaiknya kandang yang digunakan adalah kandang yang sesuai dengan jumlah standart populasi bebek, tidak terlalu padat karena bisa menghambat bebek untuk mendapatkan pakan dan terjadinya kompetisi yang bisa mengakibatkan efek negatif pada pertumbuhan bobot bebek.

Pada kandang awal bebek di gunakan terpal atau plastik untuk menghalau dingin dari luar dan agar panas dari pemanas tidak keluar sehingga pemanas bisa optimal. Untuk kandang setelah masa brooding bisa menggunakan kandang dengan tipe panggung yang bisa mengeluarkan kotoran dan tidak berdiam di lantai yang bisa membuat amonaik menjadi tinggi.

Kebutuhan Pakan Bebek Pedaging Per 100 Ekor

Kebutuhan Pakan Bebek Pedaging Per 100 Ekor

Untuk mencari kebutuhan bebek per 100 ekornya kita bisa mencarinya dengan hal pertama adalah kita akan panen sampai bebek bobot berapa kg. Contohnya kita akan melakukan panen saat bebek berumur 1,8 kg dimana kebutuhan pakannya adalah 3,8 kg dari kecil hingga besar.

Dengan begitu 100×3,8kg menjadi 38 kg. Maka kebutuhan pakan bebek pedaging per 100 ekornya bobot 1,8 kg adalah 38 kg.

Hal ini berlaku jika bobot bebek standrt di tiap minggunya. Jika bebek mengalami bobot telat di minggu awal, kemungkinan minggu kedua, tiga juga akan telat dan pakan mennjadi lebih boros.

Leave a Reply