Ayam Arab Petelur dan Pedaging

Salah satu alternatif dan termasuk kedalam jenis unggas petelur. Ayam arab memiliki keunggulan dibanding ayam sejenisnya yaitu ayam ras terlebih dari sisi pemeliharaan dan daya tahan tubuh.

Sebagai penambah ilmu pengetahuan, bahwa asal usul ayam ini ternyata dari negara Belgia, lalu kenapa namanya adalah ayam arab dan bukan ayam belgia? ternyata nama ayam itu datangnya dari bawaan jamaah yang sedang berhaji lalu telur ayam ini di bawa ke Indonesia.

Ayam ini termasuk kedalam unggas ayam buras yang memiliki arti ayam bukan ras hal ini sebutan untuk ayam kampung, ayam kate dan beberapa jenis lainnya.

Telur Ayam Arab

telur ayam arab

Telur ayam yang diternakkan yang memiliki produksi telur pertahunnya yang terbilang paling tinggi diantara ayam berjenis buras lainnya. Telur ayam memiliki karakteristik seperti :

  • Warna kerabang putih hampir 90-95% dari total keseluruhan.
  • Bentuk telur oval dan ujungnya sedikit meruncing.
  • Berat dan besar telur hampir sama dengan ayam kampung.

Cara Membedakan Telur Ayam Kampung dan Ayam Arab

Dipasaran sekarang sangat susah untuk ditemukan yang berjualan telur ayam kampung asli, sebagian dari masyarakat terkecoh dengan kemiripan antara kedua telur ini. Bahkan tidak jarang pedagang yang menjual telur arab melabeli telur ini dengan telur kampung.

Namun meski begitu seharusnya pedagang harus kooperatif untuk jujur dengan hasil jualannya meskipun harga jual telur ayam kampung asli diatas harga ayam arab. Ada beberapa perbedaan yang bisa kita jadikan patokan untuk menentukannya diantaranya:

  1. Telur ayam kampung dalam sekali bertelur dapat kita temui warna yang selain putih, seperti abu-abu, krem dan ada juga warna kecoklatan.
  2. Jika dipecahkan kita akan dapat melihat warna kuning pada telur ayam kampung lebih pucat serta ukuran kuningnya lebih kecil.
  3. Telur ayam kampung memiliki bau amis, kebalikannya dari ayam arab yang justru membuatnya menjadi lebih enak saat di konsumsi ditambah dengan rasa manis dan sedikit rasa gurih.

Ayam Arab Jantan

ayam arab jantan

Ayam jantan menjadi komoditas unggas yang di manfaatkan dagingnya dan mulai diseleksi apabila peternak ingin membudidayakan dan mengambil telurnya. Ayam yang jantan memiliki kelebihan di antaranya:

  • Ayam ini memiliki tingkat seksualitas yang terbilang cukup tinggi, 1/4 jam saja sudah bisa melakukan perkawinan sebanyak 3 kali.
  • Bobot ayam jantan dewasa dengan pemeliharaan intensif bisa mencapai 1,8kg.

Sedangkan untuk perbedaan antara pejantan dan betina, jantan memiliki karakteristik seperti :

  • Tinggi dapat mencapai 30 cm.
  • Memiliki pial berwarna merah.
  • Dominasi warna bulu, putih, abu-abu dan hitam.
  • Bulu tebal.
  • Bentuk tubuh segiempat.

Ayam Arab Petelur

ayam arab petelur

Untuk usia awal ketika baru memulai bertelur atau bertelur pertama kalinya, membutuhkan waktu 4,5-5,5 bulan. Yang dimana ketika sudah bertelur akan mampu menghasilkan telur sebanyak 200-250 butir telur pertahunnya. Tentunya dengan pakan yang sesuai kebutuhan nutrisi dan manajemen yang baik.

Ketiadaan sifat mengeram pada ayam betina membuatnya bisa memproduksi telur dalam waktu yang lebih lama dari ayam buras lainnya. Meskipun yang betina memiliki pial tetapi warnanya tidak semerah dan secerah yang jantan.

Untuk rentang hidup ayam ini cukup panjang dimana bisa berumur 5-10 tahun. Kelebihan lainnya ayam ini memiliki karekteristik seperti ayam petelur dan ayam kampung.

Harga Ayam Arab

DOC Ayam Arab

Untuk harga sendiri pertanggal 25 Desember 2020 untuk pullet dengan belum termasuk ongkir berkisar di :

Umur 3 bln @ 55.000
Umur 4 bln @ 66.000
Umur 5 bln @ 78.000
Sedangkan untuk DOC di Pulau Jawa kisaran @ 700.000 / box, dimana satu boxnya berisi 100-102 ekor ayam. Dimana akan lebih mahal jika dikirim jauh dan dekatnya karena menambah biaya ekspedisi.

Harga Telur Ayam Arab

Sementara untuk harga telurnya ini selalu berubah menurut dan melihat serapan pasar, terutama di menjelang lebaran dan tahun baru yang akan mengalami kenaikan karena permintaan lebih tinggi dari biasanya.

Bahkan di setiap daerah juga berbeda, apalagi di luar pulau. Sebagai pedoman untuk harga telur di wilayah Blitar, Jawa Timur di harga Rp. 1.650-1.700/kilogramnya di tingkat peternak.

Ternak Ayam Arab

Untuk cara beternaknya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti pemilihan bibit yang baik, lalu kandang untuk petelur dan pedaging serta anakan, lalu pakan serta vitamin.

Pemilihan Bibit

Kualitas bibit atau anakan doc yang baik dipilih dari induk yang juga memiliki potensi genetik yang baik. Persilangan dari kedua ayam yang unggul akan menghasilkan anakan yang lebih unggul dengan mewarisi potensi genetik keduanya.

Bibit bisa kita buat sendiri tetepi jika di awal belum ada, sebaiknya di beli di tempat yang sudah terpercaya dan mendapatkan rating tinggi. Sementara untuk yang sdah ada indukanya, pilihlah indukan yang historis bertelurnya baik.

Jika ingin dijadikan pedaging, carilah dan catat jantan yang memiliki pertumbuhan yang baik.

Kandang

Ada dua tipe kandang yang bisa digunakan dan buat untuk budidaya ayam ini. Untuk Anakan pakailah kandang yang tidak langsung alasnya adalah tanah karena bisa menyebabkan naiknya kelembapan, tetapi usahakan diberi jarak dari lantai. Pemanas lampu bisa digunakan untuk populasi kecil dan perhatikan kepadatannya.

Kandang untuk ayam arab petelur yang baik adalah model baterai, kalau di ayam petelur kadang baterai diisi satu ekor satu di ayam ini bisa diisi dua karena bobot yang lebih kecil.

Untuk kandang ayam pedaging bisa menggunakan kandang tipe ranch yang memanfaatkan perkarangan rumah dengan pemberian atap, atau kandang panggung.

Pakan

Untuk standart nutrisi harian dari ayam lokal di Indonesia belum ada patokan standartnya, karena unggas lokalnya sangat beragam. Termasuk untuk standart kebutuhan nutrisi pada pakan ayam arab.

Tetapi berdasarkan penelitian dari Windawati Alwi1*, Laily Agustina1, Muhammad Zain Mide, bahwa yang paling baik untuk konversi pakan ada pada kandungan pakan dengan nutrisi Protein 18% dan energi 2 800 Kkal kg.

Adapun bahan-bahan penyusnnya bisa dengan menggunakan :

  • Dedak
  • Jagung
  • Konsentrat

Vitamin

Vitamin pemberian di awal dan saat ayam kelihatan lemas bisa diberikan vitamin yang berisi energi dan nutrisi lainnya. Bisa didapatkan di toko peternakan dengan harga yang murah.

Leave a Reply