Efek Ayam Broiler Kedinginan

Ayam broiler adalah ayam yang mempunyai genetik unggul dalam pencapaian bobot badan dan salah satu syarat tercapainya hal tersebut adalah kenyamanan denganĀ  kondisi suhu yang nyaman di standart suhu ayam tidak panas ataupun tidak terlalu dingin dimana efek ayam broiler kedinginan sangat buruk bagi pertumbuhan ayam.

Yang Menyebabkan Ayam Broiler Kedinginan

Yang perlu di ketahui sebelumnya bahwa pada setiap umur kebutuhan suhu ayam bisa berbeda-beda, ayam broiler kedinginan ini lebih kepada umur ayam kecil, dimana pencapaian suhu kandang tidak optimal dan ayam broiler kedinginan dengan banyak penyebabnya diantaranya:

  • Pemanas kurang mencukupi.
  • Broodingan asal.
  • Suhu luar lingkungan sangat dingin.
  • Tirai bolong sehingga api pemanas keluar dan suhu luar masuk ke kandang.

Dimana masih banyak lagi kemungkinan yang bisa menyebabkan ayam broiler sampai kedinginan seperti peternak yang tidak standy dikandang karena walaupun pemanas cukup, dan broodingan baik tetapi gas atau pemanas habis saat malam hari dimana kondisi dingin menjadi penyebab lainnya.

Efek Ayam Broiler Kedinginan

Efek Ayam Broiler Kedinginan

Ada banyak sekali efek dari ayam broiler yang kedinginan yang ini menyebabkan peternak banyak mengalami kerugian, terutama saat peternak hitung-hitungan, biasanya ini terjadi pada peternak baru dimana peternak membatasi penggunaan pemanas padahal kondisi lingkungan saat itu sedang dingin.

Pemanas adalah kunci utama dari terjaganya suhu ayam broiler. Peternak yang tahu bahwa kebutuhan panas saat awal harus dicukupi biasanya akan memperpanjang pemakaian pemanas saat kondisi dingin biasanya juga beberapa peternak menggunakan pemanas ayam broiler alternatif, baik itu pemanas ayam broiler otomatis ataupun pemanas manual.

Bertumbuh Lebatnya Bulu

Pada ayam broiler yang kedinginan, sistem saraf mereka akan merespon dan mengirim sinyal bahwa mereka membutuhkan perlindungan untuk menghilangkan rasa dingin pada tubuh mereka. Nah pakan yang di konsumsi inilah caranya, tubuh mereka secara otomatis menggunakan nutrisi untuk pembentukan ke pertumbuhan bulu sehingga ada perlindungan mereka dari suhu dingin.

Semakin jelek manajemen dalam suhunya maka bulu ayam akan semakin tebal, ayam broiler sendiri di manfaatkan daging, untuk di jual menurut harga ayam broiler harian bukan bulunya. Jika terus berlanjut maka FCR peternak akan bengkak dan peternak pasti mengalami kerugian.

Mudahnya Bibit Penyakit Masuk

Efek ayam broiler kedinginan lainnya adalah ayam akan mudah terserang penyakit, dimana dalam kondisi dingin maka pertahanan tubuh dan antobodi tubuh menjadi menurun. Hal ini yang menyebabkan ayam broiler mudah sekali terserang penyakit jika ayam broiler kedinginan.

Dan jika penyakit sudah masuk lalu ayam terus kedinginan, ayam akan drop dan kematian pada suatu kandang akan meningkat. Kematian yang meningkat ini sama saja dengan membuang pakan dan uang pembelian doc.

Pertumbuhan Ayam Tidak Optimal

Efek Ayam Broiler Kedinginan

Hal ini bisa terjadi jika ayam broiler sempat kedinginan dalam beberapa hari dan ada perbaikan berikutnya. Pertumbuhan ayam yang tidak optimal ini terjadi pada ayam broiler masa brooding dimana pembelahan sel berlangsung.

Efek ayam broiler kedinginan di awal menyebabkan pertumbuhan bobot ayam tidak optimal dimana, ketika ayam broiler sudah kehilangan pencapaian bobot di awal karena salah manajemen maka sampai besar bobot ayam broiler masih akan tetap telat.

Penyebab Kematian Tinggi

Berlanjut dari masuknya bibit penyakit yang kemudian mengarah ke kematian tinggi terutama ketika yang menyerang adalah virus, sedangkan jika yang menyerang adalah bakteri yang sama maka peternak yang memberikan obat yang sama tidak akan terlalu bisa menyembuhkan bibit penyakit yang menyerang hingga kematian menjadi lebih tinggi.

Kerugian Peternak

Yang terakhir semoga semua peternak terhindar dari hal ini. Selalu upgrade manajemen dan perbaikan manajemen lainnya yang kurang di periode sebelumnya.

Cara Mengatasi Agar Ayam Broiler Tidak Kedinginan

Ada beberapa hal untuk mencegah peternak mendapatkan efek ayam broiler kedinginan yaitu dengan beberapa cara berikut ini, seperti :

  • Memakai pemanas yang standart sesuai populasi ternak.
  • Memantau suhu tercapainya di kandang dengan kenyamanan ayam hingga tidak ada yang bergerombol.
  • Penggunaan tirai yang lebih tebal di lingkungan dingin, dan menambal tirai yang bolong.

Semoga bermanfaat dan peternak mengerti hingga tidak lagi membiarkan terjadi efek ayam broiler kedinginan di kandangnya.

Leave a Reply