Ternak Bebek Petelur Lengkap

Ternak Bebek Petelur

Pertama kali yang perlu diluruskan adalah bahwa itik dan bebek adalah hewan yang sama, hanya terkadang beberapa daerah ada yang lebih mengenal dengan sebutan itik dan daerah lainnya bebek. Ternak bebek petelur dan ternak itik petelur adalah peternakan hewan yang sama.

Hal ini didasarkan pada kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI yang dimana ketika mencari kata bebek maka yang ditemukan adalah itik. Yang dimana pengertian bebek atau itik adalah hewan unggas yang memiliki sepasang kaki dan sayap dengan suara khas dan pandai berenang.

Dalam ternak bebek petelur ada beberapa hal yang perlu di perhatikan seperti pemilihan jenis bibit, tipe kandang dan pakan pada bebek yang bisa menunjang produksi dan waktu bertelurnya.

Jenis Bebek Petelur

Ada banyak sekali bebek lokal dan asli Indonesia yang mempunyai kelebihan dalam hasil telurnya yang lebih banyak serta pencapaian dagingnya yang lebih cepat dari pada bebek biasanya. Adapun beberapa jenis bebek petelur yaitu :

Bebek Magelang

Pada tahun 2013 itik Magelang di tetapkan oleh Kementrian Pertanian sebagai itik lokal Indonesia dengan ciri khas khususnya yaitu pada bulu yang melekat di leher yang berwarna putih. Dengan kelebihannya sebagai itik petelur yaitu mampu memproduksi telur ari 250 butir hingga 300 butir per tahun per ekornya.

Bebek Tegal

Bebek atau itik tegal memproduksi telur sebanyak 200-250 butir/tahunnya dan masa telur pertama kali yaitu di 5,2-5,5 bulan dengan sistem pemeliharaan yang dikurung atau di kandangnya dan di penuhi kebutuhan pakan dan minum sehari-harinya.

Bebek Alabio

Itik ini cukup terkenal di kalangan peternak sebagai plasmanutfah asli Indonesia dimana berasal dari Pulau Kalimantan. Itik ini sebenarnya memiliki potensi genetik dalam pertumbuhan bobot badannya tetapi untuk bertelur itik ini juga baik, karena produksi tahunannya mencapai 220-250 butir.

Bebek Mojosari

Bebek Mojosari merupakan hewan yang berasal dari Mojokerto, Jawa Timur dan telah tersebar ke banyak wilayah seperti Pulau Jateng, Jatim, Sulawesi, Kalimantan, NTT. Kelebihan bebek ini bisa menghasilkan telur sebanyak 200-220 butir setahunnya. Awal umur bertelurnya di kisaran 5-5,5 bulan dan akan mencapai masa afkir diumur tiga tahun.

Kandang Ternak Bebek Petelur

Kandang ini yang akan mempengaruhi sistem pemeliharaan, dan pemberian pakan serta lama bertelur juga produksi telurnya. Banyaknya sekarang ini sistem pemeliharaan pada bebek petelur adalah intensif, dimana kandang dibuat untuk melindungi dan mencukupi kebutuhan pakan dan minumnya tanpa keluar.

Pada kandang tipe yang dikembalakan di luar kandang kita tidak akan membahasnya dikarenakan pada bebek yang tidak dikandangkan alias digembalakan produktivitas telurnya menjadi rendah yaitu sekitar 26-41% dimana ketika dikandangkan bisa mencapai 51% – 69,4% dalam setahun.

Ada dua tipe kandang dalam sistem pemeliharaan bebek petelur yaitu :

  1. Tipe kandang ranch
  2. Tipe kandang baterai

Tipe Kandang Baterai

kandang bebek petelur baterai

Perbedaan pada kedua tipe kandang ini walaupun sama intensif yaitu pada jarak dan struktuk kandangnya. Kandang baterai sama seperti kandang pada cara ternak ayam petelur dan cara ternak puyuh dengan satu bebek di satu blok kandang dan dipisah oleh sekatan pada kandang.

Sedangkan kekurangan tipe kandang baterai yaitu :

  • Biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar dengan biaya pembuatan kandang .
  • Jika ingin mendapatkan telur yang bisa ditetaskan biasanya dilakukan inseminasi atau di pindahkan ke kandang lainnya

Tipe Kandang Ranch

Ternak Bebek Petelur kandang ranch

Sedangkan tipe kandang ranch adalah kandang di lantai yang luas dengan sebagian kandang beratap dan ada jga yang tidak beratap, biasanya tipe kandang ini untuk tipe petelur yang akan dilakukan perkawinan. Seperti umbaran tetapi dibatasi dengan pagar dan pintu di sisi sampingnya.

Beberapa kekurangan kandang tipe ranch yaitu:

  • Pada saat hujan hewan bebek biasanya tidak akan langsung menggir ke tempat yang beratap, karenanya kita sesekali harus menggiringnya untuk menjaga dan menunjang produktivitas dan kesehatan dari ternak ini.

Pakan Bebek Petelur

Pakan bebek petelur disusun berdasarkan kebutuhan nutrisi hariannya. Yang dimana untuk kebutuhan nutrisi pada pakan bebek petelur atau itik petelur dibagi dalam 3 fase, yaitu :

  1. Fase pertumbuhan di umur 1-16 minggu.
  2. Fase produksi 6 bulan pertama.
  3. Fase produksi 6 bulan kedua.

Dimana kebutuhan gizinya pada nomor satu lebih rendah dari pada fase nomor 2 dan fase 2 lebih rendah dari fase 3.

Tabel 1. Kebutuhan gizi itik petelur pada berbagai umur*

GiziStarter (0-8 minggu)Grower (9-20 minggu)Layer (>20 minggu)
Protein kasar (%)17-2015-1817-19
Energi ( kkal EM/kg)3.1002.7002.700
Metionin (%)0,370,290,37
Lisin (%)1,050,741,05
Ca (%)0,6-1,00,6-1,02,90-3,25
P tersedia (%)0,60,60,6

*Sumber: SINURAT (2000)

Jenis Pakan Bebek Petelur

Untuk pakan bebek ayam petelur bisa digunakan campuran beberapa macam bahan, yang nantinya disusun dan lebih baiknya di lab kan melalui uji proksimat untuk mendapatkan kandungan gizi seperti yang telah di jelaskan pada tabel kebutuhan energi di atas.

Adapun bahan-bahan penyusunnya adalah :

  • Dedak padi
  • Jagung
  • Menir
  • Sagu
  • Bungkil kelapa
  • Konsentrat
  • Ikan kering
  • Keong
  • BP-24
  • Mineral komplit itik petelur
  • Grit

Leave a Reply