Cara Fermentasi Pakan Ayam

Bagi sebagian peternak Indonesia, kehadiran cara fermentasi pakan ayam terbukti membantu menghemat dan menghadirkan pakan yang lebih bernutrisi buat ternak mereka. Tidak hanya pada ternak besar, teknologi fermentasi sekarang banyak di terapkan di ternak kecil seperti unggas.

Sejatinya fermentasi memiliki fungsi atau manfaat dengan meningkatkan nutrisi dari bahan pakan yang difermentasi itu sendiri, bahan pakan yang lebih dulu di tingkatkan nilai nutrisinya adalah jerami padi.

Pengertian Fermentasi Pakan Ayam

Fermentasi membuat pakan aslinya yang diberikan untuk menjadi lebih sederhana dan lebih mudah dicerna tentunya oleh usus dan sistem organ pencernaan pada ternak.

Diharapkan, melalui teknologi fermentasi yang berkembang saat ini didapatkanlah sebuah hasil perbaikan dan peningkatan nilai nutrisi semua bahan baku yang tersedia di sekitar peternakan yang jumlahnya banyak.

tidak termanfaatkan secara baik bahkan dianggap limbah oleh masyarakat sekitar. Lebih lengkapnya lagi mengenai penjelasan fermentasi adalah salah satu pengolahan dengan cara pengawetan bahan serta mengurangi dan bahkan menghilangkan zat yang berbahaya seperti racun.

Racun yang terdapat pada bahan pakan dan adanya berbagai jenis mikrooganisme yang memiliki fungsiĀ  mengubah pati menjadi kandungan protein dengan ditambahkannya nitrogen anorganik melalui proses fermentasi.

Cara Fermentasi Pakan Ayam Pabrikan

Karena telah disebutkan di atas hampir seluruh bahan pakan bisa untuk di fermentasi, ternyata pakan pabrikan juga bisa di fermentasi. Cara fermentasi pakan ayam pabrikan tergolong cukup mudah karena bahan utamanya sudah di kumpulkan dalam karung pakan.

Ketika beberapa peternak bertanya kenapa pakan ayam pabrikan difermentasi, bukannya kandungan di dalamnya sudah cukup baik dan bisa menunjang pertumbuhan ayam.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pakan pabrikan tidak semuanya adlah pakan dengan kandungan baik, karena nya banyak kita jumpai pakan yang memiliki banyak harga berbeda.

Tentunya pakan yang harganya mahal dengan yang harganya murah ada pengurangan kandungan nutrisi, nah disinilah kita ingin menambah dan meningkatkan kandungan nutrisinya dengan metode fermentasi.

Bahan dan Alat

  • Wadah kedap udara untuk menyimpan pakan.
  • Plastik atau terpal untuk mengaduk dan mencapurkan pakan dengan Em-4
  • Em-4
  • Semprotan
  • Gula
  • Penambahan unsur makro dan mikro, seperti asam amino (optional).

Cara Fermentasi

  1. Em-4 di buka dan tuang kedalam ember terlebih dahulu yang sudah di campur gula untuk konsumsi bakteri dan biarkan beberapa jam terlebih dahulu.
  2. Setelah itu campurkan kedalam air kembali dan taruh di semprotan.
  3. Tuang pakan di dalam karung ke terpal.
  4. Sambil mengaduk semprot pakan hingga basah dan ditangan terasa ambyar.
  5. Tutup kembali dan karung atau bisa juga masukkan kedalam wadah yang kedap udara.
  6. Tunggu beberapa hari dan cium pakan, jika fermentasi berhasil pakan akan memiliki aroma yang sedikit lebih harum.

Fermentasi Pakan Unggas Dengan Em4

Cara Fermentasi Pakan Ayam

Fermentasi pakan pada unggas berlaku untuk ternak ayam, entok, itik, bebek, puyuh dan ternak unggas lainnya.Beberapa bahan pakan yang sering dijadikan fermentasi untuk pakan ayam adalah :

  • Jagung.
  • Bekatul.
  • Dedak.

Beberapa alasan awal pemberian dedak padi ada pada kandungan proteinnya yang rendah juga tinggi serat kasar.

Adanya fermentasi menjadi pemecah dari alasan ini dengan berhasilnya meningkatkan nutrisi serta kecernaan dengan pengaplikasian cara fermentasi pada ayam.

Pada beberapa ayam jenis buras, pemberian pakan yang di fermentasi dengan formula pemberianĀ  berupa konsentrat + jagung giling + dedak padi fermentasi bisa memberikan hasil untuk pencapaian bobot badan dibandingkan dengan tanpa dedak padi yang melalui proses fermentasi.

Cara membuat Fermentasi Pakan Unggas

  1. Kumpulkan semua bahan-bahan yang akan di pakai dan diberikan ke ayam.
  2. Untuk beberapa bahan pakan yang masih besar dimensinya bisa dicacak sampai kecil-kecil.
  3. Siapkan dan larutkan em-4 dengan molases atau gula tebu.
  4. Bahan hasil cacahan silahkan di tebar ke atas media seperti plastik atau terpal.
  5. Campur semua bahan pakan yang akan di berikan dan tambahkan larutan em-4 tadi.
  6. Aduk sampai merata kesemua bahan dan pastikan semuanya terkena larutan em-4.
  7. Simpan di drum atau tempat yang anerob selama kurang lebih 2 minggu.

Cara fermentasi pakan ayam diatas hampir sama dengan cara fermentasi pakan ayam pabrikan. Pencampuran bahan lain baik di tambahkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, seperti bungkil kedelai, bungkil kelapa sawit, dan bahan lainnya.

Manfaat Fermentasi Pakan Ayam

Cara Fermentasi Pakan Ayam

Ada banyak sekali manfaat dari teknologi yang bernama cara fermentasi pakan ayam ini, tidak hanya di dunia peternakan di dunia industri makanan dan minuman sehari-hari juga telah banyak di pakai oleh manusia.

Adapun beberapa manfaat yang akan kita dapatkan adalah :

  • Meningkatkan daya tahan dari jumlah hari batas konsumsi pakan untuk disimpan dan digunakan.
  • Karena bisa disimpan lama, ketika memasuki panen peternak bisa stok dan tidak kerepotan mencari pakan ketika musim panen berakhir dan atau ketika ada kesibukan lainnya yang tidak menyempatkan mencari dan membuat pakan.
  • Bobot ayam mejadi lebih cepat besar dengan biaya pakan yang sama dan mudah di dapatkan.
  • Panen lebih cepat dan kotoran baunya bisa jauh lebih berkurang.

Leave a Reply