Ternak Entok Mudah Dan Menguntungkan

Entok adalah jenis unggas pedaging yang sebagian warga lokal menernakkannya di perkarangan rumah dengan pakan sisa, baik sisa makanan ataupun sayur dan lainnya. Ternak entok seperti ini hasilnya kurang efektif untuk performance dan produksinya.

Padahal bobot unggas ini bisa mencapai 6 kilogram, bahkan menjadi yang paling besar di antara jenis unggas pedaging lainnya mengalahkan ayam broiler dan itik. Ya meskipun ada ayam broiler parent jantan yang bobotnya bisa lebih dari 6kg.

Jenis Entok Super Besar

Sejatinya entok memang ternak unggas yang super besar dan entok adalah hewan yang dimana bobot betinanya lebih rendah dari bobot entok jantan. Entok mulai menunjukkan pertumbuhan bobot badan yang cepat ketika memasuki usia 6 minggu.

Dimana pada usia memasuki minggu ke-10 bobot entok kalah 0,7kg/ekor dari itik pedaging terbaik saat ini yaitu itik pekin. Barulah saat memasuki minggu ke-11 sampai minggu ke-15 atau 3,5 bulan bobot itik mencapai 6kg lebih jauh diatas rata-rata unggas lainnya.

Jenis Entok Super Besar

  • Entok lokal.
  • Entok putih.
  • Entok jali.
  • Entok silver.
  • Entok rabonjali.
  • Entok manila.
  • Entok dragon.

Pemilihan Bibit Entok

Ternak Entok

Bibit entok biasa disebut dengan DOE atau day old Entog dimana ini bisa di dapatkan di pembibitan entok. Sebaiknya pilihlah dan belilah bibit entok dari tempat yang sudah terpercaya akan kualitasnya.

Jika membeli online usahakan untuk bayar di tempat, lihat rekam jejaknya, cocokkan nama di ktp dengan rekening dan video call untuk melihat keaslian wajah dengan KTP. Untuk pemilihan bibit secara langsung pilihlah

  1. Bibit dengan kualitas baik.
  2. Bobotnya tidak terlalu kecil.
  3. Lincah.
  4. Tidak ada penyakit bawaan unggas seperti pullorum dan lainnya.
  5. Pilihlah jarak yang dekat karena jika terlalu jauh dan dibawa memakai motor akan mengakibatkan DOD dehidrasi dan mati.

Kandang Entok

Untuk pemilihan kandang sendiri ada beberapa tipe kandang diantaranya, ada dua tipe kandang entok yaitu tipe cage dan tipe ranch, serta tipe kandang panggung. Tipe ranch, cage dan panggung dibagi menjadi dua lagi dengan menggunakan litter atau tanpa memakai litter. Litter disini adalah alas kandang yang bisa terbuat dari sekam, serbuk gergaji dan lainnya.

Untuk masa dewasa kandang dengan kepadatan 9 ekor/meter adalah kepadatan yang terbaik dan direkomendasikan untuk performance terbaik bagi pertumbuhan entok. Sebagai contoh Panjang kandang 10 m dan lebar 2 m bisa diisi dengan maksimal 180 ekor entok.

Kandang Anakan Entok

kandang entok anakan

Untuk anakan kandang wajib menggunakan pemanas, bisa lampu atau jika dalam jumlah ribuan bisa menggunakan gasolec atau pemanas lainnya. Kandang usahakan agar tidak langsung ke tanah sebagai lantainya karena bisa meningkatkan kelembapan.

Kandang anakan juga wajib menggunakan litter untuk menjaga kehangatan dan kotoran tidak cepat basah dan membasahi lantai kandang. Jika tidak ditutup litter maka pemanas atau lampu tidak akan bekerja secara maksimal. Disebabkan udara dari luar masuk kedalam.

Jaga selalu faktor kepadatan dalam kandang jangan sampai terlalu padat karena bisa menyebabkan anakan entok kesusahan dalam mencari tempat pakan.

Kandang Ranch

kandang entok

Kandang tipe ini adalah kandang untuk entok tipe dewasa yang memiliki atap dan berlantai litter dan ada juga versi lantai yang langsung tanah. Sebaiknya kandang ranch memiliki atap dan sekatan, dijaga selalu kebersihannya.

Karena ketika hujan dan kotoran menjadi basah lalu amoniak akan semakin tinggi terlebih air hujan langsung terkena ke lantai dan tidak memiliki atap. Hal ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Meskipun begitu kandang ranch yang tidak memakai atap memiliki kelebihan antara lain :

  • Harga pembuatan lebih murah
  • Lebih luas
  • Lebih mudah dibersihkan.
  • Entok tidak sering bertarung sesamanya.

Sedangkan kekuranganya antara lain :

  • Kalau hujan seringkali harus di giring untuk masuk ke kandang yang beratap.
  • Penggunaan pakan menjadi tidak optimal karena sering terjatuh ke tanah.
  • Gerakan tidak dibatasi sehingga membuat pakan yang dikonsumsi juga hilang untuk pergerakan entok.
  • Rawan untuk keluar kandang jika pagar terlalu rendah.

Kandang Entok Sederhana

kandang entok sederhana

Kandang entok sederhana yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia pada umumnya adalah kandang ranch yang memakai halaman rumah sebagai kandangnya dan dibuatkan kandang kecil hanya untuk tidur di malam hari.

Hal ini dikarenakan masyarakat masih memiliki lahan yang luas di perkarangannya dan tidak terpakai. Kandang entok sederhana lainnya adalah dengan membuat kandang khusus yang diberi sekatan dan atap seperti pada gambar. Cukup sederhana tetapi bisa menunjnang tumbuh kembang entok dengan baik.

Pakan Entok Murah

Ada beberapa pakan alternatif entok yang murah di dapatkan diantaranya adalah :

  1. Gedebog pisang, dimana yang dipakai adalah gedebognya saja, kalaupun ingin memakai batangnya harus di cacah terlebih dahulu dan memakan waktu, lalu kemudian di fermentasi menggunakan EM4.
  2. Roti bekas yang sudah tidak bisa dimakan manusia.
  3. Sisa makanan di warung dan rumah, ini bisa dimanfaatkan untuk pakan entok murah.
  4. Bekatul.
  5. Sayur-sayuran.

Dibeberapa pakan diatas bisa dicampur, tetapi untuk pemberian dan pemeliharaan intensif sebaiknya minggu awal menggunakan pakan pabrikan.

Cara Ternak Entok Cepat Bertelur

Entok mulai bertelur ketika memasuki usia 6-7 bulan awal dengan manajemen dan pakan yang baik dengan rata-rata telur yang bisa dihasilkan dari satu indukan adalah 15-18 ekor per periodenya. Sedangkan satu periode menelurnya entok membutuhkan waktu 5 minggu hingga anaknya lahir dari cangkang telurnya.

Agar cara ternak entok cepat bertelur tentu dibutuhkan asupan pakan yang sesuai nutrisi yang di butuhkan. Untuk pemberin pakan berdasarkan umur bisa dilihat berikut ini.

  1. Umur 0-3 Minggu full pakan jadi atau pabrikan yang di beli baik dari poultry atau pabrik pakan.
  2. Selanjutnya di beri pakan foor pertumbuhan untuk umur 3 Minggu keatas sampai usia mencapai 3 bulan.
  3. Berikutnya pakan kering 5-8 kg dedak alus 1kg foor pertumbuhan koloni 40 ekor rata2 sama pertumbuhan nya, 3 bln di kandang panggung, dan air jangan sampai telat dalam pemberiannya. Berikan secara adhibilitung atau tak terbatas.

Standart Kebutuhan Minimal Nutrisi Pakan Entok

Nutrien Starter Grower/Finisher
Protein (%) 21 16,05
ME (kkal/kg) 2900 2950
Lemak kasar (%) 3,5 4
Serat kasar (%) 6 6
Kalsium (Ca) (%) 0,65 0,6
Fosfor (P) (%) 0,4 0,3
Sodium (Na) (%) 0,15 0,15
Selenium (Se) ppm 0,3 0,3
Vitamin A (IU/kg) 8000 8000
Vitamin D (IU/kg) 1800 1800
Vitamin E (IU/kg) 15 15

Sumber: Solomon et al. (2006)

Untuk mendapatkan komposisi bahan dengan kandungan diatas bisa dengan mencampurkan beberapa bahan kemudian di kirim ke laboratorium untuk diuji analiasa proksimat atau menggunakan pakan pabrikan.

Vitamin Entok

Vitamin pada entok berfungsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang tidak bisa diberikan oleh pakan yang dikonsumsi, atau ketika entok mulai terlihat lemas dan ketika masa awal anakan yang membutuhkan energi jadi yang langsung bisa diserap oleh tubuhnya.

Beberapa pilihan vitamin peternak adalah :

  • Vitachick
  • Neobro

Vitamin diatas membantu memberikan energi dan vitamin yang kurang pada tubuh entok.

Leave a Reply