Obat Ayam Ngorok Herbal dan Pabrikan

obat ayam ngorok

Ketika ayam menglami sakit hal yang paling baik adalah sesegera mungkin dalam penangannya, dan lebih baik lagi adalah mencegah agar ayam tidak sampai sakit yaitu mengamati dan gejala ayam yang akan terkena penyakit. Ada beberapa obat ayam ngorok yang akan kita bahas berikut ini tapi sebelumnya kita akan membahas tentang penyebab ayam ngorok. Salah satu penyakit pada ayam adalah penyakit ngorok, dimana penyakit ini sangat sering terjadi pada kalangan peternak. Meskipun tidak mematikan pada kasus yang sedang tetapi penyakit ngorok dapat menurunkan performance produksi.

Penyebab Ayam Ngorok

Ayam ngorok biasanya terkena CRD atau Cronix Respiratory Deasease yaitu penyakit yang menyerang sistem pernafasan pada ayam yang hampir semua ternak unggas dan ayam akan pernah terkena. Adapun beberapa penyebab penyakit ini datang antara lain:

  1. Kandang kotor
  2. Kepadatan dalam kandang tinggi
  3. Amoniak dalam kandang tinggi
  4. Sirkulasi kandang tidak bagus
  5. Bakteri M. Galisepticum

Di dalam hidung ternak kita dilengkapi dengan bulu yang dapat menyaring masuknya bakteri dan penyakit serta debu yang membahayakan bagi ternak. Ini adalah pertahanan awal dan utama pada ternak. Jika bulu hidung ini rusak masa akan banyak bakteri dan penyakit yang masuk dengan mudah. CRD atau penyakit ngorok adalah yang pertama kali menginfeksi saluran pernafasan ini dan akan merusak bulu hidung dan menginfeksi tubuh. Hal ini dapat makin mudah menginfeksi jika ditambah dengan beberapa  penyebab penyakit seperti yang telah dijelaskan di atas seperti amoniak yang tinggi, kondisi kandang yang kotor hal ini akan mempercepat ayam terkena sakit dan masuknya penyakit lain seperti E-colli.

Cara Mengobati Ayam Ngorok

Sebelum memasuki pengobatan dalam bentuk obat-obatan alami dan herbal pada penyakit ngorom pada ayam ini, maka kita harus memastikan penyebab telah di atasi sehingga penerapan obat nantinya efektif dan tidak terulang lagi penyakit yang sama.

  • Jagalah kebersihan kandang,
  • Jika kandang sudah padat segera lakukan pelebaran, karena kandang yang padat akan dapat merusak sistem pernafasan utama dan dengan mudah mendatangkan penyakit. Kandang yang padat menyebabkan ayam akan terkena panting atau mengap-mengap dan kadar kerbersihan udara dalam kandang menjadi rendah.
  • Sirkulasi seperti angin harus baik, bila sekitaran kandang mati angin agar adanya pergantian udara kotor dengan yang bersih yaitu untuk mengeluarkan karbondioksida dan menggantinya dengan oksigen baru sebaiknya di perlukan kipas atau blower.
  • Minimkan kadar amoniak dalam kandang, pastikan untuk mengeruk dan membuang kotoran secara teratur dan sebelum amoniak naik.

Jika hal di atas sudah bisa dilakukan crd atau ngorok biasanya tidak menyerang dan tidak mengganas atau bisa terkenan tetapi bisa sembuh dalam waktu cepat bahkan tanpa diberi obat-obatan. Bagi yang sudah terlanjur agar tidak semakin parah silahkan menggunakan obat untuk menyembuhkannya.

Obat Ayam Ngorok Herbal

Bawang Putih

bawang putih obat ayam ngorok

Bawang putih adalah salah satu tanaman herbal yang diyakini oleh banyak peternak dapat menyebuhkan penyakit ngorok. Nyatanya dan faktanya bawang putih memang memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan ayam dari crd atau flu atau ngorok ini, kandungan ini yaitu berupa minyak alicin dan kandungan lainnya seperti antibakteri dan antioksidan yang baik. Adapun penggunaannya bawang putih sebagai obat ayam ngorok  adalah

  • 4 bonggol bawang putih (bukan 4 siung)
  • 1/2 kilo kunyit merah
  • 1/4 jahe

Cara pemakaian:

  1. Blender semua bahan di atas dengan air
  2. Blender sampai tercampur dengan merata.
  3. Peras airnya dan taruh di ember.
  4. Lakukan lagi hingga air terkumpul sampai takaran 20kg
  5. Tuangkan secara merata di tempat air minum, untuk sekali minum. Sebaiknya diberikan waktu malam hari.

Mengkudu

Mengkudu selain dapat mengobati crd ternyata obat ini sangat ampuh untuk mengobati penyakit E-colli. Pasalnya crd atau ngorok hampir bersamaan dengan datangnya penyakit colli, sehingga menambahkan mengkudu pada racikan herbal alami akan semakin baik. Buah yang memiliki nama lain Molinda Citrifolia ini memiliki kandungan senyawa terpenoid, xeronin, prexeronin, asorbic acid, scopoletin, seretonin,
damnancanthal, dan anthraquinone dan terkenal akan antibakteri dan kandungan flavanoid yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Penggunaannya bisa berupa daun, buah atau akarnya di blender, tetapi baiknya adalah buahnya  atau daunnya di blender kemudian di tambahkan dengan bawang putih jahe dan racikan lainnya yang telah di jelaskan sebelumnya.

Obat Ngorok Ayam Pabrikan

Berbeda dengan obat herbal yang dapat ditemukan di alam atau sekitar rumah serta lebih murah harganya dan bahkan gratis. Obat ayam ngorok pabrikan memang memberikan efek penyembuhan yang lebih cepat tetapi memiliki konsekuensi yaitu harganya yang mahal dan efek resistensi bakteri. Adapun obat ngorok ayam pabrikan adalah obat yang memiliki kandungan dengan golongan :

  1. Fluroquinolon
  2. Tertacycline
  3. Makrolida

Pengaplikasiannya biasanya dengan di campurkan pada air minum ayam. Jika membeli di poultry bisa di tanyakan dengan pengobatan untuk ayam crd, bisa dilihat kandungan di belakang bungkusnya akan terdapat beberapa golongan di atas. Adapun jika nantinya golongan di atas tidak ada berarti artinya bakterinya sudah resisten dan tidak bisa lagi memakai obat dengan kandungan itu, silahkan gunakan obat lain  yang lebih baik dan sudah teruji tetapi biasanya lebih mahal. Contohnya medion dengan obat therapynya yang mengandung oxytetracycline.

Leave a Reply