7 Sistem Pernapasan Ayam

Unggas yang dilahirkan telah memiliki sayap dari awal ternyata tidak bisa terbang seperti burung. Hal ini disebabkan karena perbedaan pada sistem pernafasan ayam dan burung. Sistem pernapasan ayam dan unggas lainnya memiliki persamaan dan tidak jauh berbeda.

Secara umum pernafasan ayam berhubungan dengan udara pada kandang dan sekitar kandang. Tingginya tingkat amonia dalam kandang akan menyebabkan sistem pernafasan menjadi tidak baik dan bisa merusak salah satu organnya dimana ini bisa menyebabkan timbulnya penyakit.

Udara di sekitar kandang yang baik bisa mencukupi kebutuhan oksigen dimana ini adalah faktor penting dalam beternak. Seperti kekurangan air unggas masih bissa bertahan beberapa puluh jam, tidak makan bisa bertahan seharian tetapi tidak ada oksigen, ayam bisa mati dalam hitungan puluhan detik.

Fungsi Sistem Pernapasan Ayam

Didalam beberapa grup facebook tentang ayam masalah pernapasan menjadi penyebab banyak kematian di farmnya. Secara umum melalui sistem pernapasan memiliki fungsi sepert :

  1. Membuang karbondiokasida.
  2. Menyerap oksigen dari udara sekitar.
  3. Melalui sistem pernapasan juga panas bisa dilepaskan dengan tingkat menarik dan mengeluarkan udara lebih cepat jika dalam keadaan panas.
  4. Mengeluarkan racun tubuh pada bahan kimia tertentu.

Dengan mengetahui fungsi dari masing-masing organ pernafasan dan bentuk normalnya akan membuat kita memahami dengan baik apabila ayam terkena penyakit dan mudah untuk mengobatinya.

Sistem Pernapasan Ayam

Sistem Pernapasan ayam

Sumber : https://sunnysideupfarmhome.files.wordpress.com

Secara umum sistem pernapasan unggas tidak jauh berbeda dengan manusia, seperti hidung, trake, paru-paru, sedangkan pada burung, paru-paru yang dimiliki lebih besar. Disini akan dibahas lebih lengkap dengan beberapa organ lainnya.

Hidung (Glotis,Larynx)

Pada bagian hidung yang merupakan pintu utama masuknya dan pertukaran udara, yang kemudian menuju saluran berikutnya yaitu glotis yang berfungsi sebagai buka tutup katup antara saluran pencernaan dan pernafasan. Glotis terletak di belakang pangkal lidah.

Sebelum masuk ke trakea terdapar organ tambahan yang bernama larynx, larynx ini berjumlah dua buah yang ditengahnya ada jalur menuju trakea.

Trakea

Sistem pernapasan ayam

Trakea adalah organ panjang yang menghubungkan kesemua organ pernafasan. Trakea yang bersih berwarna putih dan jika udara sekitar kotor atau amoniak tinggi dan ayam sedang sakit seperti CRD atau penyakit pernafasan lainnya biasanya ini akan terkena radang dan berwarna merah.

Syrinx

Terletak di ujung trakea, organ ini memiliki 2 percabangan. Organ ini memberikan fungsi lain seperti memberikan suara khas pada setiap unggas dan terdapat perbedaan pada ayam kecil dan besar di organ syrinx ini dimana ada fusi dan cartilago yang belum menyatu.

Inilah sebabnya suara pada anak ayam kecil dan besar memiliki perbedaan dan ciri khasnya sendiri.

Bronchus

Bronchus memiliki ukuran yang lebih kecil dari paru-paru ayam. Bronkus ini memiliki peran memastikan udara yang masuk bersih sekaligus untuk mencegah terjadinya infeksi. Apabila terdapat peradangan pada bronkus bisa di pastikan ada penyakit yang menyerang.

Paru-Paru

sistem pernapasan ayam

Paru-paru normal berwarna putih kemerahan alami ini terdapat dua buah di kiri dan kanan. Paru-paru bisa ditemukan ketika membedah ayam berada menempel di tulang rusuk ayam.

Penyakit Yang Menyerang Sistem Pernapasan Ayam

Beberapa penyakit yang paling sering menyerang saluran pernapasan di antaranya menyebabkan pendarahan berupa perubahan fisik bentuk organ menjadi warna merah, di beberpa hal yang parah ditemui adanya pengkejuan di organ tersebut. Beberapa penyakit tersebut antara lain adalah :

CRD atau Chronic Respiratory Disease

Sesuai namanya respiratory yang berarti pernapasan, penyakit ini merusak sistem pernapasan yang dimana ketika mycoplasma ini sudah merusak pernafasan maka akan datang beberapa penyakit lain karena kekbalann tubuh ayam sudah menurun, hal ini karena sebelum bakteri dan virus masuk baik melalui sistem pencernaan atau yang utama melalui udara lewat sistem pernapasan mereka akan disaring dan melewati beberapa tahapan penyaringan seperti di bronkus dan bulu fili hidung.

Ketika penyakit yang datang bersamaan dengan CRD ini lebih dari satu maka dinamakanlah penyakitnya CRD kompleks, bisa bersama dengan e-colli ataupun virus seperti nd-ib.

Penyakit Lain Yang Menyerang

  • ND
  • AI
  • IB
  • ILT
  • Korisa

Yang dimana kesemua itu dapat dilihat dari perbedaan anatomi bentuk organ dari yang semula normal hingga berbeda warna, bentuk dan baunya bisa dilihat.

Cara Menjaga Sistem Pernapasan Ayam

Karena banyaknya penyakit yang ada dan bisa menyerang pada ayam dan unggas melalui pernapasannya kita harus bisa menjaga agar organ ini tetap sehat sebagai bentuk perlwanan utama jika ada penyakit yang akan menyerang. Menjaga lebih baik dari mengobati dikarenakan di peternakan yang memiliki jumlah ribuan sangat kompleks untuk di obati satu persatu hingga waktu yang dibuthkan tidak sedikit.

Biosecurity

Biosecurity pada kandang

Berupa desinfeksi dan sanitasi barang-barang kandang, ruangan kandang baik di dalam dan luar ruangan ini sangat penting untuk melemahkan bibit penyakit sebelum nantinya masuk dan menyeran tubuh ayam.

pencucian kandang saat ayam selesai panen dengan bersih juga dapat menghilangkan bibit penyakit sisa ayam sebelumnya, terlebih saat sebelumnya ayam sudah sakit dan terinfeksi bakteri atau virus.

Berikutnya membatasi gerak dan masuknya orang ke dalam kandang dan sekitar kandang menjadi sesuatu yang juga cukup di perhatikan. Seringkali mereka orang baru yang datang ke kandang bisa saja baru datang dari ayam yang sakit dan langsung ke farm kita. Yang dimana seharusnya mereka yang memiliki histori dari kandang ayam yang sakit harus mandi dan ganti baju atau tidak mengunjungi ayam sehat.

Kepadatan Kandang

Density kandang akan membuat kandungan udara yang langsung dihirup ayam. Jika density atau kepadatan tidak diatur dengan baik, ayam akan berebut oksigen dan udara akan menjadi panas, menyebabkan kelembapan menjadi tinggi dan bisa menimbulkan gangguan pernapasan yang melemahkan sistem antibodi lokalnya.

Pantau kepadatan kandang dan sesuaikan dengan umur dan bobot ayam.

Sirkulasi Udara

Sirkulasi Kandang

Meski sudah kita liat kepadatannya dan disesuaikan jika sirkulasi udara tidak berjalan baik maka hal ini akan sama saja efeknnya. Pada kandang clouse house adalah kewajiban menambahkan blower untuk mengatur sirkulasi.

Pada kandang open pakailah kipas serta atur tirai dalam dan luar kandang untuk menjaga sirkulasi keluar dan berganti dengan udara yang lebih bersih.

 

Leave a Reply