Scabies Pada Kambing

Scabies pada kambing atau dalam bahasa lainnya adalah gudik yang merupakan penyakit yang menyerang kulit dan banyak sekali di jumpai di peternakan lokal dengan gejala ringan, sedang hingga yang susah disembuhkan. Adapun agen pembawa penyakit ini bernama Sarcoptes scabiei hingga penyakitnya disebut scabies.

scabies pada kambing

Scabies sendiri menyerang hampir semua jenis ternak, meski jika dibandingkan dengan ternak domba, ternak kambing memiliki frekuensi terserang lebih besar dan dimasing-masing ternak ada bagian-bagian tertentu yang sering terkena, seperti:

  • Jenis hewan kerbau, scabies banyak di temukan di ujung telinga, muka mengarah ke leher kerbau, lalu di punggung ternak hingga ke paha.
  • Untuk ternak kelinci apabila sudah parah scabies akan menyerang hampir seluruh tubuhnya.
  • Dan terakhir yang akan kita bahas yaitu kambing biasanya ditemukan di sekitaran bagian tubuhnya, termasuk punggung dan telinga.

Scabies Pada Kambing Yang Parah

Kambing lokal dan kambing import atau luar negeri biasanya ketika scabies menyerang lebih cepat menjadi ke kondisi yang parah, hal ini disebabkan salah satunya iklim yang berbeda, serta pakan yang berbeda menjadi penyebab memperparahnya bahkan sampai ke kematian. Bermula dari gatal yang parah hingga menurunnya nafsu makan dan terjadinya gangguan pencernaan pada usus.

Pada kasus yang parah, kulit akan mengalami kerusakan, lalu bisa menurunkan pertumbuhan juga produksi daging, turunnya kualitas jual dari kulit hingga tidak bisa di manfaatkan dan bisa menular ke manusia. Scabies termasuk penyakit yang menular baik ke sesama ternak ataupun ke manusia.

Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Kambing

pengobatan scabies pada kambing

Dikarenakan penyakit ini menular ke manusia, kita harus melindungi diri kita terlebih dahulu sebelum menyembuhkan kambing kita yang terkena, peralatan yang harus di persiapkan untuk diri kita terlebih dahulu seperti sarung tangan dan masker.

Pengobatan Nafsu Makan Kambing

Sembari mengobati scabies dengan menggunakan obat semprot terlebih dahulu, kita juga memberpaiki nafsu makan dan pencernaannya dengan menggunakan :

  1. Air kelapa
  2. Gula
  3. Madu
  4. Garam
  5. Rebusan air secang, dimana air secang berasal dari pohon secang minuman yang terkenal di Jogja.

Kesemua bahan di atas di campur dan diberikan sampai 3 hari berturut-turut, dalam 3 hari ini setiap harinya diberikan pagi dan sore.

Cara Mengobati Scabies Dengan Obat Kimiawi

Sambil mengembalikan nafsu makan kambing kita menggunakan obat semprot spray ke semua kulit kambing agar terkena terlebih dahulu agar mengurangi gatal dan mencegah scabies semakin parah dan mengobati sediki demi sedikit. Jika ada bulunya, bulu di buka sedikit dengan tangan agar terkena ke kulit, gunakan obat semprot 2x dalam sehari. Untuk obatnya bisa di cari di toko poultry terdekat.

Berikutnya ada penggunaan obat injeksi 1 ml, dipilih agara lebih cepat dan sembuh dan dalam kondisi scabies yang sudah kategori sedang-parah, dimana ini bisa untuk mengobati sat ekor kambing dengan bobot 33-40 kg, jika bobot lebih silahkan gunakan dosis ditambah. Sebaiknya injeksi atau jarum yang dipakai adalah yang ukuran 1 ml karena dosis obat sedikit agar lebih aman. Suntikkan tepat di bawah kulit dan jangan terkena daging.

Berikut adalah salah satu obat scabies pada kambing

obat scabies pada kambing

Cara Mengobati Scabies Pada Kambing Dengan Obat Alami

Untuk pengobatan alami diberikan dan diusahakan ketika mulai terlihat gejala, adapun beberapa obat alami scabies antara lain ekstrak daun sirsak, daun sirih, ekstrak daun kemangi dan ekstrak minyak kelapa daun gamal terbukti bisa menyembuhkan scabies.

Penggunaan dari bahan alami ini, kesemuanya di ekstrak dengan menggunakan beberapa bahan kimia seperti etanol 70%, Natrium Carboxymethyle Cellulose (NaCMC), aquades, Sulfadex, dengan konsentrasi 40-50% bisa menyembuhkan scabies.

Obat alami selain mudah di dapat juga harga lebih murah. Campuran belerang dan minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengobati scabies pada kambing secara alami.

Gejala Scabies Pada Kambing

Kambing yang akan terkena scabies sebenarnya sudah menampakkan gejala sebelum mereka terkena dan kulit mulai memerah hingga mengakibatkan bulu habis hilang di bagian yang terkenanya.

Adapun beberapa gejala yang tampak yaitu :

  • Kambing mulai tampak menggesek-gesekkan bagian yang gatal ke tempat terdekatnya seperti pohon, tiang sekitar kandang dan benda lain yang bisa menghilangkan gatalnya.
  • Karena ketidaknyamanan akan gatalnya, kambing mulai kehilangan nafsu makan hingga lemas.
  • Perlahan-lahan bulu akan mengalami kerontokan.
  • Setelah bulu rontok, bagian kulit akan terlihat berkerak dan lebih tebal dari normalnya.

Pencegahan Scabies Pada Kambing

Pencegahan adalah hal yang terbaik sebelum penyakit ini menyerang, karena akan sulit sembuh dan biasanya menimbulkan kerugian materi seperti pertumbuhan yang terhambat dan bobot yang menurun bisa menyebabkan kerugian pada peternak.

Pencegahan scabies pada kambing bisa diterapkan dengan biosecurity yang baik, seperti sanitasi kandang, lingkungan, peralatan kandang dan menjaga kebersihan kandang serta sirkulasi kandang baik dan cahaya matahari bisa masuk ke kandang alias kandang tidak lembab.

 

Leave a Reply