Ternak Kambing Kacang Mudah Dibudidayakan

Kambing kacang termasuk kedalam ruminansia yang memiliki daya tahan dan daya adaptasi yang baik terhadap penyakit, perubahan cuaca, perubahan lingkungan serta ketersediaan pakan yang terbatas. Kambing ini sendiri merupakan kambing lokal sekaligus plasmanutfah asli Indonesia yang memiliki banyak keunggulan di samping juga memiliki kekurangan.

kambing kacang

Kelebihan Kambing Kacang

  • Walau diberi pakan dengan nutrisi yang di bawah kebutuhan harian, kambing ini masih bisa bertahan hidup.
  • Kambing ini lebih mudah di jual dan dicari pembelinya, karena pembeli dan penjual sudah mengenal kambing ini lama.
  • Dalam memelihara kambing kacang tergolong lebih mudah dari jenis kambing lainnya.
  • Merupakan jenis kambing yang menghasilkan daging.
  • Kebutuhan pakan lebih sedikit dan menyukai lebih banyak jenis hijauan di banding kambing lain.
  • Tingkat produktif kambing ini tinggi, sehingga menguntungkan dan bisa menghasilkan banyak anakan.
  • Daya tahan tubuh lebih baik, sehingga lebih kuat jika ada penyakit yang menyerang. Tapi meskipun begitu tetap harus menjaga kebersihan kandang dan biosecurity.
  • Tidak mudah stress, baik oleh cuaca ataupun perubahan lingkungan.

Ciri-Ciri Kambing Kacang

  1. Berbadan kecil dan cenderung memiliki tubuh pendek.
  2. Varian telinga yang dapat ditemukan adalah pendek dengan tegak dan pendek menyamping.
  3. 3 variasi warna bulu, seperti perpaduan warna putih, warna hitam serta warna coklat.
  4. Hampir setiap jantannya memiliki rambut di dagunya atau yang biasa disebut janggut.
  5. Lehernya pendek lalu di ujung punggung ada seperti melengkung dan menonjol.
  6. Tanduk terdapat pada semua jenis kelamin kambing ini, yang membedakannya ada pada jantan yang memiliki tanduk lebih panjang sedangkan yang betina tanduk sedikit lebih pendek.
  7. Ada bulu berwarna hitam yang dapat ditemukan memanjang dari leher sampai ekor, apabila diraba bulu ini terasa kasar.

Ternak Kambing Kacang

kambing kacang indukan

Kandang Kambing Kacang

Kandang yang baik pada kambing kacang harus memenuhi kriteria yang bisa membantu tumbuh kembang dan peningkatan performance pada kambing, adapun kriteria kandang kambing yang baik adalah :

Jauh dari keramaian warga, hal ini menjadi salah satu faktor yang menentukan dimana tidak ada komplain ke warga sekitar yang nantinya bisa membuat kita di denda ataupun di gusur, namun begitu, apabila ingin membangun di sekitaran kampung pastikan untuk mendapatkan ijin warga terlebih dahulu.

Hal lainnya adalah dimana posisi kandang ini bisa diakses baik motor terlebih mobil, memudahkan proses angkut kebutuhan sehari-hari baik kebutuhan ternak ataupun kebutuhan pekerjanya. Kontruksi kandang juga haruslah kuat, kaki bangunan sebaiknya di cor atau menggunakan tiang yang kokoh. Ditambah kita harus membuat parit untuk kotoran dan mengalirnya air.

Bibit Kambing Kacang

Kambing kacang terkenal sebagai kambing yang paling sering dikawinsilangkan dengan jenis kambing import, ada banyak sekali salah satunya yang terkenal adalah kambing boerka. Maka dari itu mendapatkan kambing kacang yang memiliki kualitas baik bisa membantu menciptakan kambing dengan hasil silang yang baik,

Kambing ini rata-rata pada usia 2 tahun pemeliharaan intensif bisa menghasilkan daging di rata-rata 21kg/ekornya sampai 24 kg/ekornya. Kambing kacang mulai bisa bunting di umur menginjak 15-18 bulan. Frekuensi kehamilan dan melahirkan 2 anak terbilang besar hingga sampai 52% kemungkinannya dan biasa bagi kambing ini.

Pakan Kambing Kacang

pakan kambing kacang

Pemberian pakan untuk kambing ini cukup bervariasi, mulai dari pemberian hijuan, konsentarat dan beberapa rumput atau veriasi dari kesemuanya. Untuk konsentrat bisa dengan mencampurkan beberapa bahan seperti :

  • Dedak halus
  • Jagung giling
  • Ampas tahu
  • Tepung Daun Jarak fermentasi

Atau bisa menembahkan :

Kambing Kacang Asli

Kambing kacang saat ini menjadi kambing yang paling banyak di temukan di Indonesia, kambing ini terus menerus dikembang biakkan oleh peternak hingga di bawa pedagang untuk di jual ke berbagai wilayah yang membuatnya sangat cepat tersebar.

Kriteria lain selain ciri yang disebutkan di atas adalah kepalanya yang berukuran kecil, telihat ramping dari beberapa sisi serta lurus. betinanya sebenarnya memiliki janggut tetapi tidak begitu lebar dan terlihat berbeda dengan sang pejantan.

Ekor kambing ini secara fisik itu kecil, lalu dia akan tegak keatas dan cukup pendek baik yang jantan dan betina memiliki karakteristik yang serupa pada ekornya. Karena fisiknya yang kecil membuat punggung dari leher sampai ke ekor lebih lurus.

Umur dewasa kelamin atau mulai belajar kawin 5 bulan sampai 6 bulan, sedangkan untuk bunting pertama kali di umur 16 bulan hingga 20 bulan dengan lama buntingnya mencapai 5 bulan atau sekitar 148 harian dimana waktu jika dia bunting 2 anak akan lebih lama lahir dibanding dengan yang bunting 1 ekor atau tunggal.

Harga Kambing Kacang

kambing kacang liar

Kambing kacang terbukti menjadi kambing yang paling banyak di perjual belikan, selain dari harganya yang murah, beberapa usaha makanan yang menggunakan daging ini ternyata menggunakan kambing kacang sebagai pilihannya, seperti rumah makan dan aqiqah.

Harganya juga bervariasi dimulai dari yang anakan hingga dewasa, tentunya jika membeli dalam jumlah besar atau lebih banyak akan lebih murah, dan faktor lain seperti angkutan dan jarak menjadi penentu penambahan harga.

Untuk kambing yang sudah dewasa di harga di kisaran Rp. 800.000 sampai Rp. 1.300.000,
Sedangkan untuk anakan biasanya di hargai di kisaran Rp. 400.000 sampai Rp. 600.000

Nantinya semua akan tergantung dari kondisi kambing itu sendiri apabila gemuk, sehat, dan layak di jadikan pejantan maka harga akan menjadi lebih mahal dan sebaliknya.

Leave a Reply