Pembahasan Kambing Boer Lengkap

Kambing boer adalah salah satu ruminansia kecil yang merupakan jenis kambing yang unggul untuk menghasilkan daging, tidak sampai disitu keunggulan lainnya ada pada pertumbuhan bobot badannya yang cepat. Kambing ini asalnya adalah dari negara Afrika, tepatnya adalah Afrika Selatan.

Kambing Boer Asli

kambing boer

Ciri-Ciri Kambing Boer Asli

  1. Tanduk kambing ini ada yang melengkung keatas dan kambing lainnya melengkung ke belakang.
  2. Telinganya selain lebar juga menggantung di kedua belah sisi kiri dan kanan.
  3. Hidung Cembung.
  4. Rambut yang ada pada seluruh tubuhnya baik di badan, pada dan leher dikategorikan pendek sampai sedang.
  5. Warna bulu pada bagian badan didominasi warna putih sampai pada keempat kakinya.
  6. Warna leher sampai ke kepala berwarna coklat.

Meskipun setelah dikawinsilangkan dengan jenis kambing lokal, kambing kacang misalnya. Ciri fisik dari kambing ini masih mendominasi secara keseluruhan dengan menutupi kekurangan kambing kacang, jadi yng di dapat adalah kmbing boerka yang memiliki karakteristik lebih baik dari kambing kcang.

Keunggulan Kambing Boer Asli

Kambing jenis ini juga ternyata memiliki keunggulan lain seperti :

  • Bobot kambing jantan dewasa bisa mencapai 110-135 kilogram/ekornya, dalam jangka waktu 2 sampai 3 tahun.
  • Kambing betina dewasanya bisa menghasilkan bobot 90kg sampai 100kg dalam waktu yang sama dengan jantan.
  • Perharinya dengan manajemen intensif ternak ini akan menghasilkan pertumbuhan bobot 0,2kg/harinya.
  • Baik dalam beradaptasi di berbagai macam kondisi lingkungan terutama di iklim Indonesia.
  • Tidak mudah stress.
  • Kualitas daging yang dihasilkan baik.
  • Sifat bawaan reproduksi yang baik untuk menghasilkan anakan yang berkualitas.
  • Merupakan kambing jenis pedaging paling murni yang ada di dunia.

Jenis Kambing Boer

Kambing jenis ini yang dijual di pasaran tergolong masih mahal oleh peternak, maka dari itu dikawinkanlah dengan beberapa kambing lokal yang salah satu tujuannya tetap masih mendapatkan karakteristik dan kelebihan kambing ini dengan harga yang murah.

Ada beberapa jenis hasil persilangan dengan beberapa kambing lokal diantaranya:

Kambing Cross Boer

kambing cross boer

Cross sendiri memiliki arti persilangan dimana ini memiliki peran yang sangat penting di dalam dunia peternakan, baik peternakan rakyat, perusahaan besar dan instansi pemerintahan bisa melakukan proses cross breeding. Dengan melakukan Cross diharapkan akan mendapatkan keunggulan dari kedua ternak yang disilangkan.

Jenis ini sebenarnya adalah hasil kawin silang dengan beberapa jenis kambing lokal seperti Jawa randu, kacang dan PE. Dimana yang jantannya adalah kambing asli dan betinanya kambing lokal.

Sedangkan Jawarandu dari daerah sebelah Jogja, tepatnya Magelang. Kambing ini juga termasuk kedalam kambing penghasil daging yang juga memiliki ketahanan tubuh kuat sebagai mana ciri kambing lokal pada umumnya. Kambing jawarundu sedikit lebih besar dari kambing lokal lainnya.

Kambing Boerawa

kambing boerawa

Kambing boerawa ini adalah contoh jenis lainnya yang didapatkan dari hasil silang dengan kambing peranakan etawa, kambing boerawa didapatkan dengan memakai cara IB atau kawin buatan dengan suntik.

Kulitas daging, tinggi badan serta bobot badan yang dihasilkan lebih baik dibanding dengan kualitas kambing Etawa ataupun PE. Dengan keunggulan ini, didapatkan melalui proses perawatan atau budidaya yang tidak jauh berbeda ketika menernakkan kambing lokal.

Bobot lahir juga terbilang tidak terlalu terpaut jauh, 100-900 gram lebih kecil kambing boerawa dan lebih besar dari bobot lahir indukan betinanya dengan 2,8kg-3,2kg.

 Kambing Boerka

anakan kambing boerka

Perkawinan dengan kambing kacang yang memiliki daya tahan tinggi dan tingkat produksi yang sejalan dengan daya tahannya, di kawinkan untuk mendapatkan tingkat pertumbuhan yang lebih baik.

Persilangan kambing jenis ini di dapatkan melalui Loka Penelitian Kambing Potong, Kementrian Pertanian. Sifat genetik dari kambing kacang seperti warna coklat pada tubuhnya kini anakan yang lahir hasil persilangannya memiliki warna putih dan coklat khas boer.

Awal lahir berat kambing boerka tidak sebesar kambing boerawa terpaut 400gram lebih kecil dari rata-rata kelahiran kambing boerawa. Kisaran bobot saat awal lahir di 2,2-2,8 kilogram/ekornya.

Kambing Boer Terbesar Di Dunia

Sebenarnya untuk ukuran kambing terbesar di dunia tidak ada sumber pasti yang menyebutkan, berdasarkan keterangan sumber luar negeri, kambing  yang terbesar memang berukuran 200-340 pound atau 90-150 kg dan dicatatan rekor dunia juga masih belum ditemukan catatan mengenai kambing jenis ini yang terbesar di dunia.

Tetapi memang kebiasaan masyarakat Indonesia yang mengaitkan besarnya yang mereka lihat dengan langsung menyebutkan kambing terbesar di dunia terutama di hasil kontes, membuat persepsi bahwa di dunia sudah dilakukan pengukuran yang paling besar dengan pemeliharaan intensif menggunakan pakan hijauan terbaik, yang juga bisa memakai pakan fermentasi.

Untuk kontes sendiri john bogel contohnya walaupun ini boer cross bobotnya mencapai 115 kg. Jadi bisa di pastikan bahwa di luar negeri masih ada berdasarkan website Goats yang terberat adalah 340 pound atau 150 kg, yang berarti ini adalah jenis asli atau f1.

Harga Kambing Boer

Harga kambing jenis ini tergolong masih mahal di Indonesia disebabkan karena masih sedikitnya yang memelihara dan pergeseran dari kambing pedaging menjadi kambing hias hingga di konteskan,

  • Untuk alternatif yang paling murah yaitu semennya yang bisa disuntik IB yang di hargai Rp. 7.000/dosisnya bisa di dapatkan di BIB Lembang.
  • Untuk jenis FB import jantan dewasa sendiri berkisar di Rp. 35.000.000 sampai Rp. 45.000.000/ekornya.

Meski begitu catatan bagi pembeli agar tidak tergiur dengan harga murah yang di tawarkan terlebih online, salah satu cara yang kita perlu terapkan agar tidak ditipu adalah melihat rekording, histori penjual dan langsung mengecek ke kandang, baik itu sertifikatnya jika import atau hal hal-hal yang berhubungan lainnya seperti jenis dan ciri-cirinya. Alangkah lebih baik lagi membawa orang yang sudah mengerti benar bagaimana kambing jenis ini.

Leave a Reply