Kandang Burung Puyuh

Kandang burung puyuh mempunyai fungsi untuk mengoptimalkan perkembangan dan tumbuh kembangnya puyuh dari DOQ hingga afkir. Kandangnya pun memiliki beberapa tipe yang disesuaikan dengan umur yang berbeda-beda. Beberapa tipe kandang di bagi secara garis besarnya adalah :

  1. Kandang masa awal sampai memasuki minggu-minggu akan bertelur.
  2. Kandang puyuh masa produksi.

Berbeda lagi dengan jenis usaha yang akan di ternakkan, apakah ternak puyuh petelur atau puyuh untuk penggemukan. Karenanya nantinya akan dibedakan di fase produksi petelur dan pedaging.

Kandang Burung Puyuh Petelur

Kandang Puyuh Petelur Masa Awal

Pada masa ini kandang dibuat disebuah tempat yang bisa bertingkat dan bisa juga satu lantai. Inti dari kandang masa awal ini adalah pemanasnya yang dibutuhkan untuk menghangatkan tubuh puyuh sehingga menyerupai kehangatan induk dari puyuhnya.

Lantai kandang haruslah di lapisi dengan litter seperti sekam, sebuk gergaji, tidak direkomendasikan menggunakan koran sampai berhari-hari karena koran cepat basah dan lembab yang membuat kehangatan dari lampu menjadi tidak optimal ditambah dengan amoniak yang tidak baik untuk tubuh.

Ada dua opsi dalam kandang masa awal, seperti melakukan pelebaran pada kandang satu lantai, atau menempatkan sesuai standart ekoran sampai masa produksi dan tidak memindahkannya pada kandang yang bertingkat. Umumnya kandang yang di buat bertingkat untuk masa awal memiliki sekat dan lebih optimal karena pemanas lampu sesuai dengan kebutuhan puyuh.

Ukuran Kandang Puyuh Masa Anakan

kandang puyuh anakan

Sebagai contoh dan perhitungan yang simpel yaitu kita mengambil populasi puyuh di angka 90-100 ekor yang dimana membutuhkan ruang dengan panjangxlebarxtinggi yaitu 100cmx100cmx40cm Sedangkan tinggi kaki kandang sampai ke tanah berkisar di angka 50cm.

Dengan begitu didapatkan permeternya biisi 100 ekor dimana ini juga bisa dimodifikasi jika kandang ingin lebih panjang menjadi 150 cm dan lebar menjadi 67 cm dengan populasi tetap di 90-100 ekor.

Untuk masa selanjutnya adalah pelebaran, yang jangan menunggu sampai padat baru dipindah karena akan ada puyuh yang tidak dapat makan dan kekurangan oksigen menyebabkannya tidak perkembang optimal dan bisa lama bertelur,

Kandang Puyuh Petelur Masa Produksi

kandang Burung Puyuh

Kandang puyuh masa bertelur umumnya adalah kandang baterai tingkat yang berbahan besi ataupun bambu. Adapun perbandingan kandang petelur yang baik adalah 1:171 dengan contoh 120x50cm bisa diisi puyuh 30-40 ekor.

Tentu lantai bawah akan dilapisi kawat guna untuk mendapatkan pijakan yang kuat bagi puyuh, juga untuk mengalirkan telur ke bawah kandang dibagian belakang dibuat lebih rendah dibandingkan depan yang lebih tinggi.

Di dapannya diberi penampung telur yang didesain ujungnya naik agar telur berhenti dan mudah di ambil. Kekurangan dari kandang besi ataupun kawat adalah harganya yang lebih mahal dari kandang bambu tetapi untuk pemakaian bisa lebih awet dan lebih tahan lama.

Kandang Puyuh Pedaging

Puyuh pedaging biasanya adalah puyuh jantan yang di pisahkan ketika sudah mencapai waktu bertelur dengan diseleksi berdasarkan jenis kelamin yang bisa dibedakan dari suara, bulu, dan jenis kelaminnya.

Umumnya juga puyuh jantan dijadikan pedaging karena pertumbhan bobot badan yang lebih cepat dari betina, dan kalaupun di satukan bersama dengan puyuh betina nantinya telurnya akan menjadi lebih cepat busuk. Tetapi jika ingin menjadikan pembibitan adalah usaha akhirnya maka diperlukan adanya pejantan ini.

Kandang puyuh pedaging pada masa awalan masih sama seperti puyuh petelur yang membedakannya adlaah ketika memasuki usia 3-4 minggu ketika dipisah kandang bisa memakai kandang tipe baterai dengan tinggi yang sama disetiap sisi, bisa juga bertingkat.

Cara Membuat Kandang Puyuh

Cara Membuat Kandang Puyuh

Sebelum membuat kandang puyuh ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan menjadi dasar dalam pembuatan kandang ini. Beberapa hal berikut ini akan membantu kelancaran dan meningkatkan serta memberi kenyamanan pada produktivitas puyuh. Baik tingkat bertelurnya, awal memproduksi telur dan kesehatan dari ternak ini.

Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membuat Kandang

Beberapa diantaranya yang perlu di perhatikan sebelum membuat kandang adalah:

  1. Jalan ke kandang dapat dilalui oleh mobil dan motor dengan baik, hal ini agar memudahkan proses pengangkutan hasil telur serta bibit dan bahan-bahan untuk membuat kandang tidak mengalami kendala.
  2. Letak kandang sebaiknya jauh dari keramaian, hal ini udah menimalkan stress oleh puyuh karena polusi suara dan menghindari bau yang dapat meresahkan warga dan penduduk sekitar yang juga bisa mendatangkan lalat.
  3. Aman dari predator alami seperti kucing, tikus, ular dan baik sirkulasi udaranya. Udara memang menjadi faktor utama, disebabkan dalam udara bisa terdapat bakteri, virus yang terbawa oleh angin dari kandang lain. Udara yang segar juga membantu menstabilkan suhu dan kelembapan.
  4. Suhu yang baik untuk pemeliharaan dan perkembangan puyuh masa produksi ada di angka 24-30 C dengan kelembapan 80%. Panas yang berlebih bisa menyebabkan stress dan puyuh tidak bertelur. Cara mengatasi bisa dengan menggunakan Kipas, atap gavalum dan diternakkan ditempat yang dingin.
  5. Kandang puyuh tidak berada dari peternakkan unggas lain seperti ayam broiler, ayam petelur dan peternakan lainnya. Untuk menjaga kesehatan, dan biasanya kebanyakan penyakit unggas menular.
  6. Ketersediaan sumber air dan kebersihan air, cek air apakah bersih dari sumber bakteri seperti e-colli atau zat berbahaya lain, karena air akan diberikan secara adhbilitung atau tidak terbatas.
  7. Kandang dari lantai atau tanah diberi jarak untuk menghindari kelembapan dan menjaga sirkulasi agar tetap segar.
  8. Alas kandang, dinding kandang haruslah di buat sedikit lebih rapat agar kaki puyuh tidak masuk dan menyebabkan pincang, tetapi kotoran dapat keluar dengan baik.

Bahan-Bahan Pembuat Kandang Puyuh

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat kandang puyuh baik yang untuk anakan ataupun juga yang masa bertelur, bahan-bahan tersebut yaitu :

  • Kawat
  • Kertas/karton
  • Bambu
  • Kayu

Cara Membuat Kandang Puyuh

Setelah semua hal di atas telah di persiapkan kini saatnya membuat kandang puyuh, beberapa bagian akan di perjelas dengan pintu, lantai dan dinding kandang. Selanjutnya untuk model kandang bisa menggunakan rancangan seperti gambar di bawah ini.

Cara membuat kandang puyuh petelur

Pintu Kandang

Untuk pintu kandang bisa dibuat dengan menggunakan tiga bahan seperti besi, kayu dan bambu. Dimana jika menggunakan bambu jarak sebisa mungkin di tiadakan atau hanya sebatas kepala puyuh untuk mengambil pakan pintu bisa dengan tarik di mundur atau bisa di tarik ke atas.

Jika menggunakan buka tutup kedepan belakang, bisa menggunakan engsel ataupun besi kecil yang di buat bulat hingga mudah di buka dan tutup. Untuk yang ditarik ke atas juga bisa membuat besil kecil membulat melipat tiang terdekat dipintu, atas dan bawah.

Dinding Kandang

Untuk memudahkan mengecek baik kesehatan ayam, kondisi ayam, dan telur apakah ada yang tersangkut atau tidaknya digunakan kawat ram atau bisa juga dengan menggunakan bambu. Dinding kandang disini termasuk bagian belakang, depan, kiri dan kanannya termasuk dinding sekatan antar kandang agar sirkulasi udara lancar.

Alas Kandang

Hal utama yang perlu di perhatikan adalah kotoran bisa keluar tetapi telur tidak bisa. Untuk yang berumur atau puyuh dalam masa anakan bisa di pakai alas yang melindungi seluruh permukaan alias tidak ada ruang, lalu diatasnya menggunakan litter yang menyerap kotoran dan sering diganti.

Ketika sudah mencapai masa produksi barulah dipindah atau digunakan alas yang memakai ram atau bisa juga pakai bambu.

Ukuran Kandang Puyuh

Untuk ukuran kandang puyuh memakai standrt kepadatan permeternya diisi dengan berapa ekornya. Untuk standart ukuran kandang puyuh ini baik untuk petelur ataupun pedaging tidak ada perbedaan.

Standart Ukuran Kandang Puyuh

Umur Standart
1-7 hari 100 ekor/m2
8-14 hari 75 ekor/m2
15-21 hari 60 ekor/m2
22-28 hari 50 ekor/m2
29 hari up PXL/222

Kurang lebihnya adalah seperti itu dengan contoh jika panjang dan lebar 100x100cm maka populasi puyuh pada usia 1-7 hari bisa di 90-100 ekor. Sebaiknya jangan menunggu sampai padat baru dillebarkan, bisa saja pelebaran dipercepat karena dengan pelebaran yang telat bisa timbul penyakit seperti crd atau cekrek ataupun kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi karena susah bergeraknya.

Kandang Puyuh Modern

kandang puyuh modern

Kandang puyuh modern sekarang untuk tempat minum memakai nipple yang otomatis akan keluar ketika ditekan oleh puyuh. Hal ini memiliki keunggulan diantaranya air yang lebih segar dan bersih. tetapi lebih mahal.

Kandang puyuh modern juga ada bebrpa yang menggunakan blower sebagai pergantian udara agar sirkulasi semakin baik, juga menghindari heat stress akibat panas dan puyuh berada di posisi nyaman sehingga perkembangan dan proses produksi bisa optimal.

Kandang puyuh modern juga bisa menampung banyak sekali populasi.

Leave a Reply