Tentunya Anda tahu atau pernah bermain Tetris. Ini adalah video game populer di mana Anda harus menyesuaikan potongan-potongan dengan berbagai bentuk dan warna. Namun, Anda mungkin tidak tahu sejarah tetris.

Siapa penciptanya?, apa yang terinspirasi?, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi terkenal? Pada artikel ini, kami akan memberi tahu Anda semua tentang asal-usul game terkenal ini yang berdampak pada seluruh dunia.

Sejarah Tetris

Permainan Tetris dikandung di Rusia pada awal 80-an. Penciptanya adalah Alexei Leonidovich Pazhitnov, seorang insinyur komputer Rusia, pengembang dan fanatik teka-teki.

Untuk menciptakan kebaruan ini, Alexei terinspirasi oleh permainan papan yang disebut Pentomino. Itu adalah permainan yang berisi 12 ubin datar dengan berbagai bentuk (kombinasi berbeda dari 5 kotak kecil). Tujuannya adalah untuk memasukkan potongan-potongan itu ke dalam persegi panjang (biasanya terbuat dari kayu) sampai tidak ada ruang kosong yang tersisa.

Ide baru insinyur Rusia, pada usia 29 tahun, adalah untuk mendigitalkan permainan itu. Dengan banyak pengetahuan pemrograman, tetapi alat yang belum sempurna, ia menemukan apa yang akan menjadi salah satu game terlaris di seluruh dunia. Ini juga berfungsi sebagai inspirasi untuk membuat banyak video game selanjutnya.

Untuk mewujudkan idenya, ia mendapat bantuan dari dua insinyur Rusia lainnya: Dmitry Pavlovsky dan Vadim Gerasimov. Yang terakhir, yang saat ini dipekerjakan oleh Google, mengatakan bahwa Alexei sangat antusias dengan idenya, dan bahwa dia yakin itu akan berhasil. Hari ini kita dapat mengatakan, tanpa keraguan, bahwa dia benar.

Permainan: Terdiri dari apa?

Mulai dari pangkalan Pentomina, insinyur Rusia memutuskan untuk melakukan beberapa modifikasi. Pertama-tama, dia membayangkan kemungkinan bahwa potongan-potongan itu jatuh seperti di dalam gelas.

Tujuan sang pemain adalah mengakomodasi mereka sebelum mereka mencapai titik terendah. Saya harus membuat mereka cocok dengan apa yang sudah ada di pangkalan, seperti konstruksi. Untuk melakukan ini, dia bisa bergerak dan memutarnya pada sumbu mereka sendiri. Selalu dengan waktu yang terbatas: berapa lama waktu yang dibutuhkan potongan untuk melakukan perjalanan layar, dari ujung atas ke bawah.

Namun, ketika melakukan tes pertama dari game ini, dia menyadari bahwa itu terlalu rumit. Apa yang dia lakukan, kemudian, adalah mengubah komposisi potongan-potongan itu, dari 5 kotak asli menjadi 4. Dengan demikian disimpulkan bahwa potongan-potongan dari permainan baru ini bukanlah pentomino, tetapi tetrominós.

Fitur-fitur ini, ditambah dengan keputusan untuk menambahkan warna pada potongan-potongan, membuat permainan dinamis dan menarik. Selain itu, ia memiliki tingkat kesulitan yang sempurna: itu cukup menantang, tetapi itu bukan tidak mungkin. Siapa pun bisa memainkannya dan bersenang-senang.

Nama Tetris: Bagaimana ia dilahirkan?

Nama permainan ini juga dirancang oleh Alexei Pazhitnov. Ini ada hubungannya dengan modifikasi penting dari potongan-potongan yang memberi kehidupan pada permainan baru. Potongan-potongan baru disebut tetrominós karena terdiri dari 4 kotak (tetra berarti 4 dalam bahasa Yunani). Oleh karena itu, juga bagian pertama dari nama tersebut.

Konon ide awal untuk nama ini dipadukan dengan tenis, olahraga favorit Alexei. Dengan demikian menghasilkan nama akhir: Tetris.

Pertumbuhan dan komersialisasi

Meskipun versi awal gim ini cukup mendasar (mereka tidak memiliki suara dan grafiknya sangat sederhana), itu diterima dengan baik sejak awal. Di antara rekan-rekan Alexei, subjek tes awal, minatnya sangat besar. Dengan demikian, di pusat komputer Dordnitsyn, permainan kelompok mulai diselenggarakan setelah jam kerja.

Permainan berkembang sangat cepat. Untuk memahami kecepatan pertumbuhan ini, Anda dapat melihat garis waktu ini:

  • 1984: Pembuatan game.
  • 1985: Warna diperkenalkan ke dalam permainan. Itu mulai menjadi populer di Moskow.
  • 1986: Popularitasnya menyebar ke seluruh Uni Soviet. Sejauh ini, itu terus menyebar secara gratis.
  • 1987– Tetris tiba di Budapest, Hongaria. Di sana, cocok untuk Apple II dan Commodore 64.
  • 1988: Robert Stein, pedagang yang kuat, menjadi tertarik pada Tetris. Ini menjual game, bahkan tanpa hak, ke perusahaan Inggris Mirrorsoft. Kemudian, Maxwell (markas besar Amerika) bertaruh pada permainan, menyesuaikannya dengan format baru. Dengan demikian, itu mulai dijual di Amerika Serikat.

Dengan cara ini, Tetris menjadi game Rusia pertama yang diekspor ke Amerika Serikat. Selama tahun pertama, setidaknya 100.000 eksemplar terjual di negara itu. Meskipun haknya tetap kepada Alexei dan rekan-rekan Rusia-nya, satu-satunya yang menerima keuntungan adalah Amerika.

Adaptasi konsol

Sampai saat itu, Tetris memiliki keterbatasan: itu hanya dapat dimainkan di komputer. Tetapi keberhasilannya sedemikian rupa sehingga segera mulai mencari cara untuk menyesuaikannya dengan format baru. Versinya untuk konsol tidak butuh waktu lama untuk tiba.

Beginilah cara Atari dan Nintendo, dua pembangkit tenaga listrik industri teknologi saat itu mulai memperdebatkan hak atas versi konsol. Akhirnya, Nintendo menang dalam konfrontasi itu dan, pada tahun 1989, merilis hal baru yang akan menjadi kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya: Game Boy.

Itu adalah konsol saku kecil yang permainan utamanya adalah Tetris. Pada tahun perilisannya, lebih dari 70 juta konsol Game Boy terjual di seluruh dunia.

Pada saat yang sama, perusahaan Atari terus memasarkan game tersebut hingga terpaksa berhenti karena tidak memiliki hak. Baru pada tahun 1996 Alexei Pazhitnov mendirikan The Tetris Company dan mengklaim hak ciptanya untuk semua versi permainan. Dari sana, ia juga mulai merilis versi baru untuk platform lain.

Tetris hari ini

Semua orang sudah tahu, hari ini, popularitas TetrisAngka-angka saat ini masih mencolok:

  • Dimainkan di 185 negara
  • Itu diterjemahkan ke dalam 50 bahasa
  • Ada versi untuk 50 platform berbeda
  • Untuk ponsel, 425 juta unit terjual.

Selain itu, salah satu berita terbaru adalah bahwa ada versi gratis untuk iOS dan versi gratis untuk Android yang tersedia. Tidak ada yang akan melewatkan pengalaman bermain Tetris, game terlaris kedua di seluruh dunia.

About the Author

An Media

Memberikan informasi seakurat dan sedetail mungkin yang bisa jadi referensi dan sumber rujukan bagi peternak rakyat.

View All Articles