Dampak Program Makan Siang Gratis Bagi Peternak Rakyat

  • Peternak
  • Mei 27, 2024

Terpilihnya bapak Prabowo Subianto dan wakilnya bapak Gibran yang mengusung makan siang gratis pada masa kampanye sebelumnya dengan mengalahkan suara dari pasangan calon nomor urut satu dan nomor urut dua yaitu bapak Anis dan bapak Ganjar. Pada postingan kali ini kita akan membahas Dampak program makan siang gratis bagi peternak rakyat apakah ini adalah angin segar bagi peternak atau sebaliknya. Berikut ulasan yang kami rangkum.

Dampak Program Makan Siang Gratis Bagi Peternak Lokal

Seperti kita ketahui bahwa tingkat dan harga jual di pengaruhi dalam beberapa hal salah satunya adalah resapan pasar dan jumlah yang tersedia. Dimana untuk saat ini di beberapa daerah masih kekurangan stok telur dan daging yang diambil dari daerah lain seperti Blitar yang punya kapasitas produksi telur tertinggi di Nasional, dimana ini sering di kirim ke Jakarta. Tentu selama ini faktor-faktor yang dapat kita lihat dari pergerakan harga naik yaitu saat ada momen seperti lebaran, hari raya besar lain, dan juga bantuan sosial seperti bansos.

Berikutnya adalah bahwa ketika program makan siang gratis terlaksana dan menyerap sumber lokal seperti telur peternak, dan ayam peternak tentu akan meningkatkan nilai jual dimana diasumsikan peternak belum menambah jumlah populasi dan peternak belum bertambah.

Meningkatkan Harga Jual Peternak

Jika dilihat dari kenaikan beberapa moment kenaikan tertinggi bisa menyentuh harga Rp. 30.000. Dimana ini mungkin akan terjadi juga apabila makan siang gratis dilaksanakan dengan lauk telur dan daging setiap harinya. Tentu pihak yang menyelenggarakan program ini juga harus mengambil dari peternak langsung untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif.

Menambah Jumlah Populasi dan Peternak

Dibandingkan dengan bantuan sosial dan hari besar lain yang terjadi tidak setiap saat mengakibatkan harga menjadi fluktiatif dan seringkali tidak diimbangi dengan harga jual peternak dan harga beli pakan dimana ini menjadi faktor paling besar dalam usaha ternak ayam.

Dengan meningkatnya permintaan tentu hal ini akan membuat lebih banyak lagi peternak-peternak baru bermunculan dan meningkatkan ekonomi peternak sebelumnya belum lagi peternak akan menyewa anak kandang yang membantu mengutip telur dan pekerjaan kandang lainnya.

Hal ini tentu berdampak positif dari berkurangnya angka pengangguran dan menaikkan angka pendapatan masyarakat khususnya peternak. Sifat kontinuitas karena dibutuhkan setiap saat, setiap daerah tentu akan memunculkan peternak baru di setiap daerah dengan tingkat populasi yang bisa bertambah hingga 2x lipat dari sekarang.

Screenshot 2024 05 27 160515

Dari data bps di atas pada tahun 2021 sampai 2022 terjadi kenaikan angka meski pada tahun 2023 masih belum ada, di perkiraan kami terjadi penurunan populasi banyaknya afkir dan kandang kosong.

Berikut ini kami tampilkan data harga telur wilayah Blitar dari tahun 2020 sampai 2024.

Dampak program makan siang gratis bagi peternak rakyat

Efek Lain Dampak Program Makan Siang Gratis Bagi Peternak

Selain efek baik di atas tidak bisa di pungkiri program ini memiliki efek buruk lainnya. Hal yang berlangsung jangka panjang adalah ketika ketika jumlah produksi sudah tumbuh sangat banyak mengalahkan permintaan tentu akan kembali terjadi penurunan harga telur. Dimana jika ini terus berlanjut maka akan menyebabkan over produksi atau over populasi.

Meskipun hal diatas masih terjadi beberapa tahun kedepan, tetapi tentu ini bisa di atas jika kita bisa atasi dengan ekspor atau menjadikan produk telur berkualitas tinggi seperti telur yang mengandung omega 3 atau 4 yang lebih banyak bebas bateri dan lainnya yang bisa meningkatkan kualitas mutu untuk memenuhi standart ekspor.

Pemenuhan kebutuhan nutrisi harian tentu akan menjadi lebih baik juga apabila telur memiliki kualitas yang baik. Wilayah di luar Jawa saat ini juga masih mengambil telur dari Jawa yang dikirim melalui jalur laut alias kapal.

Harga batas atas dan batas bawah yang di tetapkan pemerintah baik di tingkat peternak, pedagang dan pengecer saat ini juga sudah di perbaharui dengan naiknya disesuaikan dengan hpp peternak saat ini.

Berbeda dengan bantuan bansos dan lainnya yang punya jadwal pembagian sebulan sekali, dimana ketika mendekati pembagian bansos maka harga akan cenderung tinggi dan begitu selesai beberapa hari kemudian permintaan akan turun.

Dapatkan informasi harga lebih mudah lewat aplikasi Get it on Google Play
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *