Apa itu metaverse? Pelajari lebih lanjut tentang realitas futuristik yang sudah ada di antara kita

  • Peternak
  • Sep 02, 2022
Apa itu metaverse? Pelajari lebih lanjut tentang realitas futuristik yang sudah ada di antara kita

 

Ketika berbicara tentang metaverse, banyak yang berpikir tentang cryptocurrency, tetapi, pada tahun 2022, meta-universe melangkah lebih jauh. Faktanya, jika kita mulai menyelidiki, perusahaan seperti MicrosoftNvidia dan Google telah bergabung dengan dunia baru ini, tahukah Anda? Bahkan Facebook saat ini disebut “Meta”.

Juga, agar Anda memahaminya dengan lebih baik, apa yang disebut “metaverse” ini ingin membawa realitas ke dunia virtual. Misalnya, apakah Anda pernah menonton film seperti “Ready Player One” atau “The Substitutes”? Jika jawabannya adalah ya, maka Anda sudah mendapatkan ide. Meski begitu, di sini kami akan menjelaskan secara rinci setiap langkah yang telah diambil proyek ini.

Apa sebenarnya metaverse itu?

PENGUMUMAN

Metaverse atau meta-universe, singkatnya, adalah dunia virtual. Di dunia seperti itu, manusia dapat berinteraksi secara sosial, melakukan pembelian, dan bahkan menjalankan beberapa bisnis keuangan, semuanya melalui avatar yang mewakili kita.

Konsep ini lahir pada tahun 1992 melalui novel Amerika berjudul Snow Crash“. Di dalamnya, mereka berbicara tentang ruang kolektif virtual yang kompatibel dengan “dunia nyata”. Namun, meskipun tidak menggunakan istilah tersebut, bertahun-tahun yang lalu sebuah contoh telah terlihat dengan film “Tron“.

Apa evolusinya?

Seperti disebutkan sebelumnya, itu adalah tahun 1982 ketika film “Tron” dirilis. Berkat remake yang dimilikinya, mayoritas penduduk dunia tahu apa yang sedang dibicarakan.

Dalam film ini Anda dapat melihat pencipta video game Kevin Flynn yang, secara tidak sengaja, diangkut ke dunia virtual perangkat lunak komputer pusat. Di dunia ini ia berinteraksi dengan orang lain atau avatar, mencoba dan mengelola, pada akhirnya, untuk melarikan diri.

1992

PENGUMUMAN

Dengan novel Neal Stephenson “Snow Crash”, realitas virtual ini diberi nama “metaverse“. Dalam buku itu, orang menggunakan avatar untuk menjelajahi dunia online. Itu juga merupakan metode untuk melarikan diri dari “dunia nyata.”

2003

Video game pertama yang dianggap sebagai “metaverse yang ada” dirilis pada tahun 2003. Itu memakai nama “Second Life” dan, seperti yang ditunjukkan, “Second Life” adalah tempat di mana pengguna dapat membuat avatar untuk bersosialisasi.

Juga, karena video game memiliki mata uangnya sendiri, orang dapat bertukar barang dan jasa melaluinya. Tentu saja, semua dalam “Kehidupan Kedua”.

2020

Tujuh belas tahun berlalu sebelum langkah selanjutnya diambil. Itu pada Februari 2020 ketika Ethereum menciptakan Decentraland, metaverse blockchain pertama. Di dalamnya, pengguna sebenarnya masih dapat, berinteraksi dengan pengguna lain, selain membuat apa pun.

Perlu dicatat bahwa itu adalah dalam jenis metauniverse di mana token atau NFT yang tidak dapat dipertukarkan dapat ditemukan. Juga relevan untuk menyebutkan bahwa selama bertahun-tahun banyak blockchain lain menciptakan metaverse mereka sendiri.

Apa arsitekturnya?

Metauniverse terdiri dari tujuh lapisan, yang sering disebut “arsitektur metaverse“. Lapisan-lapisan ini memiliki namanya sendiri dan dibagi sebagai berikut:

Prasarana

Lapisan ketujuh ini mencakup semua yang dibutuhkan manusia untuk tetap terhubung ke jaringan internet. Sederhananya, ini terdiri dari perangkat portabel, jaringan 5G, baterai, wifi, Cloud, sensor, kacamata pintar, dll.

Antarmuka Manusia

Juga dikenal sebagai interaksi manusia-komputer, lapisan keenam ini terdiri dari semua perangkat komputasi yang kita tempatkan di tubuh kita.

Misalnya: smartphone, virtual reality dan headset augmented reality, dll. Sederhananya, semua elektronik yang mencakup kecerdasan buatan atau, gagal itu, teknologi canggih.

Desentralisasi

Lapisan kelima mewakili titik kunci yang besar dalam ekosistem, karena melalui itu sumber daya metauniverse dapat didistribusikan secara adil. Yaitu, komputasi tepi, blockchain, dll.

Komputasi

Di lapisan keempat inilah komputasi nyata dicampur dalam hubungannya dengan komputasi virtual. Itu terdiri dari pengenalan gerakan, insinyur desain 3D, rekayasa antarmuka pengguna, dll.

Ekonomi pencipta

Lapisan ketiga pada dasarnya terdiri dari alat desain, pasar aset, aliansi strategis, bisnis, dll. Artinya, ini berisi semua teknologi yang dibutuhkan pembuat konten, sepadan dengan redundansinya, menciptakan pengalaman untuk avatar.

Penemuan atau penemuan

Lapisan kedua inilah yang memberikan dorongan dan daya tarik bagi orang-orang untuk bertemu dan menemukan pengalaman baru. Artinya, mereka adalah strategi pemasaran, kepentingan pribadi, antara lain.

Dengan kata lain, ini adalah ekosistem terbesar. Ini karena di sinilah setiap orang akan mulai melamar pengalaman tertentu. Demikian juga, di sinilah pengembang akan membuat strategi penjualan.

Mengalami

Lapisan terakhir, di mana semuanya dikembangkan. Ini mewakili game, platform sosial, bermain untuk mendapatkan proyek, antara lain. Ini adalah lapisan yang paling menarik, karena tidak lagi dibangun berdasarkan rencana, tetapi avatarlah yang memutuskan ke mana harus melanjutkan.

Fitur yang sangat diperlukan

Memang benar bahwa metaverse memiliki banyak karakteristik; namun, ada tiga yang sangat diperlukan:

  1. Keabadian: Metauniverse dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat hidup berdampingan dengan kehidupan manusia. Artinya, tidak peduli seberapa banyak dunia berubah, metaverse akan tetap bersama kita.
  2. Desentralisasi: Alam semesta virtual ini diatur oleh protokol open source. Artinya, itu tidak bisa menjadi milik perusahaan atau negara.
  3. Koneksi real-time dan interaksi dinamis: Semua orang dapat terhubung di dunia virtual ini. Baik melalui video game, blockchain, organisasi atau entitas, mereka akan selalu aktif secara real time, berhasil berkomunikasi satu sama lain.

Di sisi lain, apa yang terjadi pada cryptocurrency? Karena itu adalah hal pertama yang dinamai dan sekarang tidak ada yang dikatakan. Pada dasarnya, metaverse membutuhkan uang untuk berfungsi. Namun, itu bukan uang sungguhan yang biasa kita lihat.

Sederhananya, cryptocurrency dan token yang tidak dapat dipertukarkan adalah apa yang menghidupkan ekonomi virtual yang penting ini. Avatar membeli dan menjual, sehingga tidak hanya mencapai keuntungan pribadi, tetapi juga popularitas dan relevansi dengan dunia baru ini. Jadi, apakah sudah menjadi jelas bagi Anda apa itu metaverse?

Post Terkait :